Menonton film horor (Sumber gambar: Freepik)

Genre Horor Dominasi Film Terlaris Indonesia 2022

31 October 2022   |   11:57 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genre horor masih menjadi primadona bagi penonton film di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah judul film horor lokal yang laris di pasaran. Berdasarkan data filmindonesia.or.id, tercatat ada 3 judul film horor dalam deretan 5 besar film terlaris tahun 2022.

Pencapaian ini turut menggairahkan kembali industri perfilman nasional yang sempat lesu akibat dua tahun dihantam pagebluk. Pengamat film Hikmat Darmawan mengatakan penonton genre film horor sedang mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Bukan hanya di Indonesia saja, melainkan film horor di tingkat global juga mengalami kenaikan. Hikmat mengatakan Hollywood yang biasanya  blockbuster-nya sangat langka di genre horor, kini sudah mulai berkembang.

Baca juga5 Rekomendasi Tontonan untuk Merayakan Halloween

Genre horor juga kini telah menghapus stigmanya sendiri. Tidak lagi mengandalkan erotisme semata, tetapi juga cerita dan kengerian yang kuat. Hikmat mengatakan secara umum orang sudah tidak malu-malu lagi menyukai horor.

“Indonesia tidak luput dari itu (kenaikan, red). Fakta bahwa ada 9 Juta menonton film KKN tentu artinya ini telah menciptakan pasar yang lebih luas,” ujar Hikmat kepada Hypeabis.id.
 

5 Film Indonesia terlaris 2022

Setelah bioskop kembali dibuka secara normal, banyak yang berbondong-bondong pergi ke bioskop untuk menonton film. Dahaga para pencinta film Indonesia benar-benar membuat industri sinema kembali bergairah setelah meredup akibat pandemi.

Efeknya, sejumlah film-film karya sineas Indonesia sukses mendap[atkan jutaan penonton. Salah satu diantaranya bahkan berhasil mencetak rekor baru jumlah penonton Indonesia. Mengutip dari filmindonesia.or.id, berikut 5 film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak pada 2022 (data Oktober).
 
  • KKN Desa Penari di Desa Penari: 9,2 juta penonton (horor)
  • Pengabdi Setan 2: Communion: 6,3 juta penonton (horor)
  • Miracle in Cell No 7: 5 juta penonton
  • Ngeri-Ngeri Sedap: 2,8 juta penonton
  • Ivanna: 2,7 juta penonton (horor)
 

Tak Boleh Jadi Pasar Tunggal

Hikmat yang juga Wakil Ketua I Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) ini hanya berharap keberhasilan satu genre tidak lantas membuat industri ini hanya punya pasar tunggal. Namun, kekhawatiran tersebut sebenarnya bukan hanya terjadi pada film horor saja. Dahulu, misalnya, saat film Ada Apa Dengan Cinta naik, tidak lama kemudian film soal bertema romansa juga membanjiri bioskop.

Industri film sebaiknya tidak mengarah ke hal tersebut. Idealnya, secara produk, film seharusnya bisa menyajikan tontonan yang bervariasi. Dengan demikian, pasarnya pun akan ikut majemuk. Hikmat mengatakan penonton Indonesia juga termasuk yang menyukai banyak genre. Setidaknya, ada tiga genre yang selama ini mendominasi pasar, horor, komedi, dan cinta. Potensi tersebut semestinya bisa digali lebih.

“Yang belum mencapai potensi maksimalnya sebenarnya action. Mungkin karena action paling gampang jadi ajang dibandingkan dengan versi Hollywood. Namun, saat menonton genre horor, cinta, atau komedi, kita seolah melihat wajah sendiri,” imbuhnya

Dengan menyadari pangsa pasar Indonesia yang menyukai banyak genre, Hikmat berharap film-film Indonesia tidak terjebak ke dalam pasar tunggal. Para sineas dan produser tak perlu khawatir karena penonton Indonesia sudah terbuka dengan banyak genre.

Dirinya mencontohkan film Mencuri Raden Saleh yang mendapat apresiasi positif dari penonton Indonesia. Selama penayangannya di bioskop, film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan itu telah ditonton lebih dari 2 juta orang.

Padahal, menurut Hikmat, film bergenre heist cukup jarang di Indonesia. Meskipun demikian, jumlah penonton yang diraih Mencuri Raden Saleh sudah sangat baik.

Baca jugaBiar Enggak Terlalu Takut, Begini 5 Kiat Nonton Film Horor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Asyik, Penonton Makin Cinta Sama Film Indonesia

BERIKUTNYA

Intip Profil 5 Galeri yang Bakal Pamer Karya di Art Moments Jakarta 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: