Kamera gimbal DJI generasi terbaru. (Sumber gambar : DJI)

Rekomendasi Kamera Gimbal, Bikin Ngevlog Jadi Lebih Praktis

27 March 2024   |   08:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Semua yang terekam tak pernah mati, begitulah gambaran dunia saat ini. Banyak orang mengabadikan kegiatannya melalui video lalu diunggah ke media sosial. Bisa jadi hanya sekadar ingin punya memori. Namun, tak sedikit yang sengaja melakukannya untuk mencari rezeki, sebagai seorang kreator konten. 

Di tengah pertumbuhan kreator konten yang begitu pesat, teknologi  peralatan untuk pengambilan gambar pun terus ditingkatkan dan semakin ringkas. Ya, konten kreator terutama para vlogger yang kerap merekam rutinitas atau perjalanan membutuhkan peralatan anti ribet. 

Selain ringkas, kestabilan dan kualitas gambar sangat dibutuhkan para konten kreator ini. Beberapa perusahaan teknologi pun menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan kamera gimbal. Salah satunya datang dari Da-Jiang Innovations (DJI). 

Baca juga: Cek Harga & Tampilan Fujifilm X100VI, Kamera yang Cocok Buat Traveling


1. DJI Osmo Pocket 3

Perusahaan yang terkenal sebagai produsen pesawat tanpa awak (drone) ini memiliki lini kamera gimbal Osmo Pocket. Generasi ketiga kamera gimbal ini terbilang laris manis di platform penjualan setelah peluncurannya jelang akhir tahun lalu.

"Versi terbaru dari DJI Osmo Pocket kali ini hadir dengan sejumlah peningkatan yang memantapkan posisinya sebagai vlogger cam mini," ujar Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle.

Ukurannya terbilang sangat ringkas yakni dengan panjang 139,7 mm, lebar 42,2 mm, dan tinggi 33,5 mm. Bobotnya 179 gram, yang memungkinkan untuk disimpan dalam saku. 

Jika pada generasi kedua memakai sensor 1/1,7 inci, Osmo Pocket 3 hadir dengan sensor berukuran 1/1,3 inci CMOS yang memungkinkan penangkapan bayangan dan sorotan lebih jelas. Ukuran sensor pada kamera juga sangat menentukan kualitas pengambilan gambar karena mampu menerima dan memproses informasi dengan cepat dan besar. Hasilnya, gambar menjadi lebih jernih dan detail, sekalipun dalam kondisi minim cahaya. 

Kamera 1 inci ini juga dapat merekam video hingga resolusi tinggi mencapai 4K/120 fps (frame per second). Keunggulan lainnya, ada pula fitur 10-bit D-Log M yang mampu merekam hingga 1 miliar warna pada berbagai kondisi dan 10-bit HLG color modes yang membuka ruang untuk eksplorasi dalam penyuntingan secara profesional. 
 

DJI Osmo Pocket 3 (Sumber gambar: DJI)

DJI Osmo Pocket 3 (Sumber gambar: DJI)

Berbeda dengan generasi sebelumnya, DJI Osmo Pocket 3 hadir dengan layar sentuh berdiameter 2 inci dengan resolusi 314 x 556 dan tingkat kecerahan 700 nits. yang dapat diputar. Layar ini pun terbilang fleksibel karena memiliki kemampuan untuk berganti orientasi pengambilan gambar secara cepat dari horizontal ke vertikal, maupun sebaliknya. 

Dengan layar yang lebih besar dan fleksibilitas, tentunya memudahkan pembuat konten melihat dan menyesuaikan gambar dari video yang sedang diambil. Dilengkapi three-axis mechanical stabilization, pengambilan gambar menjadi mulus dan stabil.

Untuk kestabilannya, DJI Osmo Pocket 3 memiliki fitur ActiveTrack 6.0 yang dapat menghasilkan gambar sinematik melalui Face Auto-Detect dan Dynamic Framing. Artinya, kamera bisa tetap fokus terhadap subjek foto meskipun dalam keadaan bergerak.

Peningkatan berikutnya dari generasi ketiga Osmo Pocket ini yaitu triple mic array yang built-in meredam suara angin dan menangkap suara stereo dari berbagai arah. Alhasil, audio yang dihasilkan semakin imersif. Ada pula dukungan terhadap DJI Mic 2 yang memungkinkan perekaman melibatkan dua orang untuk kebutuhan vlog, wawancara, dan siaran langsung (live streaming).

Bicara soal ketahanan, kamera gimbal ini memiliki baterai berukuran 1.300 mAh yang dapat terisi hingga 80% hanya dalam waktu 16 menit. Sementara untuk pengisian daya 100 persen dibutuhkan waktu sekitar 32 menit.

Adapun, dalam keadaan terisi penuh, DJI Osmo Pocket 3 bisa digunakan untuk merekam gambar 4K/120fps selama 116 menit atau 166 menit video dengan resolusi 1080p/24 fps.

DJI Osmo Pocket 3 terbilang laris di pasaran. Di platform jual beli Eraspace, kamera gimbal ini kehabisan stok. Begitu pula di lini penjualan outlet Urban Republic. Konsumen harus masuk ke daftar tunggu untuk mendapatkannya. 
 

2. Feiyu Pocket 3 

Feiyu Pocket 3 (Sumber gambar: Feiyu Tech)

Feiyu Pocket 3 (Sumber gambar: Feiyu Tech)

Selain DJI, Feiyutech juga memiliki lini kamera gimbal, Feiyu Pocket 3. “Gimbal kamera ini memiliki fitur lengkap dan dapat digunakan untuk vlog hingga videografi profesional,” ujar Product Specialist PT Denka Pratama Indonesia Ryan Antoni. 

Memiliki ukuran panjang 46,5 mm, lebar 32,6 mm, dan tinggi 60,3, serta berat 86 gram, Feiyu Pocket 3 memiliki diklaim membawa fitur menarik. Kamera gimbal ini menggunakan sensor Sony 1/2,3 inci CMOS yang dapat menghasilkan foto tajam dan detail, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Untuk pengambilan gambar, resolusi kamera Feiyu Pocket 3 mencapai 12MP. Sementara perekaman video mencapai resolusi 4K dan frame rate hingga 60 fps. Dengan resolusi dan frame rate yang tinggi, gimbal ini dapat menghasilkan video yang tajam dan jernih, bahkan saat merekam aksi cepat. 

Kamera gimbal ini juga dilengkapi dengan fitur Wide Dynamic Range (WDR) yang dapat membantu mengurangi noise serta meningkatkan kontras pada video dan foto yang diambil dalam kondisi pencahayaan yang kontras. Untuk stabilitas gambar, Feiyu Pocket 3 menggunakan gimbal 3-sumbu brushless sehingga menghasilkan video dan foto yang halus anti goyang.

Ryan menyebut Feiyu Pocket 3 dilengkapi dengan lensa super-wide angle dengan sudut pandang 130 derajat. “Lensa ini membantu para kreator menangkap lebih banyak objek dalam satu frame, sehingga ideal untuk merekam pemandangan alam atau acara-acara besar,” tambahnya.

Kamera ini dapat digunakan untuk mengambil foto panorama dengan resolusi hingga 180 derajat. Fitur ini dapat membantu para kreator menangkap pemandangan secara keseluruhan, tanpa harus menyatukan beberapa foto.

Pengguna juga bisa menggunakan mode timelapse untuk pembuatan konten yang lebih menarik. Tidak perlu khawatir objek kabur saat bergerak karena Feiyu Pocket 3 dilengkapi dengan fitur Smart Al Tracking yang dapat melacak objek secara otomatis untuk gambar yang lebih fokus.  

Baca juga: Rekomendasi 5 Ponsel dengan Kualitas Kamera Terbaik 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Apple Pakai Baidu Gantikan Google di China

BERIKUTNYA

Profil Rumy Alqahtani, Perwakilan Miss Universe Pertama dari Arab Saudi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: