Ilustrasi bermain gim (Sumber gambar: Unsplah/Onur Binay)

Daftar Gim Religi yang Cocok Buat Ngabuburit Saat Ramadan

28 March 2024   |   17:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bermain gim bernuansa religi bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengisi waktu ngabuburit saat Ramadan. Selain untuk hiburan sembari menanti buka puasa, gim religi juga membawa nilai-nilai penting tentang agama yang patut dijadikan pelajaran.

Dengan demikian, selain mendatangkan keseruan, bermain gim kini juga bermanfaat karena bisa sekaligus menambah wawasan ajaran agama. Tentu ini jadi opsi yang menarik untuk menghabiskan waktu saat Ramadan.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menentukan Arah Kiblat Tanpa Aplikasi Tambahan

Saat ini sudah ada banyak gim religi yang dirilis di Google Play maupun App Store. Berikut adalah beberapa rekomendasi gim bertema religi yang seru dan cocok dimainkan saat ngabuburit.


1. Marbel Pendidikan Agama Islam

Marbel Pendidikan Agama Islam merupakan gim yang dibuat oleh studio lokal bernama Educa Studio. Gim yang bisa menjadi opsi bermain sembari belajar agama Islam ini diperuntukkan untuk anak usia 4 tahun hingga 8 tahun.

Gim ini akan mengajak anak-anak memahami nilai-nilai dan ajaran-ajaran dasar agama yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Nantinya, anak-anak akan terlebih dahulu mempelajari materi dengan visual yang asyik.

Kemudian, gim ini akan mengajak berpetualang sambil memainkan berbagai gim edukatif yang menarik, seperti uji pemahaman melalui puzzle tugas malaikat, quiz hijaiyah, puzzle kalender Islam, dan masih banyak lagi. Genhype bisa mengunduhnya di Google Play.
 

a

Marbel Pendidikan Agama Islam (Sumber gambar: Educa Studio)


2. Muslim 3D

Muslim 3D adalah gim yang dibuat oleh Bigitec Studio. Game yang dulunya bernama Mekah 3D ini telah mendesain ulang permainan dan visualnya sehingga konten-konten yang tersaji di dalamnya pun akan lebih apik.

Muslim 3D adalah gim yang memungkinkan penggunanya untuk berjalan-jalan dan mengunjungi lokasi-lokasi penting keagamaan. Ini semacam museum virtual. Gamer pun akan dipandu ketika berkunjung ke lokasi tertentu sehingga bisa sekalian belajar tentang tempat tersebut. Genhype bisa mengunduhnya di Google Play.


3. Cerdas Cermat Islami

Cerdas Cermat Islami adalah gim yang diproduksi oleh Solite Kids. Di Google Play, gim ini telah diunduh lebih dari 500.000 kali. Seperti judulnya, gim ini berformat cerdas cermat yang berisi kumpulan soal agama Islam.

Namun, gim ini dikhususkan untuk anak-anak yang sudah berada di usia sekolah atau madrasah. Dengan aplikasi ini, gamer dapat berlatir mengerjakan soal agama tetapi dengan pola permainan interaktif yang menarik sehingga proses belajar bisa lebih menyenangkan. Genhype bisa mengunduhnya di Google Play.


4. Muslim Millionaire

Muslim Millionaire merupakan gim yang dikembangkan oleh LABKOMIF UIN Bandung dan telah diunduh lebih dari 100.000 kali. Gim ini mengambil DNA permainan dari acara kuis ternama Who Wants to Be a Millionaire.

Game ini terdiri dari lima level. Level pertama hingga ketiga masing-masing memiliki 15 pertanyaan. Jika berhasil diselesaikan, pemain akan berada di level extreme yang terdiri dari 100 pertanyaan. Lalu, setelahnya ada level 2 extreme yang terdiri dari 150 pertanyaan.

Gim ini cocok untuk ngabuburit saat Ramadan. Selain seru, pemain juga bisa menambah pengetahuan soal agamanya. Genhype bisa mengunduhnya di Google Play.
 

Ilustrasi bermain gim (Sumber gambar: Unsplash/ Onur Binay)

Ilustrasi bermain gim (Sumber gambar: Unsplash/ Onur Binay)


5. Game Tajwid Petualangan

Game Tajwid Petualangan adalah gim yang dikembangkan oleh Sabr Indonesia dan telah diunduh lebih dari 10.000 kali. Game ini memadukan unsur islami, khususnya dalam belajar tajwid (ilmu tata cara membaca Al-Quran). Dengan adanya game ini, pemain bisa menemukan alternatif media untuk mendalami tata cara membaca Al-Quran secara lebih seru.

Cara memainkannya pun sangat mudah. Bacalah petunjuk permainan dan selesaikan misi yang diberikan untuk lanjut ke level selanjutnya. Genhype bisa mengunduhnya di Google Play.

Baca juga: Penuh Tantangan, Cek 3 Game Populer dengan Mekanisme Tersulit

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Museum Grammy Akan Gelar Pameran Pop-Up K-Pop Pertama Tentang ATEEZ & Xikers

BERIKUTNYA

Catat, Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film Akan Tayang di Netflix pada 29 Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: