Jokowi membubuhkan tanda tangan di mobil listrik VinFast VF5. (Sumber gambar : VinFast)

Intip Spesifikasi VinFast VF5, Mobil Listrik Setir Kanan Pertama dari Vietnam

16 February 2024   |   16:15 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah perusahaan otomatif memarkan kendaraan listrik terbarunya pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Salah satu yang tak mau ketinggalan yakni VinFast Auto, merek mobil asal Vietnam. Pertama kalinya VinFast Auto meluncurkan rangkaian kendaraan listrik kemudi kanan pertamanya di Indonesia.

Diketahui, Vietnam menjadi salah satu negara di ASEAN yang menerapkan mode setir kiri. Pada gelaran IIMS 2024, VinFast menampilkan mobil listrik dari segmen A-SUV hingga E-SUV yakni model VF 5, VF e34, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9. Mengusung tema Living Unbound, jenama ini ingin mengajak konsumen Indonesia menjadi bagian mendukung transportasi yang lebih modern, hijau, dan berkelanjutan.

Baca juga: Mejeng di IIMS 2024, Chery Tambah Kuota 'Diskon' Mobil Listrik Omoda E5

Indonesia merupakan negara pertama bagi VinFast dalam memperkenalkan kendaraan listrik kemudi kanan. Model VF 5, VF e34, VF 6, dan VF 7 yang merupakan bagian dari segmen A hingga C, menjadi model kendaraan listrik pertama yang diluncurkan VinFast di Indonesia.

Tran Quoc Huy, CEO VinFast Indonesia mengatakan produk buatannya memiliki desain yang modern dan berjiwa muda, terintegrasi dengan teknologi canggih untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen. VinFast juga menawarkan kebijakan penjualan dan purna jual yang fleksibel, agar transportasi hijau dan berkelanjutan dapat lebih mudah diakses oleh seluruh pelanggan.

“Kami hadir untuk memberdayakan konsumen Indonesia dengan beragam pilihan untuk mobilitas yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujarnya saat peluncuran di IIMS 2024, Kamis (15/2/2024). 
 

Mobil listrik VinFast VF e34. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

Mobil listrik VinFast VF e34. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)


Untuk memastikan pengisian daya yang nyaman dan terjangkau, VinFast katanya akan bermitra dengan pemasok lokal untuk membangun jaringan stasiun pengisian daya nasional. “Kami ingin menjadi momentum transisi bagi Indonesia menuju energi yang ramah lingkungan,” tambahnya.

VinFast sebelumnya mengumumkan pembangunan pabrik manufaktur kendaraan listrik lokal di Indonesia dengan proyeksi kapasitas 50.000 mobil per tahun. Saat beroperasi, pabrik tersebut juga akan menjadi penghubung utama dalam rantai pasokan kendaraan listrik global VinFast.

Adapun pada peluncuran jajaran mobil listrik VinFast, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani salah satu produk otomotif buatan Vietnam itu, yakni model VF 5. Buat penggemar otomotif, berikut spesifikasi mobil listrik VinFast VF5 yang meluncur di Indonesia dan ditandatangani Presiden Joko Widodo.


Spesifikasi VF5

 

Peluncuran VinFast VF5. (Sumber gambar : VinFast)

Peluncuran VinFast VF5. (Sumber gambar : VinFast)

Bersaing dengan Wuling Air EV, VinFast VF5 memiliki tenaga maksimum 134 Hp dan torsi 135 Nm. Tenaga ini didorong baterai Lithium-ion berkapasitas 37,23 kWh. 

VinFast VF5 memiliki dimensi panjang 3.965 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.580 mm, dan jarak sumbu roda 2.513 mm. Untuk rodanya, menggunakan pelek 17 inci alloy dengan ukuran ban depan 205/50 R17 dan belakang Radial. Mobil dengan penggerak roda depan ini berkapasitas 5 penumpang. 

City car ini memiliki fitur keselamatan seperti Curtain Airbags, ISOFIX Child Seat Mounts, Front Parking Sensors, Rear Parking Sensors, Emergency Stop Signal, Hill-Start Assist Control, Electric Parking Brake. Kemudian, Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), Blind Spot monitor, Lane Departure Warning System, Rear Cross Traffic Alert dan Speed Sensing Door Locks.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

14 Hari di Bioskop, Film Agak Laen Tembus 5 Juta Penonton

BERIKUTNYA

MG Maxus 9 dan MG ES EV, 2 Kendaraan Listrik Paling Baru dari MG di IIMS 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: