Controller DualSense (Unsplash/Onur Binay)

Ini Lho Bocoran Inovasi Terbaru Controller, DualSense dari Sony

13 August 2021   |   00:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Genhype. pada setiap era baru dunia konsol gim, biasanya hadir pula versi pengontrol atau stik alias controller yang juga baru, yang melengkapi perangkat mesin gim utamanya. Inovasi inilah yang dikembangkan oleh Sony dengan produk PlayStation dan Microsoft dengan produk Xbox.

Kedua konsol populer tersebut dikenal memiliki desain pengontrol yang unik untuk masing-masing perangkat, misalnya Xbox dengan pengontrol Xbox 360 dan PlayStation dengan DualSchok.

Kini, dengan hadirnya generasi teranyar mesin kontrol gim seperti PlayStation 5, Sony juga menyatakan tengah mengerjakan pembuatan pengontrol DualSense yang baru dengan peningkatan beberapa fitur.

 
DualSense (Sony)
 

Pada satu sesi wawancara dengan IGN baru-baru ini, Product Director Sony, Toshi Aoki menyebutkan bahwa beberapa hal yang terkait dengan inovasi terbesar dari pengontrol DualSense baru kini tengah dikembangkan.

Dua hal yang digarisbawahi adalah umpan balik haptic (haptic feedback) dan pemicu adaptif (adaptive trigger). Kedua hal ini memang telah dinyatakan dalam desain pengontrol sejak awal, tapi masih diupayakan dan dioptimalisasi dalam pengujian.

Fitur umpan balik haptic menciptakan tingkat realisme ekstra bagi para pemain gim saat memainkan judul favorit mereka. Menggunakan teknologi getar canggih, bagian yang berbeda dari pengontrol akan bergetar sehubungan dengan kejadian tertentu.

Aoki mengatakan bahwa percobaan awal dengan teknologi untuk pengontrol mereka termasuk demo dengan bola logam dan plastik yang terdapat di dalam kontak. Dengan menggunakan sensor gerak, mereka yang mencoba tes dapat merasakan getar yang sesuai dari objek di layar.

Sementara itu, fitur pemicu adaptif mengubah jumlah tekanan yang diperlukan untuk menggunakan tombol pemicu seperti L2 dan R2 berdasarkan situasi yang ada di dalam permainan.

Berdasarkan komentar Aoki, ini adalah tombol yang paling sering digunakan di pengontrol DualShock, oleh karenanya dipilih. Adapun, tujuan utama fitur adalah menemukan cara untuk memanfaatkan tombol guna menambah rasa sentuhan.

Disebutkan bahwa pengujian pertama fitur baru ini menggunakan pengontrol gerakan di virtual reality (VR). Hasil tes awal itu menetapkan kerangka kerja untuk pemicu adaptif seperti apa yang bakal didesain di masa mendatang.

Sebagai informasi, pengontrol DualSense mendapatkan sambutan awal yang sangat positif di komunitas pencinta gim. Bahkan bos Microsoft memuji inovasi yang dihadirkan oleh pengontrol baru tersebut.

Terlepas dari itu, pengontrol terbaru dari Sony juga mendorong para pengembang gim untuk memikirkan kembali cara memaksimalkan gim mereka sesuai kehadiran teknologi yang diusung oleh DualSense.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Hobi Modifikasi, Diecast Milik Yogie Sempat Ditawar Belasan Juta

BERIKUTNYA

Agar Tak Salah Pilih, Simak 4 Tips Sederhana Memilih Buah yang Segar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: