Ilustrasi konsol dengan PlaytronOS. (Sumber gambar : Playtron)

Mengenal PlaytronOS, Sistem Operasi Khusus Konsol Handheld

03 April 2024   |   13:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Playtron, startup baru di bidang teknologi menghadirkan sistem operasi khusus untuk konsol handheld atau genggam. Sejauh ini, perangkat permainan portabel seperti Steam Deck, ROG Ally, Legion GO, dan MSI Claw memiliki masalah besar, yakni ketergantungan pada sistem operasi Windows.

Selain dirancang untuk desktop dan laptop layar besar, Windows diketahui memiliki banyak masalah lain seperti konflik perangkat lunak. Artinya, beberapa program dan overlay dapat bentrok dalam mendapatkan sumber daya, sehingga menyebabkan pengalaman bermain gim menjadi kurang stabil. 

Baca juga: Khawatir Mencoba Sistem Operasi Alternatif? Pakai VirtualBox Saja

Oleh karena itu, CEO Playtron Kirt McMaster yang mendapat pendanaan US$10 juta memiliki visi untuk membebaskan konsol gim dari ketergantungan pada Windows dan sistem operasi lain seperti SteamOS milik Valve. “Jika Valve bisa melakukan ini dengan Steam, kami bisa melakukannya dengan apa pun,” ujarnya dikutip dari The Verge.

Mengutip Gizmochina, PlaytronOS adalah sistem operasi gim berbasis Linux sumber terbuka yang dibuat oleh Playtron. Tujuannya menantang sistem yang sudah ada seperti SteamOS dan Windows untuk perangkat genggam gaming

Sistem ini menawarkan kompatibilitas untuk arsitektur x86 dan ARM. Artinya, PlaytronOS kompatibel dengan prosesor PC seperti Intel dan AMD, serta prosesor seluler seperti Snapdragon.

Dibandingkan dengan Windows, PlaytronOS adalah sistem operasi ringan yang berencana menawarkan pengalaman bermain gim yang efisien dalam hal antarmuka dan fungsionalitas, tanpa perangkat lunak yang tidak perlu.

Bisa dikatakan Playtron mirip dengan SteamOS milik Valve, yang mudah dikontrol dan dioperasikan. Bahkan pada perangkat dengan layar kecil atau metode input non-tradisional dengan memprioritaskan interaksi yang ramah pengguna.

PlaytronOS dirancang untuk menjadi sistem operasi permainan lintas vendor dan lintas platform. Sistem ini kompatibel dengan Steam, Epic Games Launcher, dan kemungkinan peluncur lainnya.

Mengenai gim apa yang saat ini dapat dimainkan di PlaytronOS, McMaster menyebut gim seperti Death Stranding, Dave the Diver, dan Baltaro saat ini memiliki performa yang sebanding dengan Steam Deck asli selama pengujian. Sistem operasi ini masih dalam pengembangan, sehingga akan dioptimalkan untuk lebih banyak gim.

Kemungkinan besar Playtron akan lebih fokus mengoptimalkan judul-judul populer yang mempunyai daya tarik massal dan basis pemain yang besar. Namun dalam waktu satu tahun, Playtron yakin mereka akan bersaing dengan Windows sebagai OS untuk perangkat genggam gaming

Baca juga: Sistem Operasi Android 14 vs iOS 17, Mana yang Lebih Gahar?

“Kami sedang melakukan pembicaraan dengan banyak OEM dan operator seluler untuk membangun dan menyebarkan perangkat Playtron di seluruh dunia dalam jangka waktu 2025,” kata McMaster. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

RIIZE Umumkan Jadwal Comeback, Bakal Rilis Debut Album RIIZING Juni 2024

BERIKUTNYA

Alasan Reza Rahadian Main Film Horor Lagi di Siksa Kubur Setelah 16 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: