G-Dragon. (Sumber gambar: G-Dragon/Instagram)

G-Dragon Umumkan Comeback pada Paruh Kedua 2024 dengan Agensi Baru

03 April 2024   |   17:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Korea Selatan G-Dragon siap menyapa kembali para penggemarnya. Musisi pemilik nama asli Kwon Ji-yong itu akan comeback pada paruh kedua tahun 2024. Informasi tersebut diumumkan oleh Galaxy Corporation selaku agensi G-Dragon pada hari ini, Rabu (3/4/2024).

Dalam pernyataan resminya, Galaxy Corporation mengumumkan bahwa G-Dragon alias GD akan comeback untuk karier solonya secara penuh pada semester dua tahun ini. Kegiatan comeback GD disebut bakal mencakup aktivitasnya di Jepang dan global.

Baca juga: Daesung BIGBANG Rilis Album Baru Maret 2024, Rencana Kolaborasi dengan G-Dragon?

"G-Dragon akan melakukan comeback pada paruh kedua tahun ini. Setelah comeback, ia akan melakukan aktivitas global, dan aktivitas di Jepang juga direncanakan sebagai bagian dari aktivitas tersebut," demikian tulis agensi dikutip dari Naver.

Agensi juga menyampaikan rencana aktivitas GD di Jepang bukan menjadi dasar perusahaan tersebut mendirikan cabang di negara itu beberapa waktu lalu. Namun, agensi menegaskan cabang perusahaan tersebut siap mendukung aktivitas sang musisi di Jepang pada masa mendatang.

"Cabang Galaxy Corporation di Jepang didirikan pada September tahun lalu sebelum G-Dragon direkrut. Tentu saja cabang ini akan mendukung aktivitas G-Dragon di Jepang di masa depan," tulis mereka.
 


Rencana comeback ini akan menandai aktivitas pertama GD dengan Galaxy Corporation selalu agensi barunya, setelah kontraknya berakhir dengan YG Entertainment pada Juni 2023. GD berkarier di bawah naungan YG selama 17 tahun sejak tahun 2006. Lalu pada 21 Desember 2023, pentolan boygroup BigBang itu menandatangani kontrak eksklusif dengan agensi baru, Galaxy Corporation.

Sejak itu, meski tidak merilis karya musik baru, GD aktif melakoni berbagai aktivitas seperti menghadiri Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang diadakan pada bulan Januari di Las Vegas, AS, dan mengumumkan kolaborasi dengan Yoshiki, leader dan drummer band rock legendaris Jepang, X Japan.

Kabar comeback ini tentunya menjadi obat rindu untuk para penggemar GD. Sejak menyelesaikan wajib militernya pada tahun 2019, GD diketahui belum begitu aktif lagi di industri hiburan. Aktivitas terakhirnya yakni comeback bersama BigBang dengan merilis single pertama mereka setelah empat tahun berjudul Still Life pada April 2022. 

 


G-Dragon atau GD adalah penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran Seoul, 18 Agustus 1988. Pria berusia 35 tahun ini dieknal sebagai King of K-Pop alias Raja K-Pop. Dia memulai kariernya dengan debut sebagai personel BigBang pada 2006 dan didapuk menjadi pemimpin dari grup tersebut. BigBang merupakan salah satu boygroup terlaris di dunia.

Tiga tahun berselang, GD merilis album solo perdananya, Heartbreaker (2009). Kala itu, Heartbreaker sukses secara komersial menjadi album terlaris oleh solois Korea pada saat itu dan mengantarnya mendapatkan penghargaan Album of the Year di Mnet Asian Music Awards 2009. Setelah itu, dia meluncurkan album GD & TOP (2010), hasil kolaborasinya dengan sesama anggota BigBang, Top.

Dua tahun kemudian, GD merilis album mini perdananya, One of a Kind (2012), yang berisikan tiga single hit yakni One of a Kind, Crayon, dan That XX. Album itu juga mendapatkan penghargaan sebagai Album Terbaik di ajang Seoul Music Awards 2013. Pada tahun yang sama, GD memulai tur dunia pertamanya sebagai artis solo, dan menjadikannya sebagai solois Korea pertama yang melakukan tur di arena dome Jepang. 

Diakui secara luas karena pengaruhnya terhadap budaya anak muda, tren fesyen, dan musik di Korea Selatan, GD masuk ke dalam daftar 2030 Power Leaders oleh Forbes selama tiga tahun berturut-turut. Termasuk, daftar entitas paling berpengaruh dari Ilgan Sports di K-Pop pada 2013, dan dinobatkan sebagai salah satu anggota boyband terbaik sepanjang masa oleh The Guardian.

Menurut catatan Gaon Digital Chart, sepanjang kariernya, GD telah menulis sebanyak 23 lagu yang berhasil berada di puncak tangga lagu tersebut. Lagu-lagunya juga berhasil mengantarkannya mendapatkan sejumlah penghargaan, diantaranya 7 piala Mnet Asian Music Awards, 6 piala di Melon Music Awards, 2 piala Korean Music Awards, dua piala Golden Disc Awards, dan 2 piala MBC Entertainment Awards.

Selain itu, dia adalah artis solo pertama dan satu-satunya yang menerima Mnet Asian Music Award untuk Artist of the Year pada tahun 2013.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Alasan Film Horor Siksa Kubur Menarik untuk Jadi Tontonan Libur Lebaran

BERIKUTNYA

Yiruma Tambah Jadwal Konser di Jakarta, Cek Tiket yang Masih Tersedia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: