Ilustrasi badut sebagai simbol komedi. (Sumber gambar: Gratisography/Pexels)

Kenali 10 Subgenre Film Komedi, Mulai dari Parody hingga Satire

29 August 2023   |   21:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genre merupakan salah satu istilah populer dalam dunia film. Genre adalah kategori film yang dibuat berdasarkan kesamaan gaya, tema, pendekatan estetika, serta elemen naratif dari sebuah film. Genre film akan mempengaruhi penerapan gaya bercerita, pendekatan visual, sampai emosi yang ditangkap oleh penonton. 
 
Dari sekian banyak genre, komedi adalah salah satu jenis yang cukup populer. Film komedi dibuat dengan tujuan membuat penonton tertawa. Pertaruhannya biasanya tidak sebesar film aksi atau petualangan. Plot film ini umumnya hanya berkutat pada urusan pribadi antar karakter di dalam film. 
 
Walaupun kesannya ringan, tidak jarang juga genre komedi justru dipakai oleh filmmaker untuk mengutarakan suatu persoalan yang lebih gelap. Termasuk, menggunakan genre komedi sebagai jembatan bagi para pembuat film untuk menyampaikan kritik terhadap berbagai hal.

Baca juga: Inilah 5 Film Komedi Terlaris Sepanjang Masa
 
Mungkin tidak banyak yang tahu jika jenis film komedi memiliki sejumlah subgenre. Ini merupakan hasil gabungan genre komedi dengan genre yang lain misalnya action comedy atau romance comedy. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 10 subgenre film komedi.
 

1. Romance Comedy

Seperti namanya, film romance comedy atau komedi romantis biasanya menghadirkan kisah cinta yang disajikan secara komedi atau humor. Namun, dengan konsep penceritaan yang tidak matang, subgenre ini bisa saja menghasilkan film yang klise. Sejumlah film romance comedy yang bisa kalian tonton yakni Annie Hall, When Harry Met Sally, dan Forgetting Sarah Marshall.
 

2. Action Comedy

Action comedy atau komedi aksi adalah salah satu subgenre komedi yang terbilang paling menghibur. Film dengan subgenre ini biasanya akan menampilkan sejumlah adegan aksi namun dibalut dengan komedi. Alih-alih tegang, penonton justru akan terhibur melihat aksi dari para karakter dalam film. 
 

3. Dark Comedy

Komedi gelap atau dark comedy umumnya dirancang untuk membuat penonton menertawakan hal-hal yang tidak dianggap lucu. Dalam banyak kasus, nilai kejutan dari meremehkan subjek yang serius menghasilkan tawa yang lebih besar daripada bentuk komedi yang tidak berbahaya seperti sindiran dan slapstick.

Baca juga: Dark Comedy Atau Dark Joke, Hiburan Kontroversial yang Bisa Redakan Stres
 

3. Parody

Film dengan subgenre parody sudah terbilang jarang hadir saat ini. Puncak kepopuleran film-film parodi yakni pada 1970-an hingga 1980-an. Film parodi biasanya menghadirkan kisah dengan mengambil kerangka naratif yang familiar, dan membalikkannya dengan humor yang absurd.
 

5. Mockumentary

Mockumentary adalah komedi bergaya dokumenter yang menggambarkan karakter dan alur cerita seolah-olah mereka adalah orang dan peristiwa nyata. Ini bukan sekadar perkembangan gaya film, melainkan sebuah alat komedi yang menampilkan gimik kesombongan sebagai mesin lelucon.
 

6. Slapstick Comedy

Komedi slapstick adalah komedi yang biasanya berupa omongan kosong yang semata-mata ditujukkan untuk mencairkan suasana. Termasuk, gestur-gestur lucu yang dimainkan oleh karakter dalam film.

Jenis komedi ini memiliki daya tarik tersendiri secara umum karena melintasi batasan bahasa. Ini tidak bergantung pada dialog ironis atau referensi budaya pop tertentu. Siapa pun di dunia dapat menikmati kejenakaan komedi slapstick.
 

7. Screwball Comedy

Screwball adalah salah satu bentuk klasik dari film komedi. Dipopulerkan pada masa The Great Depression, komedi dalam film ini cenderung gila yang dipadukan dengan dialog tajam dan penceritaan yang bergerak dari karakter. Beberapa film yang menjadi rekomendasi yakni His Girl Friday, Bringing Up Baby, dan It Happened One Night.
 

8. Horror Comedy

Genre horor dan komedi mungkin terlihat bertentangan satu sama lain. Tujuan dari horor adalah untuk membuat penonton merasa takut dan tidak nyaman sedangkan tujuan dari komedi adalah untuk membuat penonton merasa nyaman dengan tawa.
 
Namun pada titik tertentu, keduanya sama-sama menciptakan reaksi mendalam dari penonton. Perpaduan horor dan komedi justru menciptakan pengalaman sinematik yang tak terlupakan. Scream, Shaun of the Dead, dan An American Werewolf in London adalah beberapa film yang bisa ditonton.
 

9. Buddy Comedy

Buddy comedy atau komedi pertemanan hampir serupa dengan komedi romantis. Hanya saja komedi jenis ini mengeksplorasi cinta antara dua teman platonis dan bukan dua pasangan romantis.

Namun, tidak semua komedi pertemanan bercerita tentang persahabatan yang sudah ada sebelumnya. Kadang-kadang, kisahnya juga seputar dua orang yang saling bertentangan pada awalnya dan perlahan-lahan menjadi dekat satu sama lain seiring dengan kelakuan aneh mereka.
 

10. Satire Comedy

Satire comedy atau komedi satir adalah jenis komedi yang berisi pernyataan sindiran baik itu berupa kepedihan, kegetiran, dan sebagainya terhadap suatu keadaan atau seseorang. Komedi satir juga kerap digunakan sebagai alat bagi pembuat film untuk menuangkan sindiran terkait politik.

Baca juga: Ternyata Ini Tantangan Film Komedi Menurut Sutradara dan Aktor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ini 5 Negara Dengan Jam Kerja Terpendek di Dunia, Semuanya di Eropa

BERIKUTNYA

Bisnis Street Food Pun Butuh Tata Kelola Ruang Jualan hingga Limbah Dapur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: