Adegan Jackass Forever dengan Jasper Dolphin sebagai korban (Sumber Gambar:IMDb)

Jackass The Movie, Kumpulan Film Penuh Prank yang Cocok Ditonton saat April Mop

01 April 2024   |   19:17 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

1 April selalu jadi momen yang menarik. Sebab, tanggal ini dikenal sebagai perayaan April Mop atau Hari Prank Sedunia. Untuk ikut merayakan hari ini, Genhype tidak melulu harus ikut menjahili orang lain. Kalian bisa mengisinya dengan menonton Jackass The Movie, yang bakal bikin terpingkal-pingkal. 

Jackass The Movie merupakan film dengan format dokumenter tentang kejahilan-kejahilan para aktor dan aktrisnya, dari tingkatan sedang sampai berbahaya. Proyek ini merupakan garapan Jeff Tremaine yang pertama kali dirilis pada 2002, dan merupakan kelanjutan acara MTV Jackass. 

Tak hanya satu film, proyek ini turut mengeluarkan sekuel-sekuelnya yakni Jackass Number Two (2006), Jackass 3D (2010), dan Jackass Forever (2022). Bagi kalian yang tertarik untuk menyaksikan, berikut adalah sinopsis dan fakta-fakta menarik film seri Jackass. 

Baca juga: Kenali 10 Subgenre Film Komedi, Mulai dari Parody hingga Satire


Jackass The Movie (2002)


Film pertama seri Jackass ini memperlihatkan kumpulan dari lelucon, kejahilan, serta sandiwara komedi yang relevan dengan kelakuan anak muda di Amerika Serikat. Beberapa scene ikoniknya melakukan parodi dari adegan-adegan Hollywood dengan ledakan asli. 

Adegan lainnya yang tidak kalah menarik adalah ketika Johnny Knoxville melakukan Intro film dengan berteriak “Selamat datang di Jackass” dan segera orang-orang menabrakan dirinya ke kios buah. Film ini banyak menampilkan lelucon dan kejahilan vulgar, yang harus ditonton dengan bijaksana. 

Film ini diperankan oleh Johnny Knoxville, Bam Margera, Ryan Dunn, Steve-O, Jason "Wee Man" Acuña, Chris Pontius, Preston Lacy, Dave England, dan Ehren McGhehey. Beberapa nama terkenal juga turut berpartisipasi seperti Tony Hawk, Mat Hoffman, dan Butterbean serta nama-nama tenar lainnya.
 

Jackass Number Two (2006)


Film komedi slapstick realitas rilisan 2006 ini kembali disutradarai oleh Jeff Tremaine, dan diproduksi bersama Spike Jonze dan Johnny Knoxville. Masih sama seperti pendahulunya, film sekuel ini bermain dengan format dokumenter kompilasi kejahilan dan lelucon. Film ini ditayangkan perdana di bioskop pada 22 September 2006, dan meraup US$ 84,6 juta di seluruh dunia.

Hal yang menarik, materi yang tidak terpakai dari film ini pada akhirnya dirilis sebagai film terpisah berjudul Jackass 2.5, setehun setelahnya. Adapun, salah satu aksi 'gila' di sekuel ini adalah ketika Ehren McGhehey berpakaian sebagai teroris bersama sinematografer Dimitry Elyashkevich. Pasangan itu naik taksi ke bandara, meyakinkan sopir taksi bahwa mereka akan meledakkan pesawat.
 

Jackass 3D (2010)


Jackass 3D (2010) adalah angsuran ketiga dalam seri film Jackass, dan sekuel Jackass Number Two (2006). Film ini dibintangi oleh pemeran reguler Jackass yakni Johnny Knoxville, Bam Margera, Ryan Dunn, Steve-O, "Danger Ehren" McGhehey, Dave England, Preston Lacy, Wee Man, dan Chris Pontius.

Ini merupakan film terakhir bagi beberapa pemeran yaitu Ryan Dunn (pemeran utama) dan Rip Taylor (pemeran tamu) yang meninggal tidak lama setelahnya. Kepergian ini juga diikuti oleh Bam Margera yang di pecat pada saat produksi Jackass selanjutnya.

Film ini dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat dalam format 3D pada Oktober 2010, serta merupakan perayaan ulang tahun kesepuluh dari serial televisi Jackass. 

Jackass 3D menerima ulasan positif dari para kritikus film, dan menjadi sekuel Jackass dengan pendapatan tertinggi yang mencapai US$ 171,7 juta di seluruh dunia. Mengikuti pendahulunya adegan cuplikan film sisa dimasukkan dalam film terpisah, Jackass 3.5.
 

Jackass Forever (2022)


Ini adalah angsuran utama keempat dalam seri film Jackass, setelah Jackass 3D (2010). Film ini dibintangi oleh anggota asli serta pendatang baru Sean "Poopies" McInerney, Zach Holmes, Jasper Dolphin, Eric Manaka, Rachel Wolfson, dan tamu selebriti. Ini adalah film Jackass pertama tanpa Ryan Dunn sejak kematiannya pada 2011 dan Bam Margera yang hanya muncul dalam satu sandiwara.

Film ini tayang perdana di Chinese Theatre di Hollywood, California, pada Februari 2022, dan dirilis serempak di bioskop 2 hari setelahnya. Tidak sesukses judul ketiganya, film ini hanya meraup US$ 80. Meski begitu, ini dianggap sebagai film terbaik waralaba Jackass. 

Aksi ikonik pada film ini dilakukan oleh Knoxville yang menghadapi banteng matador dengan risiko yang sangat berbahaya. Film ini juga dijadikan sebagai tribute untuk Ryan Dunn yang terihat pada kredit akhir Jackass Forever.

Baca juga: Rekomendasi 7 Serial Komedi untuk Mengembalikan Semangat Usai Liburan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Kue Lebaran Serba Keju, Renyah dan Lumer di Mulut

BERIKUTNYA

Bukan April Mop, Yuqi (G)I-DLE Akhirnya Umumkan Debut Solo 5 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: