Konsol Nintendo 3DS (Sumber gambar: Pexels/Dids)

Layanan Online Nintendo 3DS & Wii U Tutup April 2024, Cek Game Ikoniknya 

24 January 2024   |   19:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ada kabar kurang mengenakkan bagi para gamer, khususnya kalian pengguna setia Nintendo 3DS dan Wii U. Pasalnya, perusahaan memutuskan bakal menutup layanan daring (online) kedua konsol legendaris tersebut pada April 2024. Artinya, setelah periode itu, pengguna hanya bisa memainkan gim secara offline. 

Dalam laman Nintendo Support, perusahaan menyatakan bahwa pada pukul 16.00 PDT 8 April 2024 atau pukul 06.00 WIB pada 9 April 2024, permainan online dan fungsi lain yang menggunakan komunikasi daring akan diakhiri untuk kedua konsol mereka. 

Penghentian layanan ini juga mencakup kemampuan atau fitur di Nintendo 3DS dan Wii U untuk melakukan permainan kooperatif daring (co-op online), peringkat internet, dan distribusi data. Bahkan, Nintendo menyebut kemungkinan adanya pemajuan jadwal penghentian layanan online ini. 

“Harap diperhatikan bahwa jika terjadi peristiwa yang menyulitkan kelanjutan layanan online untuk perangkat lunak Nintendo 3DS dan Wii U, kami mungkin harus menghentikan layanan lebih awal dari yang direncanakan,” demikian pernyataan Nintendo di laman resminya. 

Baca juga: Spesifikasi MSI Claw, Gaming Handheld dengan Prosesor Intel Core Ultra

Nintendo menyebut bahwa beberapa layanan online seperti Pokemon Bank dan Poke Transporter masih akan bisa digunakan setelah periode April 2024. Namun, mereka mewanti-wanti bahwa dukungan daring untuk kedua services tersebut juga kemungkinan akan dihentikan pada masa mendatang. 

Penutupan ini pun kemungkinan akan berpengaruh pada layanan online untuk perangkat lunak dari penerbit selain Nintendo. Perusahaan menyarankan pengguna untuk memastikan hal tersebut kepada penerbit masing-masing. 

Adapun, penghentian layanan ini mencakup semua varian dari konsol gim 3DS dan Wii U. Detailnya meliputi Nintendo 3DS baru, Nintendo 3DS XL, Nintendo 2DS XL, Wii U Basic, dan Wii U Deluxe. 

Setelah proses penghentian layanan rampung, pemilik konsol Nintendo 3DS dan Wii U akan tetap bisa memainkan hampir semua gim yang dimiliki, dengan mode permainan yang tidak memerlukan komunikasi daring. 

Selain itu, pada masa mendatang, para pemain juga masih akan tetap bisa mengunduh data pembaruan yang tersedia dan melakukan download ulang dari konten perangkat lunak yang dibeli termasuk dari Nintendo eShop. 
 

Game-game Ikonik Nintendo 3DS

Nintendo 3DS (Sumber gambar: Pexels/Dids)

Nintendo 3DS (Sumber gambar: Pexels/Dids)

Nintendo 3DS merupakan handheld gaming console yang pertama kali diumumkan pada Maret 2010. Sementara itu, perilisan perdananya dilakukan di Jepang pada Februari 2011. Ini merupakan penerus dari Nintendo DS dan jadi konsol generasi kedelapan perusahaan. 

Seperti namanya, keunggulan utama perangkat ini adalah kemampuannya untuk menampilkan  gambar tiga dimensi (3D) stereoskopis tanpa menggunakan alat tambahan seperti kacamata. Fitur lain yang jadi highlight adalah mode tag StreetPass dan SpotPass yang didukung Nintendo Network, kemampuan AR memakai kamera 3D, dan kemampuan Virtual Control. 

Beberapa judul gim ikonik dari Nintendo 3DS, yang juga menyediakan fitur permainan multiplayer online adalah: 
  • The Legend of Zelda: Tri Force Heroes 
  • Animal Crossing: New Leaf
  • Super Smash Bros for Nintendo 3DS 
  • Mario Kart 7 
  • Fantasy Life 
  • Luigi’s Mansion 2: Dark Moon 
  • Resident Evil: Revelations 


Game-game Ikonik Wii U

Wii U (Sumber gambar: Flickr/Wiiu-spiele)

Wii U (Sumber gambar: Flickr/Wiiu-spiele)

Sementara itu, Wii U merupakan konsol gim rumahan (home video game console) yang pertama kali dirilis pada 2012. Ini merupakan konsol Nintendo pertama yang mendukung pengaturan grafis HD, serta bersaing langsung dengan konsol Microsoft Xbox One dan Sony PlayStation 4. 

Seperti kedua konsol itu, Wii U punya pengoltrol utama yang dinamai Wii U GamePad. Selain punya stik analog dan tombol aksi, uniknya gamepad ini dilengkapi dengan layar sentuh tertanam. Layar ini bisa dipakai untuk pelengkap tampilan utama maupun pada gim yang didukung langsung untuk dimainkan. 

Secara resmi, penjualan Wii U telah dihentikan di Jepang pada 2015 atau hanya 3 tahun sejak pertama kali diluncurkan. Perangkat ini digantikan oleh set Premium 32GB yang mencakup perangkat keras putih dan Wii Remote Plus. Proses ini juga dilakukan karena Nintendo tengah menyiapkan peluncuran konsol paling populernya, Nintendo Switch. 

Beberapa judul gim ikonik yang menyediakan fitur dan layanan online dari konsol Wii adalah sebagai berikut. 
  • Call of Duty: Black Ops II 
  • Super Smash Bros. for Wii U 
  • Tekken Tag Tournament 2 
  • Splatoon 
  • Xenoblade Chronicles X 
  • Super Mario Maker 
  • Mario Kart 8 
  • Monster Hunter 3 Ultimate 
  • Minecraft Wii U Edition 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jakarta Fashion Trend 2024 Angkat Tema Cyber-Xotic, Padukan Wastra dan Digital

BERIKUTNYA

Pencinta Kopi Siap-siap, Pekan Kopi Nusantara Akan Diselenggarakan Akhir Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: