MSI Claw gaming handheld (Sumber gambar: MSI)

Spesifikasi MSI Claw, Gaming Handheld dengan Prosesor Intel Core Ultra

09 January 2024   |   18:56 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perangkat konsol permainan berupa gaming handheld makin digandrungi gamers. Hal ini terbukti dengan bermunculannya device jenis itu di pasaran, mulai dari Steam Deck, ROG Ally, dan Lenovo Legion Go. Tak mau ketinggalan, perusahaan teknologi MSI memperkenalkan konsol gaming handheld yang dinamai Claw. 

Executive Vice President & NB BU GM MSI, Eric Kuo mengatakan bahwa kehadiran konsol gim itu merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk meningkatkan pengalaman bermain gim para penggunanya. Tidak hanya pada perangkat laptop, yang telah lama ditekuni MSI, tapi kini juga merambah ke peranti genggam yang makin populer. 

“Kami berupaya menyempurnakan hal-hal spesifik yang dirancang khusus untuk para gamer, meluncurkan handheld device pertama kami, Claw, yang akan mengubah standar di pasar perangkat genggam,” katanya dalam situs resminya

Baca juga: Cek Spesifikasi & Harga Asus ROG Ally yang Sudah Resmi Meluncur di Indonesia

Konsol gim MSI Claw punya daya pacu yang berbeda ketimbang perangkat serupa lainnya. Gaming handheld ini ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra, sampai seri ultra 7 155H. Dengan begitu, Claw jadi konsol handheld pertama di dunia yang menggunakan Core Ultra. 

Perangkat ini juga dilengkapi dengan grafis ARCTM yang menampilkan hingga 8 Xr core dan teknologi XeSS. Konfigurasi ini memungkinkan hadirnya gameplay yang mulus untuk berbagai judul gim kelas berat alias AAA. Dalam keterangannya, teknologi XeSS dan ARCTM disebut menawarkan permainan mulus pada resolusi 1080p dengan pengaturan medium. 

System on chip yang dipakai juga mencakup mesin media yang mendukung codec termasuk AV1, H.265, dan VP9. Hal ini memungkinkan gamer untuk melakukan streaming berkualitas dengan tuntutan kinerja yang lebih rendah, sehingga tidak mengurangi pengalaman bermain gimnya. 

Untuk mencegah panas akibat tuntunan kinerja tinggi saat bermain gim, perusahaan menyematkan teknologi MSI Cooler Boost Hyperflow. Sistem pendingin ini dilengkapi dengan kipas ganda dan pipa panas yang efisien. Desain intraflow-nya dirancang untuk mengoptimalkan aliran udara guna mendinginkan komponen internal. 

MSI Claw (Sumber gambar: MSI)

MSI Claw (Sumber gambar: MSI)

Urusan penggunaan, Claw memiliki baterai 53Whr yang diklaim mampu menyuguhkan masa pakai hingga 2 jam dalam beban kinerja penuh. Sementara itu, pengisian dayanya dibekali dengan adaptor 65 watt USB Type-C. . 

Beralih ke bagian desain. Secara sekilas, perangkat ini punya tampilan yang mirip dengan gaming handheld lainnya. Untuk spesifikasinya, Claw diklaim punya desain yang ergonomis dengan layar 7 inci resolusi FHD dengan refresh rate 120 Hz. 

Bodinya punya berat 675 gram, dengan porta input-output berupa USB Type-C untuk pengisian daya, slot memori Micro SD, dan slot audio combo jack. Tak ketinggalan, perangkat ini punya tombol daya dengan fitur sensor sidik jari alias fingerprint

Guna memaksimalkan pengalaman bermain gim, vendor teknologi asal Taiwan itu menghadirkan fitur bernama MSI Center MU UI, menyediakan akses ke fitur dan pengaturan utama, termasuk game launcher. Claw juga mendukung MSI App Player, yang bisa memperluas opsi permainan untuk menyertakan gim seluler Android. 

Baca juga: 10 Game Siap Rilis Januari 2024: Tekken 8 hingga Palworld
 

Spesifikasi Claw 

Prosesor Intel® Core™ Ultra 7 processor 155H
Grafik Intel Arc 
Sistem operasi Windows 11 Home, Windows 11 Pro 
Penyimpanan 16GB, dual channel, LPDDR5 
Slot penyimpanan 1xNVMe M.2 SSD Pcle Gen 4 x4 
Baterai 53Whr, charging 65W USB Type-C
Tampilan 7 inci FHD, refresh rate 120 Hz, 11% sRGB, kecerahan sampai 500 nits, panel IPS 
Input output 1x Thunderbolt 4 USB Type-C, 1x slot MicroSD 
Berat 675 gram

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tren Tas Wanita yang Populer Sepanjang 2023, Micro Bag sampai Clutch

BERIKUTNYA

Tak Cuma Saham & Emas, Investasi Derivatif Dinilai Masih Prospektif pada Tahun Pemilu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: