Bekal yang cukup penting untuk membuat anak tidak rewel (Sumber gambar: pexels/ Kampus Production)

Cara Membuat Anak Tidak Rewel Saat Mudik

28 March 2024   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran menjadi kegiatan yang kerap menyenangkan dan seru. Namun, aktivitas tahunan itu bisa membuat kepala pusing saat anak rewel, terlebih menggunakan transportasi umum.

Saat mudik, Genhype biasanya mengajak istri dan anak untuk bersama-sama merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan di kampung halaman dengan orang tua dan keluarga besar.

Kehadiran anak saat acara kumpul keluarga besar akan menambah keseruan. Mereka juga dapat berkenalan dengan keluarga lainnya, sehingga tali silaturahmi dapat tetap terjaga.

Baca juga:  Kiat Membawa Anabul saat Mudik Lebaran Biar Tetap Tenang & Aman

Tidak hanya itu, mudik juga dapat mengenalkan anak dengan kehidupan di kampung yang mungkin berbeda jika dibandingkan dengan kota besar. Langkah ini akan menjadikan pengalaman tersendiri bagi sang anak.

Namun, sebelum sampai ke tempat tujuan, perjalanan mudik ke kampung halaman membawa anak kecil kadang menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang anak rewel saat perjalanan dan membuat ayah dan bunda pusing-terlebih masih puasa-terlebih saat macet.  

Untuk menghindari anak balita rewel, berikut sejumlah langkah yang bisa kalian lakukan yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber:

1. Pastikan anak kenyang

Ada berbagai macam alasan yang membuat anak kadang rewel dalam perjalanan ke kampung halaman. Salah satunya adalah rasa lapar. Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak cenderung tidak bisa menahan lapar, sehingga kerap rewel.

Jadi, kalian perlu memastikan bahwa anak telah makan atau merasa kenyang sebelum melakukan perjalanan. Genhype juga dapat membawa bekal jika perlu ketika perjalanan belum sampai tempat tujuan, tetapi sudah masuk waktu makan. Selain itu, camilan kesukaan buah hati juga tidak boleh dilewatkan. 

2. Buang air besar dan kecil sebelum berangkat

Buang air besar dan kecil juga dapat menjadi penyebab anak rewel dalam perjalanan mudik. Kalian harus memastikan anak sudah buang air besar dan kecil sebelum berangkat mudik dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Jika menggunakan transportasi umum, kalian dapat menanyakannya untuk ke kamar kecil yang tersedia beberapa waktu sekali. Sementara itu, Genhype perlu beristirahat di rest area untuk memberikan kesempatan si buah hati ke toilet.

3. Buat anak merasa nyaman

Orang dewasa kerap merasa tidak betah dan kadang marah-marah saat merasa nyaman, apalagi anak kecil. Salah satu penyebab anak rewel adalah mereka tidak merasakan kenyamanan karena berbagai hal.

Jadi, kalian perlu memastikan transportasi umum yang akan digunakan nanti dapat membuat anak merasa nyaman. Sementara itu, Genhype dapat memperdengarkan lagu yang membuat mereka senang. Genhype juga bisa membawakan mainan anak agar tidak rewel dan nyaman dengan lingkungan dalam transportasi umum atau kendaraan pribadi.

4. Sabar saat anak rewel

Ada beberapa faktor yang mungkin tidak bisa diatasi oleh ayah dan bunda ketika anak balita rewel saat dalam perjalanan pulang ke kampung lebaran untuk merayakan lebaran mengingat mereka sedang dalam masa pertumbuhan-termasuk emosinya.

Jadi, Genhype harus bersabar dan tidak teriak memarahi anak ketika mereka rewel. Jika anak sudah bisa berbicara, kalian dapat mengkomunikasikan tentang alasannya.

5. Latihan dan obat anti mabuk perjalanan

Genhype dapat mencoba melatih anak sebelum melakukan perjalanan jarak jauh agar tidak rewel dengan melakukan beberapa simulas sambil memberikannya pengertian tentang apa yang mungkin terjadi.

Selain itu, kalian juga dapat memberikan obat anti mabuk perjalanan untuk anak agar tidak mengalaminya karena anak juga dapat mengalami motion sickness. Genhype dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat itu. 

Baca juga: Pulang Kampung Anti Drama, Panduan Persiapan Mobil untuk Mudik Lebaran 2024

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

5 Makanan Lebaran Vegan khas Timur Tengah

BERIKUTNYA

Soora Music Festival 2024 Perdana Digelar di Bandung, Ada Agnez Mo hingga Lyodra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: