Ilustrasi membawa anabul seperti kucing saat mudik lebaran (Sumber gambar: Unsplash/Elisa Schmidt)

Kiat Membawa Anabul saat Mudik Lebaran Biar Tetap Tenang & Aman

27 March 2024   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu pikiran yang kerap membuat khawatir banyak orang saat mudik lebaran adalah meninggalkan anak bulu alias anabul seperti kucing. Selain dapat membuat rumah porak poranda, binatang kesayangan yang sudah menjadi kawan saat sendirian itu juga berpotensi sakit dan mati saat jika ditinggal sendirian.

Selain menitipkan di tempat penitipan hewan, Genhype juga dapat membawa hewan peliharaan kesayangan ikut mudik ke kampung halaman. Kalian dapat mengenalkannya kepada keluarga di rumah. Tidak hanya itu, hewan peliharaan juga dapat terpantau sehingga kalian bisa tenang berlebaran dan merayakannya bersama orang-orang terkasih di kampung halaman.

Namun, sebelum sampai ke tempat tujuan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian saat membawanya. Bukan tanpa alasan, kucing juga dapat mengalami stres lantaran banyak hal, seperti suara bising atau tidak memiliki tempat yang leluasa untuk bergerak. Kondisi ini dapat membuat hewan peliharaan kalian sakit.

Untuk menghindari itu, berikut adalah beberapa kiat membawa anabul saat mudik lebaran biar tetap tenang dan aman. 

Baca juga: 7 Tip Bawa Anabul Mudik, Dijamin Nyaman Selama Perjalanan


1. Kendaraan pribadi

Langkah pertama saat Genhype hendak membawa kucing mudik ke kampung halaman adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Ada banyak alasan yang mengharuskan kalian tidak menggunakan transportasi umum.

Salah satunya adalah keleluasaan bagi penumpang dan juga hewan peliharaan. Selain itu, tidak jarang operator transportasi umum melarang hewan peliharaan, karena khawatir ada penumpang lain yang alergi dengan bulu atau merasa tidak nyaman dengan kehadiran mereka. 
 

2. Bawa kandang

Meskipun hewan peliharaan dapat dipegang di dalam kendaraan pribadi, kalian sebaiknya tetap membawa kandang yang biasanya menjadi tempat hewan peliharaan beristirahat. Genhype bisa memasukkan kucing ke dalam kandang jika ingin istirahat atau hendak bergantian membawa kendaraan.

Langkah memasukkan kucing ke dalam kandang juga dapat menghindarkan kalian dari kemungkinan buruk seperti perhatian yang teralih atau gangguan yang mungkin datang dari kucing yang dibawa. 
 

3. Makan & minum yang cukup

Langkah lain yang dapat kalian lakukan jika akan membawa kucing ikut mudik adalah memastikannya telah cukup makan dan minum. Hewan peliharaan tidak akan rewel dan cenderung untuk diam atau tidur ketika perut terisi. Dengan begitu, kalian juga tidak akan repot harus memberikan makan di tengah perjalanan, karena kucing merasa lapar atau mendengar suaranya yang meminta makan. 
 

4. Pastikan sudah buang air besar & kecil

Setelah memastikan kucing mendapatkan makan dan minum yang cukup sebelum berangkat. Kalian juga perlu memastikan binatang peliharaan yang dibawa sudah buang air besar dan kecil. Biasanya, kucing akan buang kotoran sekitar 30 menit-2 jam setelah makan.

Kalian perlu memastikan bintang peliharaan sudah buang air besar agar tidak membuat mobil menjadi bau, sehingga tidak nyaman selama proses perjalanan. 
 

5. Bawa camilan & mainan binatang peliharaan

Makanan kucing yang kerap diberikan penting untuk dibawa karena kalian tidak pernah tahu kondisi di tempat tujuan. Genhype mungkin tidak akan kesulitan jika terdapat toko makanan kucing di kampung halaman atau terdapat penjual makanan kucing yang buka.

Jangan sampai kalian sembarangan memberi makan kucing karena akan memberikan dampak yang tidak baik. Makanan yang mengandung asin dapat membuat bulunya menjadi rontok. Kalian juga bisa membawa beberapa benda seperti mainan yang biasanya jadi teman bermain anabul. 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Jasa Penitipan Anabul, Mudik Dijamin Tenang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Genhype Suka Buka Puasa Makan Gorengan? Segini Lo Jumlah Kalori Bakwan sampai Tahu Bakso

BERIKUTNYA

Ancaman Krisis Air Bersih Kian Nyata di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: