Kue kastengel keju. (Sumber foto: Chef Devina Hermawan)

Rekomendasi Kue Lebaran Serba Keju, Renyah dan Lumer di Mulut

01 April 2024   |   18:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Kue kering jadi salah satu sajian khas dan identik dengan perayaan Idulfitri di Indonesia maupun negara dengan mayoritas masyarakat Muslim lainnya. Umumnya kue Lebaran lekat dengan citarasa butter yang gurih atau vanilla yang wangi.

 Kue lebaran yang eksis di masyarakat juga terdiri dari beragam jenis dan rasa yang berbeda-beda. Setiap daerah dan kota di Indonesia juga memiliki kue lebaran yang khas. Salah satu kue lebaran yang menjadi favorit oleh banyak orang adalah kue yang berbahan dasar keju.

Baca juga: 5 Variasi Kue Lebaran khas Timur Tengah dari Iran hingga Lebanon

Kue ini sangat populer digunakan sebagai suguhan saat Hari Raya Lebaran karena memiliki cita rasa yang renyah dan gurih. Selain itu, kue lebaran berbahan dasar keju juga sangat mudah ditemukan dan gampang untuk dibuat. 

Kalau Genhype sedang mencari kue lebaran serba keju untuk suguhan, berikut adalah rekomendasi kue serba keju untuk lebaran yang telah Hypeabis.id rangkum.


1. Nastar keju

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rina Dedik (@ms.rinadedik)



Siapa yang tak mengenal dengan kue yang satu ini? Perayaan Lebaran di Indonesia sangat identik dengan kue nastar. Kue yang sangat khas dengan bentuknya yang bulat dan parutan keju diatasnya sangat disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tak hanya disuguhkan saat hari Lebaran saja, kue kering yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian nanas ini juga eksis saat perayaan hari besar agama lain. 
 

2. Sagu keju

Kue sagu keju (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)

Kue sagu keju (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)

Selain nastar dan kue keju lainnya, kue sagu keju juga tak kalah populer dengan kue Lebaran lainnya. Sagu keju merupakan salah satu dari banyak jenis kue tradisional yang ada di Indonesia. Hidangan ini merupakan salah satu kue lebaran paling favorit yang disukai oleh banyak orang.

Perpaduan antara tepung sagu dan tepung kanji sebagai bahan utamanya membuat kue sagu keju memiliki cita rasa yang unik. Jika dilihat dari luar, kue ini memiliki tekstur yang renyah dan garing, tapi kue sagu keju akan lumer ketika disantap. Apalagi dengan tambahan keju diatasnya yang renyah, membuat hidangan ini menjadi semakin nikmat dan begitu disukai. 


3. Kastengel

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lily Mulyani (@lily.mulyani)



Walaupun berasal dari Belanda, kastengel merupakan salah satu kue Lebaran yang menjadi unggulan dan primadona banyak orang untuk suguhan saat Hari Raya Idulfitri. Kue khas Lebaran berbentuk stik ini identik dengan parutan keju diatasnya. Dengan bentuknya yang panjang seperti batangan-batangan kecil, kue ini memiliki cita rasa yang gurih, asin, dan manis dalam satu rasa.

Meskipun kastengel bukan merupakan kue tradisional dari Indonesia, tapi kue yang menjadi favorit banyak orang ini sangat lekat dengan berbagai perayaan seperti Idulfitri, Natal, hingga tahun baru. Selain itu, kastengel juga sering ditemukan di pasaran dan bisa dibuat dengan mudah di rumah. 
 

4. Stik keju

Stik keju adalah salah satu camilan yang cocok untuk disantap saat berkumpul bersama keluarga di Hari Raya. Kue ini juga sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan membuat ketagihan, terutama dikalangan anak-anak. Stik keju adalah camilan yang berbahan dasar tepung tapioka dan keju cheddar. Biasanya, kue yang berbentuk panjang-panjang ini disajikan dalam jumlah yang banyak. Tak sedikit juga yang menjadikan stik keju sebagai ide jualan untuk kue saat Lebaran.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekomendasi 3 Game NES Terbaik, Bisa Main di Nintendo Switch Online

BERIKUTNYA

Jackass The Movie, Kumpulan Film Penuh Prank yang Cocok Ditonton saat April Mop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: