Tanggal 1 April identik sebagai hari April Mop atau disebut juga April Fool’s Day (Sumber gambar: Bich Tran/Pexels)

Sejarah April Mop, Hari Iseng Sedunia yang Dirayakan Tiap 1 April

01 April 2022   |   10:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tanggal 1 April identik sebagai hari April Mop atau disebut juga April Fool’s Day. Setiap tanggal tersebut, tampaknya menjadi hari yang dinantikan oleh mereka yang suka iseng dengan membuat prank atau kebohongan untuk alasan kesenangan semata.

Biasanya, lelucon atau prank itu akan mulai dilancarkan pada hari sebelum 1 April. Orang-orang iseng itu akan memberitahukan suatu hal yang mengejutkan sampai-sampai membuat banyak pihak tak percaya. 

Di awal atau akhir hari pada 1 April, barulah mereka biasanya akan membongkar lelucon itu dengan bangga dan mengatakan “April Mop!” pada semua orang.

Meski mungkin pada awalnya akan banyak yang marah dan kecewa dengan prank tersebut, tapi mereka tentu sudah paham dengan cara kerja lelucon April Mop itu. 
 

ilustrasi (Sumber gambar: gratisography/Pexels

ilustrasi (Sumber gambar: gratisography/Pexels


Sejarah April Mop

April Mop dirayakan pada tanggal 1 April di banyak negara di dunia. Pada hari ini, orang-orang biasanya akan memainkan sebuah lelucon praktis satu sama lain dan bersenang-senang mencoba membuat orang lain percaya pada hal-hal yang tidak benar.

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana tradisi yang populer di seluruh dunia ini dimulai. Namun, mengutip dari NDTV, sejarawan berspekulasi bahwa April Mop berasal dari tahun 1582, saat Prancis kembali beralih ke kalender Gregorian dari kalender Julian.

Saat itu, Paus Gregorius XIII memperkenalkan kalender Gregorian dan menetapkan bahwa kalender baru akan dimulai pada 1 Januari. Pada zaman sebelumnya, kalender didasarkan pada titik balik musim semi, tepatnya pada 1 April. Di banyak tempat di Eropa, awal tahun baru dirayakan sekitar tanggal 25 Maret.

Namun, setelah Paus Gregorius XIII menggeser tahun baru menjadi 1 Januari, diyakini banyak orang menolak untuk menerima perubahan drastis tersebut. Entah mereka tidak mengetahuinya atau mereka hanya mengikuti kalender lama, itulah alasan mengapa orang-orang mulai mengejek mereka yang mengikuti kalender Gregorian tersebut dan merayakan hari setiap 1 April.

(Baca juga: 6 Film Indonesia Tayang di Bioskop April 2022)


Tradisi April Mop di berbagai negara

Ada beberapa tradisi unik yang dilakukan di berbagai negara saat April Mop pada 1 April. Mengutip dari British Council, di Inggris, lelucon itu dimainkan sesederhana seseorang memberitahu temannya bahwa tali sepatunya terlepas. Lalu, ketika orang itu membungkuk untuk melakukannya, pelaku lelucon akan berteriak “April Mop!”.

Lain hal di Irlandia. lelucon April Mop yang populer adalah mengirimkan seseorang untuk tugas yang bodoh. Caranya, korban prank diminta untuk mengirimkan sebuah surat kepada seseorang yang nantinya akan ada perintah bahwa surat itu harus dikirimkan lagi kepada seseorang, begitu seterusnya sampai akhirnya penerima terakhir akan diminta untuk membuka surat itu yang tertulis “Kirim si bodoh ke orang lain”.

Sedangkan di beberapa negara seperti Prancis, Belgia, Belanda, Italia, Kanada dan Swiss, tradisi April Mop juga dikenal sebagai April Fish atau Ikan April. Lelucon yang biasanya dilakukan adalah mencoba menempelkan ikan kertas ke punggung korban tanpa mereka ketahui.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cocok Buat Buka Puasa, Yuk Coba 3 Resep Camilan Enak Ini!

BERIKUTNYA

Pameran Game E3 2022 Dipastikan Batal, Hadir Lagi 2023 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: