DJI Mic, salah satu mikrofon wireless yang cocok untuk live streaming (Sumber gambar: DJI)

Rekomendasi Mic Wireless untuk Live Streaming 2024 

29 March 2024   |   16:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kegiatan siaran langsung/aliran langsung (live streaming) telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari industri hiburan saat ini. Dengan akses internet yang sudah lebih mumpuni dan penyedia platform yang kian beragam, makin jamak kreator yang melakukan live streaming dan ditonton oleh banyak penggemar. 

Live streaming digandrungi masyarakat karena aksesnya yang mudah dan unsur interaktif yang memungkinkan kreator dan penikmat melakukan komunikasi dua arah secara real time. Selain itu, bentuk hiburan ini juga punya konten yang sangat bervariasi mulai dari musisi, vloger, permainan video, sampai jadi sarana penjualan di platform e-commerce

Baca juga: Yuk Kenali Berbagai Jenis Mikrofon dan Fungsinya

Bagi Genhype yang ingin menjadi streamer, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satu yang utama adalah urusan audio. Konten multimedia dengan visual yang bagus, akan tetap mengganggu jika audio yang dihasilkan tidak jelas atau bahkan menimbulkan noise. Untuk itu, pemilihan perangkat mikrofon (mic) jadi hal yang krusial. 

Saat ini, sejumlah produsen juga telah mengeluarkan peranti yang dirancang untuk lebih fleksibel penggunaannya, termasuk kegiatan live streaming dan mudah dioperasikan. Selain kualitas mic yang bagus, pemilihan versi nirkabel (wireless) juga perlu dipertimbangkan untuk lebih memudahkan aktivitas, tentunya dengan sejumlah catatan seperti kompatibilitas dan keandalan konektivitas. 

Nah, buat kalian yang sedang mencari ‘perangkat perang’ untuk menjadi streamer, berikut ini adalah rekomendasi mic wireless untuk live streaming yang bisa jadi pertimbangan pada 2024. Apa saja? Yuk simak. 
 

1. Rode Wireless Go II 

Rode Wireless Go II (Sumber gambar: Rode)

Rode Wireless Go II (Sumber gambar: Rode)

Rode sudah menjadi salah satu top of mind brand publik jika bicara soal mikrofon, karena memang telah berkecimpung di bidang ini lebih dari 50 tahun. Untuk kebutuhan content creator dan live streaming, perusahaan asal Australia itu punya produk yang menarik untuk dilirik yakni Rode Wireless Go II. 

Banyak kreator yang telah menggunakan perangkat ini sebagai mic utama mereka karena memberikan pengalaman yang komplet, desainnya yang compact, bobot yang ringan, jangkauan yang luas, dan kualitas audio kelas profesional. 

Perangkat ini punya sistem dual channel wireless mic untuk merekam dua sumber suara secara bersamaan, perekaman on-bard memori internal lebih dari 40 jam, dan baterai yang diklaim bisa tahan hingga 7 jam penggunaan dalam sekali pengisian daya. Di platform e-commerce, Rode Wireless Go II dijual dengan harga sekitar Rp2-3 juta. 
 

2. DJI Mic 

DJI Mic (Sumber gambar: DJI)

DJI Mic (Sumber gambar: DJI)

Selain produk pesawat nirawak alias drone, DJI juga punya sederet perangkat penunjang content creator termasuk DJI MIC. Mic wireless ini dilengkapi dengan dua pemancar, masing-masing dengan mikrofon internal. Ini memang terkesan lebih pas untuk kebutuhan pembuatan konten seperti wawancara, tetapi fungsionalitasnya juga bisa diterapkan untuk keperluan live streaming

Selain itu, DJI MIC juga punya tampilan layar sentuh receiver yang memberi akses untuk sejumlah fitur seperti pemilihan saluran sampai pengaturan input/output dan lain sebagainya. Kedua pemancar juga dilengkapi dengan penyimpanan internal yang diklaim bisa sampai 14 jam. 

Sistem nirkabel dan jangkauan transmisi sampai 250 meter juga bisa digunakan untuk kebutuhan streaming yang memerlukan mobilitas lebih fleksibel. Di sejumlah platform e-commerce, DJI MIC dijual sekitar Rp2,5 juta. Ada juga versi yang lebih anyar yakni DJI Mic 2 yang dibanderol Rp3 jutaan. 
 

3. Synco P1L atau P1T 

Synco P1 L/T (Sumber gambar: Synco)

Synco P1 L/T (Sumber gambar: Synco)

Synco P1 Series merupakan sistem mikrofon nirkabel digital yang untuk perangkat smartphone atau tablet. Mudahnya, ini adalah mikrofon eksternal tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan oleh mic internal perangkat. 

Sistem ini memakai skema Syncoder Encrypted Transmission Algorithm (FHSS) untuk memastikan pengoperasional suara yang lebih jernih. Transmiter yang ada juga menyediakan baterai isi ulang hingga 5 jam, dengan porta pengisian daya memakai USB Type-C. Selain itu, keunggulan utamanya adalah kemudahan penggunaannya yang tinggal pasang. 

Di platform e-commerce lokal, mic wireless Synco P1L/P1T dibanderol dengan harga sekitar Rp1 juta. 

Baca juga: 3 Rekomendasi Headphone dengan Fitur Noise Cancelling Terbaik 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Riset Preferensi Alokasi THR Lebaran 2024, Ikuti Tips Ini untuk Pengelolaan yang Bijak

BERIKUTNYA

Ryeowook Super Junior & Ari Tahiti Umumkan Menikah Mei 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: