BMW i5 eDrive40 M Sport, kendaraan sedan full listrik BMW Seri 5 meluncur di pasar Indonesia (Sumber gambar: BMW Group Indonesia)

Cek Spesifikasi & Harga BMW i5 eDrive40 M Sport di Indonesia

27 March 2024   |   07:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

BMW Group Indonesia meluncurkan BMW Seri 5 dalam varian mesin full listrik, yakni BMW i5 eDrive40 M Sport. Kendaraan jenis sedan yang diklaim lebih dinamis dan ramah lingkungan ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan berteknologi tinggi.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan bahwa perusahaan memutuskan meluncurkan BMW i5 eDrive40 M Sport setelah melihat animo masyarakat terhadap kendaraan full listrik BMW i4, iX, dan i7 pada tahun lalu.

“Kami telah memperkenalkan dua model listrik baru pada kuartal pertama. Oleh karena itu, hari ini kami dengan bangga meluncurkan BMW i5 eDrive40 M Sport yang menawarkan pengalaman berkendara unik - dinamis, nyaman, dan sepenuhnya elektrik, meningkatkan keunggulan berkendara khas BMW ke tingkat yang baru,” katanya dalam siaran pers, Rabu (27/3). 

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Xiomi SU7 yang Mejeng di MWC Barcelona 2024

Dia menambahkan, peluncuran kendaraan full-listrik ini juga menjadi penanda bahwa perusahaan memasuki 2024 dengan kecepatan penuh untuk memenuhi dan melampaui kebutuhan masyarakat, terutama terkait kendaraan tanpa bahan bakar bensin.

BMW i5 eDrive40 M Sport menjadi kendaraan yang memiliki mesin penggerak full-listrik untuk yang pertama kali di antara seri 5 lainnya. Perusahaan menyematkan teknologi BMW eDrive generasi kelima yang ditingkatkan secara ekstensif. Kendaraan ini juga memiliki ukuran yang lebih besar, dengan panjang 5.060 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.515 mm.

Tidak hanya itu, tim BMW juga memperpanjang jarak sumbu roda dalam kendaraan itu menjadi 2.995 mm. Dari tampak depan, kendaraan ini memiliki lampu depan kembar dan BMW kidnye grille dengan elemen LED yang disusun hampir vertikal yang berfungsi sebagai lampu sein dan lampu berkendara pada siang.

Sementara itu, grille yang tersemat dibuat menonjol jauh ke depan dan BMW Iconic Glow yang dapat menyala seperti di BMW i7 juga dihadirkan sebagai standar dalam BMW i5.

Dari tampak samping, perusahaan menyematkan dua garis karakter yang dibuat sangat presisi membentuk bodi kendaraan menjadi atletis. Side skirt berwarna hitam, door handle yang dipasang rata, dan angka 5 timbul di dasar pilar C.

Tim BMW juga membuat lampu belakang datar yang dipisahkan oleh strip krom yang menjadi ciri khas lampu BMW L-shape. Velg 20 inci M aerodynamic wheels 939 M Bicolour Black Grey serta M Sport brake dalam warna Dark Blue Metallic juga hadir sebagai standar kendaraan ini.
 

BMW (Sumber gambar: BMW)

BMW i5 eDrive40 M (Sumber gambar: BMW)

Di dalam kabin, perusahaan mengeklaim menggunakan material berkualitas tinggi untuk desain kabin yang modern, fungsional, serta luas.

Kokpit BMW i5 juga disebut memiliki jumlah tombol yang berkurang secara signifikan dibandingkan model pendahulunya setelah perusahaan berhasil menambah fungsi digital. Tidak hanya itu, panel instrumen yang baru didesain – dengan ventilasi udara ramping dan bilah lampu ambiance disertakan sebagai standar di bagian bawahnya – juga hadir dalam kendaraan ini.

BMW i5 ini juga memiliki BMW Curved Display dengan ukuran yang luas, yakni 12.3-inci information display dan 14.9-inci control display. Kemudian, BWM Operating System 8.5 juga tersemat dalam digitalisasi kendaraan ini.

Dari sisi dapur pacu, motor listrik BMW i5 eDrive40 M Sport yang tersemat menggerakkan roda belakang dan menghasilkan output maksimum 340 hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control.

BMW i5 eDrive40 M Sport juga bisa berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 6,0 detik. Untuk menunjang kinerja motor listrik, perusahaan membekali baterai tegangan tinggi yang terletak di bawah bodi mobil dengan kapasitas 81,2 kWh.

Kendaraan ini juga memiliki teknologi pemulihan adaptif dan kombinasi teknologi pompa panas guna memanaskan dan mendinginkan bagian dalam mobil, penggerak, serta baterai. Perusahaan mengeklaim mobil anyarnya itu mampu menempuh jarak hingga 582 kilometer dan dapat ditingkatkan hingga 25 persen dengan fitur max range yang telah tersemat.

Fitur itu dapat membuat kendaraan memiliki daya jelajah lebih jauh lantaran membatasi daya, kecepatan, serta mematikan sementara fungsi kenyamanan. Baterai yang tersemat di dalam mobil ini juga dapat terisi dari 10 sampai 80 persen dalam 30 menit.

Kemudian, fitur lain yang terdapat dalam BMW i5 eDrive40 M Sport juga beragam, seperti kombinasi Active Cruise Control dengan fungsi Stop & Go dan Steering and Lane Control Assistant yang dapat memberikan pengalaman mengemudi otomatis.

Lalu, Automatic Speed Limit Assist, fungsi pemantauan rute, pengenalan lampu lalu lintas, dan Active Navigation juga terpasang di kendaraan ini. Selain itu, Parking Assistant Professional, termasuk Reversing Assist, juga disematkan pada mobil ini.

Pengemudi dapat mengontrol parkir otomatis dan manuver hingga 200 meter dari dalam kendaraan. Sistem yang ada dalam kendaraan akan secara otomatis melakukan semua tugas, seperti mengendalikan pedal gas, rem, kemudi, dan ganti gigi untuk bergerak maju atau mundur jika rute manuver telah tersimpan.

Perusahaan baru akan mengumumkan harga BMW i5 eDrive40 M Sport secara resmi pada peluncuran bagi pelanggan dan akan tersedia di seluruh dealer resmi mulai April 2024.

Baca juga: Intip Spesifikasi VinFast VF5, Mobil Listrik Setir Kanan Pertama dari Vietnam

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Rumy Alqahtani, Perwakilan Miss Universe Pertama dari Arab Saudi

BERIKUTNYA

5 Tip Mencegah Mabuk di Bus saat Mudik Lebaran 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: