Smartphone Apple dan Samsung. (Sumber gambar : Unsplash/Meridy Bu)

Sistem Operasi Android 14 vs iOS 17, Mana yang Lebih Gahar?

24 January 2024   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Persaingan antara Google dan Apple tak pernah padam. Dua raksasa teknologi ini terus berlomba meluncurkan produk terbaru untuk perangkat gawai mereka, termasuk operating system (OS) atau sistem operasi yang digunakan untuk mendukung kinerja ponsel pintar.

Menyusul Google yang merilis Android 14 pada Oktober 2023, Apple juga baru-baru ini telah meluncurkan versi update iOS 17.3. Sistem operasi ini membawa sejumlah pembaruan fitur pada iPhone seperti Perlindungan Perangkat yang Dicuri. Namun demikian, versi iOS 17 sejatinya masih sangat nyaman untuk dipakai.

Memang setiap OS memiliki perpaduan unik antara kekuatan dan kelemahan. Lantas, bagaimana dengan dua sistem operasi paling populer tersebut? berikut ini perbedaan antara Android 14 dan iOS 17.

Baca juga: Ini Dia Daftar Fitur Terbaru dalam Update iOS 17.3
 

1. Antarmuka pengguna & kustomisasi

Mengutip Gizchina, Android 14 menghadirkan palet tema, font, dan ikon yang dinamis. Material You 3 menyempurnakannya karena secara dinamis mengadaptasi warna dan aksen agar sesuai dengan wallpaper, serta menciptakan pengalaman yang kohesif. Antarmukanya bernuansa matahari terbenam saat menyematkan pemandangan pantai sebagai latar belakang.

Di sisi lain, iOS 17 menawarkan pilihan tema galeri yang dirancang sebelumnya, seperti memilih bingkai foto untuk karya seni. Opsi yang dikurasi terlihat ramping dan halus. 
 

2. Performa 

Performa dua sistem operasi ni terpantau bersaing ketat. Kedua OS memiliki animasi secepat kilat dan responsif. Android memimpin dalam kekuatan pemrosesan mentah, berkat chipset yang dioptimalkan di perangkat seperti Google Pixel 8 Pro. Sementara itu, iOS membalas dengan integrasi aplikasi yang lancar dalam ekosistemnya yang dikontrol dengan ketat.
 

3. Keamanan & privasi

Privasi menjadi kebutuhan pada perangkat saat ini. Android 14 meningkatkan pertahanannya dengan Dasbor Privasi yang memungkinkan kamu mengelola izin aplikasi dengan mudah. Sementara itu, iOS 17 melawan dengan Mode Lockdown, sebuah pertahanan yang sangat aman bagi jurnalis dan aktivis yang menghadapi ancaman. 
 

4. Konektivitas & fitur

Android 14 mengutamakan multitasking dan integrasi lintas perangkat. Ini memungkinkan proses kloning aplikasi dengan lancar untuk menjalankan banyak akun atau bertransisi dengan mudah antara bekerja di ponsel dan melanjutkan aktivitas terakhir di tablet. 

Sementara itu, iOS 17 unggul dalam aksesibilitas dan komunikasi. Teks Otomatis untuk semua konten audio/video menjadikannya mercusuar bagi mereka yang memiliki kesulitan pendengaran. Adanya teknologi bantuan yang ditingkatkan seperti Kontrol Suara 2.0 menjadi penerjemah universal yang menjembatani segala jenis kesenjangan komunikasi.
 

5. Kekuatan & kelemahan

Kekuatan Android 14 terletak pada penyesuaian, ekosistem terbuka, maestro multitasking, hingga keragaman perangkat keras dan perangkat lunak. Kelemahannya terdapat pada fragmentasi di seluruh perangkat, masalah keamanan toko aplikasi, dan masalah bloatware yang kadang terjadi.

Untuk kekuatan iOS 17, sistem operasi ini menyelaraskan ekosistem dengan mulus, privasi dan keamanan yang kuat, ahli kurasi toko aplikasi, dan juara aksesibilitas. Sementara kelemahan yakni kendala penyesuaian, batasan taman bertembok, dan label harga perangkat keras yang lebih tinggi.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 2024: IOS 12 dan Android 5.0

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ini Dia Daftar Fitur Terbaru dalam Update iOS 17.3

BERIKUTNYA

Menjelang Rangkaian Tur di AS Awal 2024, Neck Deep Rilis Album Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: