Potret Beberapa Orang Melaksanakan Ibadah Sholat (Sumber foto: unsplash.com/@davidmonje)

4 Cara Mudah Menentukan Arah Kiblat Tanpa Aplikasi Tambahan

12 March 2024   |   21:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebagai seorang Muslim yang sedang bepergian, melaksanakan ibadah salat tetap harus menjadi sebuah prioritas. Terkadang beberapa tempat sudah menunjukan arah kiblat untuk mempermudah pengunjungnya dalam beribadah. Namun dalam keadaan dan lokasi tertentu, bisa jadi tidak ada tanda arah yang jelas. 

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat beberapa aplikasi seperti Muslim Pro, yang punya fitur untuk mencari arah kiblat. Dengan mencocokkan lokasi Ka'bah dengan lokasi sang pengguna melalui teknologi Global Positioning System, Muslim Pro dapat memandu para pengggunanya untuk mencari arah kiblat yang benar. 

Baca juga: Simak Aturan Minum Air Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa

Namun, jika dalam keadaan darurat dan secara kebetulan belum mengunduh aplikasi seperti Muslim Pro, menemukan arah kiblat bisa jadi tantangan tersendiri. Dalam kondisi seperti itu, Genhype tak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menentukan arah kiblat. 

Seperti apa? Berikut adalah cara-cara untuk menentukan arah kiblat tanpa perlu instal aplikasi tambahan. 
 

1. Aplikasi kompas bawaan

Solusi pertama ini sangat berguna ketika smartphone berada dalam situasi di mana tidak dapat menerima sinyal internet. Hal ini menjadi mungkin berkat fitur giroskop yang terdapat di smartphone modern. 

Untuk mengimplementasikan solusi ini, langkah pertama adalah membuka aplikasi bawaan yang ada pada perangkat smartphone. Selanjutnya, letakkan perangkat tersebut di permukaan yang rata dan bebas dari elevasi, seperti meletakkannya di atas lantai.

Setelah itu, arahkan smartphone ke arah 295,15° derajat Barat Laut. Angka tersebut menunjukkan Sudut Kiblat dari daerah Jabodetabek menurut Kible Bulma. 
 

2. Google Maps

Selain mengandalkan aplikasi Kompas bawaan smartphone, kalian dapat menggunakan Google Maps untuk mencari arah kiblat dengan cara berikut: 
  1. Buka browser dan ketik google.com/maps pada kolom pencarian. 
  2. Setelah website telah dimuat, cari "Ka'bah, Mekah Arab Saudi” di kolom pencarian Google Maps.
  3. Klik Tombol “Enter”.
  4. Pastikan lokasi Anda dan Ka'bah sama-sama berada di bawah tanda penunjuk.
 

3. Qibla Finder by Google

Google menyediakan laman khusus untuk mencari arah kiblat, yang dinamakan Qibla Finder. Cara menggunakan laman ini juga sangat mudah. Berikut langkah-langkah untuk mencari arah kiblat menggunakan tools tersebut. 
  1. Buka halaman Qibla Finder dengan mengunjungi URL https://qiblafinder.withgoogle.com/. 
  2. Izinkan halaman ini untuk mengakses kamera dan lokasi terkini pada perangkat.
  3. Jika lokasinya tidak akurat, masukkan alamat atau kota Anda secara manual di kotak pencarian dan klik "Cari".
  4. Setelah kamera sudah aktif, arahkan kamera ke ikon Ka'bah hingga ikon tersebut mengkonfirmasi bahwa smartphone kalian sudah mengarah ke Kiblat. 


4. Al-Habib Qibla Pointer

Selain Google, Al-Habib juga menawarkan website untuk mencari arah Kiblat tanpa harus mengunduh aplikasi. Simak cara penggunaannya: 
  1. Buka browser dan kunjungi situs web Penunjuk Kiblat Al-Habib di link   https://www.al-habib.info/qibla-pointer/interactive-qibla-pointer-map.htm
  2. Setelah itu, website ini akan secara otomatis mendeteksi lokasi Anda menggunakan alamat IP. Jika lokasinya tidak akurat, masukkan alamat atau kota secara manual di kotak pencarian dan klik "Cari".
  3. Setelah lokasi terdeteksi, alat tersebut akan menampilkan arah kiblat dalam derajat, serta peta yang menunjukkan arahnya.
  4. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan peta untuk menunjukkan arah kiblat sehubungan dengan lokasi saat ini, atau beralih ke tampilan kompas untuk melihat arah kiblat dengan cara yang lebih tradisional.
Baca juga: Ide Ngabuburit Seru Untuk Bulan Puasa, Dijamin Tak Membosankan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ada Pembatasan Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri, Cek Daftar Lengkapnya

BERIKUTNYA

Fakta-fakta Jerawat Hormonal & Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: