Nintendo Switch (Pexels/Pixabay)

Asyik, Nintendo Switch Sudah Bisa Pakai Perangkat Audio Bluetooth

16 September 2021   |   13:17 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Nintendo secara mengejutkan mengumumkan bahwa konsol gim miliknya, yakni Nintendo Switch bakal mendukung fitur audio bluetooth. Perusahaan menyatakan bakal menghadirkan fitur tersebut melalui pembaruan perangkat lunak (update).

Sejak pertama kali dirilis pada 2017, konsol Nintendo Switch tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan headphone via bluetooth untuk mendengarkan audio di dalam gim. Akan tetapi, hal tersebut akhirnya dimunculkan, dan akan menjadi fitur yang menarik.

Dalam postingan Twitter Nintendo of America, perusahaan menyatakan bahwa pembaruan teranyar dari Nintendo Switch telah tersedia. Pembaruan itu mencakup kemampuan pairing perangkat output audio melalui konektivitas bluetooth.
Akan tetapi, fitur ini memiliki konsekuensi lain. Berdasarkan artikel di blog resmi Nintendo, penggunaan perangkat audio nirkabel akan membatasi jumlah perangkat pengontrol nirkabel yang bisa dimainkan menjadi hanya dua.

Sistem ini juga tidak mendukung perangkat mikrofon, yang berarti pengguna tidak bisa melakukan obrolan suara di dalam gim. Sebenarnya, hal ini tidak begitu mengejutkan mengingat sistem obroral di Nintendo bergantung pada aplikasi yang berjalan di ponsel.

Selain itu, sebetulnya pengguna juga bisa memanfaatkan dukungan headphone nirkabel dengan adanya aksesori pihak ketiga yang berfungsi sebagai adaptop audio bluetooth. Akan tetapi, memiliki fitur tersebut secara built-in akan menjadi nilai lebih tersendiri.

Dalam artikel di blognya juga menyebut bahwa Nintendo Switch hanya bisa mengaktifkan satu perangkat audio bluetooth dalam satu waktu, tetapi bisa menampung hingga 10 perangkat di dalam sistem yang akan memudahkan pengguna untuk melakukan pairing banyak perangkat.

The Verge telah menjajal fitur tersebut. Mereka menghubungkan Nintendo Switch (Reguler dan Lite) dengan Air Pods Pro. Hasilnya cukup baik dengan munculnya bagian Audio Bluetooth di bagian pengaturan, jadi pengguna tinggal menyambungkan kedua perangkat. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Drama Hospital Playlist Takkan Lanjut ke Musim Ketiga? Ini Kata Tim Produksi

BERIKUTNYA

6 Tips Mencegah Sleep Apnea, Gangguan Tidur yang Berisiko Gagal Jantung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: