Pemeriksaan terhadap kendaraan perlu dilakukan sebelum mudik (Sumber gambar: pexels/ Artem Podrez)

Pulang Kampung Anti Drama, Panduan Persiapan Mobil untuk Mudik Lebaran 2024

28 March 2024   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mempersiapkan kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Bukan tanpa alasan, persiapan dapat membuat Genhype terhindar dari beberapa kemungkinan buruk yang mungkin terjadi dan membuat mudik lebih nyaman.

Kendaraan pribadi menjadi alat transportasi yang masih menjadi pilihan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman selain transportasi umum, seperti bus, kereta api, atau pesawat. Ada berbagai alasan yang membuat pemudik menggunakan mobil pribadi.

Baca juga: Daftar Lokasi SPKLU di Jalan Tol Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Salah satu di antaranya adalah fleksibilitas waktu dalam melakukan perjalanan ke kampung halaman atau saat berada di tempat tujuan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, terdapat 35,42 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan mobil pribadi pada tahun ini atau sekitar 18,29 persen.

Jumlah pemudik dengan mobil pribadi itu menempati posisi terbanyak ketiga dalam survei yang dilakukan terhadap 15.000 responden. Jika menjadi salah satu dari 35,42 juta orang tersebut, kalian harus melakukan sejumlah persiapan.

Salah satu persiapan tersebut adalah terkait dengan kendaraan yang akan digunakan. Berikut persiapan yang harus dilakukan:


1. Cek Kondisi Mesin

Pemeriksaan terhadap kondisi mesin menjadi penting untuk dilakukan sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Kalian dapat melakukan tune-up standar atau lebih lanjut jika memang diperlukan.

Saat tune-up, sejumlah bagian dalam mesin seperti karburator dan busi akan dibersihkan. Tidak hanya itu, mekanik juga akan melakukan beberapa penyetelan yang diperlukan agar kendaraan semakin prima.


2. Pastikan Air Radiator Terisi

Air radiator juga tidak boleh luput dari perhatian ketika kalian hendak melakukan perjalanan jauh mudik Lebaran 2024 lantaran memiliki peran penting dalam menjaga suhu kendaraan, sehingga tidak overheating.

Genhype harus memastikan menggunakan air radiator yang memang khusus untuk radiator karena dapat menjaga suhu mesin dengan maksimal. Kalian juga perlu menambahnya jika air radiator berkurang.


3. Wiper Harus Berfungsi dengan Baik

Wiper menjadi bagian mobil yang tampak sepele. Namun, pada kenyataannya, komponen ini memiliki peran yang sangat penting – terutama saat hujan turun. Selain memastikan wiper dapat berfungsi dengan baik, kalian juga perlu memeriksa karetnya tidak keras sehingga tidak menggores kaca depan dan dapat membuat pandangan lebih jelas saat hujan turun.


4. Sein Harus Menyala

Saat membawa kendaraan mobil pribadi, kalian akan melewati jalan tol dan arteri yang juga digunakan oleh kendaraan lainnya. Sein penting agar membuat pengguna lain tidak kagok saat mengendarai mobilnya dan berhadapan dengan kendaraan yang kalian kendarai.

Genhype memiliki potensi kecelakaan saat berbelok atau berpindah jalur ketika lampu sein tidak menyala karena pengemudi lain tidak akan tahu pergerakan.


5. Sabuk Keselamatan Harus Prima

Sabuk pengaman juga menjadi bagian penting yang harus diperiksa karena sangat berkaitan dengan keselamatan dan keamanan berkendara. Safety belt dapat melindungi kalian saat keadaan darurat atau kondisi biasa.

Penggunaannya dapat membuat kalian terhindar dari cedera atau terlempar dari tempat duduk saat mobil harus mengerem mendadak atau terlibat kecelakaan seperti tabrakan.


6. Pengukur Kecepatan atau Spidometer Harus Berfungsi

Spidometer menjadi komponen lain yang juga tidak boleh luput dari pemeriksaan. Pengukur kecepatan ini harus berfungsi dengan baik agar kalian apat mengetahui kecepatan mobil yang dikendarai.

Dengan begitu, kalian dapat mengontrol diri dengan menurunkan kecepatan kendaraan saat sadar jarum spidometer sudah melebihi batas kecepatan maksimal.


7. Kondisi Ban

Pastikan kondisi ban mobil yang akan digunakan tidak botak. Jadi, kalian dapat menggantinya jika komponen yang langsung berhubungan dengan jalan itu menunjukkan tread wear indicator atau indikator keausan ban sudah waktunya diganti.


8. Lakukan Spooring & Balancing

Langkah lainnya yang perlu dilakukan adalah melakukan spooring atau menyelaraskan posisi roda mobil agar sesuai dengan pengaturan pabrik. Tujuan spooring mobil adalah agar tidak ada tarik menarik antara roda yang dapat berakibat ban lebih cepat aus.

Tidak hanya itu, persiapan ini juga dapat mencegah kendaraan tidak stabil, sehingga dapat lebih aman ketika menempuh perjalanan. Selain itu, kalian juga perlu melakukan balancing roda mobil agar kendaraan menjadi lebih stabil saat dikendarai.


9. Pastikan Kondisi Oli

Pastikan oli mesin, rem, power steering, dan transmisi cukup untuk perjalanan jarak jauh dan pulang pergi. kalian perlu menggantinya jika sudah mendekati waktu penggantian demi terhindar dari kejadian tidak diinginkan.


10. Pastikan Rem Aman

Rem merupakan salah satu komponen penting lainnya dalam mobil karena memiliki fungsi untuk membuat kendaraan berhenti. Kalian harus mengganti kampas rem jika kondisinya sudah menipis demi keamanan berkendara.


11. Bawa kunci dan peralatan penunjang

Kunci dan peralatan lain penting ada dalam kendaraan yang hendak dikendarai saat mudik Lebaran. keberadaannya membuat kalian dapat melakukan pekerjaan ringan yang mungkin dilakukan saat terjadi masalah terhadap mobil yang dikendarai. Kunci pas, kunci ring, kunci busi, tang, dan dongkrak adalah contoh peralatan yang perlu ada dalam kendaraan yang digunakan saat pulang ke kampung halaman.

Baca juga: 5 Tip Mencegah Mabuk di Bus saat Mudik Lebaran 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi HP Terbaik di Kelas Rp5 Jutaan untuk Lebaran 2024

BERIKUTNYA

5 Fakta Flu Singapura yang Bikin Cemas para Orang Tua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: