Prank Razer Mcfly (Sumber: Razer)

Sejarah & Prank April Mop yang Paling Mengejutkan Jagat Dunia Maya

03 April 2024   |   08:48 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Lelucon April Fools Day alias April Mop menjadi sebuah tradisi tahunan yang menarik bagi banyak orang. Hari yang identik dengan melakukan lelucon (prank) ke orang lain ini tak cuma sekadar iseng, tapi punya dampak terhadap pop culture, yang sering dimanfaatkan media dan brand besar untuk alat kampanye. 

Menurut History.com, hari yang dirayakan setiap tanggal 1 April ini memiliki asal mula yang tidak secara pasti diketahui. Namun, terdapat beberapa spekulasi yang dipopulerkan para sejarawan atas alasan munculnya April Mop ini. Pertama, perayaan berawal pada 1582 di Prancis, ketika itu dilakukan pergantian sistem kalender yang mengubah awal tahun menjadi tanggal 1 Januari. 

Masyarakat Prancis yang terlambat mendapatkan berita pergantian tersebut masih mempercayai dan merayakan akhir tahun pada bulan Maret. Mereka inilah yang dijadikan bahan lelucon dan diberi julukan “April Fools”. 

Baca juga: Jackass The Movie, Kumpulan Film Penuh Prank yang Cocok Ditonton saat April Mop

Kedua, adanya spekulasi bahwa tradisi ini dikaitkan dengan festival Hilaria pada masa Romawi Kuno, yang memiliki arti bergembira. Pengikut kultus Cybele ini akan mengenakan baju samaran dan juga pakaian yang mirip dengan sesama pengikut kultus yang ditujukan untuk niatan mengejek. 

Ketiga, perayaan yang berlangsung Skotlandia pada abad ke 18, ketika masyarakat mengadakannya dalam 2 hari, diawali dengan menyuruh seseorang untuk melakukan tugas palsu. Selain itu, adanya lelucon praktis yang dilakukan banyak orang, misalnya dengan menempelkan tulisan kick me di punggu seseorang. 

Meski tidak ada yang bisa memastikan awal mulanya, April Mop telah menginspirasi banyak perusahaan untuk membuat prank terbaik, tujuannya untuk sekadar meningkatkan kesadaran merek atau memang bertujuan sebagai alat pemasaran produk mereka. 

Apa saja prank April Mop yang pernah mengejutkan jagat dunia maya? Yuk simak beberapa di antaranya. 
 

1. Razer Project Mcfly


Pada 2015, produsen periferal gaming Razer tiba-tiba memamerkan produk terbaru mereka, Project Mcfly di halaman dan kanal YouTube resminya. Produk ini benar-benar membingungkan para gamers, karena terlihat seperti mouse gaming yang benar-benar melayang.

Razer mengeklaim bahwa produk mereka adalah ‘hover mouse’ pertama di dunia, yang menjanjikan pengalaman bermain game tanpa gesekan Selain fungsinya yang aneh, gamers juga mempertanyakan mengapa produk ini diciptakan, karena sepertinya tidak ada yang benar-benar membutuhkannya.

Namun jika diperhatikan baik-baik, deskripsi dari video tersebut menyatakan secara langsung bahwa itu adalah lelucon April Mop. Meskipun demikian, banyak gamer yang masih menyebut Mcfly sebagai salah satu lelucon April Fools di industri gim terbaik yang pernah dibuat karena kreativitas dan kecerdikannya. 
 

2. Kolaborasi Mark Zuckerberg bersama H&M

Mark Zuckerberg x H&M (Sumber: Mark Zuckerberg)

Mark Zuckerberg x H&M (Sumber: Mark Zuckerberg)

Saat mendengar nama Mark Zuckerberg, Facebook akan muncul di benak mayoritas orang terlebih dahulu. Bos raksasa teknologi ini juga dikenal dengan gaya pakaiannya yang sangat santai dan terkesan umum. Dia biasanya mengenakan kaos abu-abu dan celana jeans

Pada 1 april 2016, sebuah website dengan alamat Markforhm.com tiba-tiba ramai diperbincangkan di media sosial. Situs web itu mengumumkan kolaborasi pendiri teknologi tersebut dan merek fast fashion terkenal, H&M. Kolaborasi ini menawarkan koleksi yang terdiri atas 7 kaos berwarna abu-abu dan celana jeans mid-wash straight-leg, identik dengan pakaian sehari-hari Zuckerberg. 

Namun, nyatanya itu hanya prank April Mop. Tentu saja lelucon ini mendapat tanggapan positif, karena sederhana tapi lucu dan memerlukan upaya yang besar untuk membuat situs web palsu. Ini juga menunjukkan kemampuan Mark Zuckerberg dalam melontarkan lelucon, karena sebagian orang menganggapnya lumayan canggung. 
 

3. Adidas Box Shoe

Adidas Box Shoe (Sumber: Adidas)

Adidas Box Shoe (Sumber: Adidas)

Prank April Fools ini merupakan yang  paling terbaru dalam daftar, karena baru saja diumumkan kemarin. Adidas berencana untuk merilis sebuah "sneakers" yang sebenarnya adalah kotak sepatu, dengan potongan besar pada bagian alasnya. Melalui website adidas.com/us/confirmed, merek pakaian atletik ini mencantumkan Box Shoe sebagai salah satu produk yang akan dirilis.

Namun akhirnya sepatu tersebut dikonfirmasi oleh Adidas sebagai bagian dari April Fools mereka tahun ini. Dengan absurditas yang diciptakan oleh industri fesyen, Box Shoe milik Adidas terlihat masuk akal meskipun sangat tidak lazim. Meski demikian, lelucon ini diterima dengan sangat baik. 
 

4. YouTube resmi ditutup 


Media sosial YouTube adalah salah satu produk dari Google yang dicintai semua kalangan. Menyediakan informasi dan hiburan gratis dari mana saja, di mana saja, dan kepada siapa saja yang memiliki akses internet. Bagaimana perasaan Genhype jika mendengar informasi langsung dari orang perusahaan bahwa platform ini tidak akan lagi menerima video apa pun? 

Itulah yang dilakukan pada 2013. Akun resmi YouTube mengeluarkan sebuah video berjudul "YouTube's ready to select a winner". Di video itu, staf mereka mengungkapkan bahwa ketika YouTube didirikan pada 2005, mereka berdedikasi untuk menemukan video terbaik di internet.

Kemudian pada pada 31 Maret 2013, mereka tidak lagi menerima video apa pun untuk diunggah, karena perusahaan akan mencari pemenang dari kompetisi mereka, serta menghapus semua video yang pernah di unggah di platform tersebut. Video tersebut menampilkan para pegawai YouTube berdiskusi soal video mana yang terbaik, dengan nada formal yang sangat serius. Namun, tentunya itu hanya bagian dari lelucon April Mop mereka. 
 

5. Google Toilet Internet Service Provider

 

Google TiSP (Sumber: Google

Google TiSP (Sumber: Google

 
Ingin koneksi internet gratis? Pada 2007, Google merilis program terbarunya, yaitu layanan Google TiSP. Dengan memasang layanan ini di toilet rumah, pengguna dapat menikmati internet gratis setiap melakukan “flushing” alias menyiram toilet. Hal yang gila dari lelucon ini adalah Google benar-benar menunjukkan poster grafik tentang cara kerja semua itu secara ilmiah. 

Saat itu pengguna internet tidak tahu bahwa perusahaan seperti Google bisa membuat lelucon seperti itu, karena stereotip pekerja di Google semuanya yang terkesan kaku dan tidak punya humor. Namun, lelucon ini membantah hal tersebut. 

Baca juga: Dirayakan Tiap 1 April, Begini Asal-Usul April Mop atau Hari Prank Sedunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Musang Madu, Mamalia Kecil yang Terkenal Ganas & Pemberani

BERIKUTNYA

Erspo Bakal Ganti Desain Jersey Timnas Indonesia, Dijadwalkan Rilis Agustus 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: