Mudik dengan bus kerap menjadi pilihan masyarakat (Sumber gambar: pexels/ Andrea Piacquadio)

5 Tip Mencegah Mabuk di Bus saat Mudik Lebaran 2024

27 March 2024   |   09:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi rutinitas setiap Ramadan yang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun, mabuk kendaraan kerap membuatnya menjadi tantangan, sehingga Genhype perlu melakukan beberapa langkah. Salah satu di antaranya adalah tidak makan berlebihan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, otak merasakan gerak tubuh melalui jalur yang berbeda dari sistem saraf termasuk telinga bagian dalam, mata, dan jaringan permukaan tubuh. Ketika tubuh digerakkan dengan sengaja, misalnya saat berjalan, input dari semua jalur dikoordinasikan oleh otak. 

Penyebab mabuk saat perjalanan adalah sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Saat berada dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh pasti sedang duduk atau diam di tempat, tetapi mata dan telinga melihat ke sekitar selama perjalanan.

Kondisi itu yang bernama motion sickness, yakni penglihatan dan pendengaran mengalami pergerakan, tetapi tubuh cuma diam. Tubuh yang tidak terbiasa dengan kondisi ini akan membuat otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh. 

Baca juga: Mau Mudik Dengan Kendaraan Pribadi? Perhatikan Persiapan Ini

Bagian otak yang bernama thalamus akan mencari informasi apa yang salah dari badan. Kesimpulan yang dimiliki oleh otak biasanya adalah tubuh keracunan, sehingga organ yang ada di bagian kepala itu akan bereaksi untuk mengeluarkan racun di tubuh dengan cara memuntahkannya atau setidaknya mengirim reaksi mual dan pusing.

Genhype yang kerap mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness perlu melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman. Dengan persiapan, kalian dapat terhindar dari mabuk perjalanan sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, apalagi menggunakan transportasi umum seperti bus.

Buat kalian yang akan mudik, berikut beberapa tip untuk mencegah mabuk di bus saat mudik Lebaran 2024. 
 

1. Atur posisi duduk

Langkah pertama agar kalian tidak mengalami mabuk perjalanan adalah dengan mengatur posisi duduk pada saat berada di dalam bus. Genhype harus menemukan keadaan duduk yang nyaman untuk menempuh perjalanan. Contoh posisi itu adalah berada dekat dengan jendela dan menghadap ke arah depan kendaraan atau searah dengan pergerakkan bus. 
 

2. Jangan makan terlalu banyak & bawa aromaterapi

Kalian juga perlu menghindari makan terlalu banyak, sehingga membuat perut terasa kekenyangan sebelum bepergian. Konsumsi makanan yang berlebih dan guncangan dari kendaraan dapat menyebabkan mual dan pusing.

Selain itu, Genhype bisa membawa aromaterapi atau minyak angin untuk mengatasi mabuk perjalanan karena dapat mengurangi rasa mual. Kalian bisa menghirup aromaterapi dengan wangi rempah, lavender, atau yang lainnya sesuai dengan selera.  
 

3. Stop baca buku & main gawai pintar

Langkah lain yang sebaiknya tidak Genhype lakukan ketika dalam perjalanan mudik adalah tidak membaca buku atau bermain gawai pintar agar tidak mengalami mabuk perjalanan. Kedua kegiatan itu bisa menjadi penyebab tidak selarasnya antara telinga dan mata.

Dengan begitu, kalian akan merasa mual atau pusing ketika mata fokus terhadap satu titik dan tubuh berupaya menyeimbangkan posisi akibat guncangan yang terjadi dalam perjalanan ke kampung halaman. 
 

4. Bawa makanan ringan atau permen

Makanan ringan atau permen juga dapat menjadi solusi kalian untuk mengatasi mabuk perjalanan ketika mudik ke kampung halaman untuk merayakan kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan. Konsumsi makanan ringan atau permen dapat meminimalkan terjadinya rasa pusing dan mual saat dalam perjalanan. 
 

5. Minum obat mabuk perjalanan

Kalian dapat mengonsumsi obat mabuk perjalanan agar tidak mengalaminya pada saat melakukan perjalanan ke kampung halaman. Konsumsi obat ini bisa dilakukan sebelum atau setelah gejala muncul.

Dokter biasanya akan meresepkan domperidone, metolopramide, atau ondansetron untuk mencegah mabuk perjalanan. Namun, kalian perlu mengingat biasanya obat ini dapat membuat kantuk.

Baca juga: Ini Perbedaan SPLU, SPKLU & SPBKLU, Yuk Cek Lokasinya Sebelum Mudik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi & Harga BMW i5 eDrive40 M Sport di Indonesia

BERIKUTNYA

Daftar Lokasi SPKLU di Jalan Tol Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: