Pantai Menganti Kebumen (Sumber: unsplash.com/@utsmanmedia)

5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Lintas Jalur Mudik Selatan Jawa

16 March 2024   |   10:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebagai persiapan menyambut Lebaran, tradisi pulang kampung menjadi hal yang dinantikan dan bahkan wajib untuk mayoritas umat Muslim. Tentunya perjalanan menuju rumah orang tua dan kerabat di desa menjadi sebuah perjuangan tersendiri menerjang derasnya arus lalu lintas. 

Terdapat beberapa rute arus mudik yang membentang di sepanjang Pulau Jawa, mulai dari Tol Trans Jawa, Jalur Pantura, dan Lintas Pansela alias Pantai Selatan Jawa yang mulai dilirik lagi sebagai jalur mudik nontol. Jalur mudik Pansela jika ditempuh dari Jakarta dapat melalui Bandung, Cileunyi, Nagrek, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Yogyakarta, Pacitan, Tulungagung, Jember hingga tembus ke Banyuwangi. 

Baca juga: 5 Desa Wisata di Bandung Cocok Buat Healing, Ada Alamendah dan Sugihmukti

Jalur mudik Selatan Jawa menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan jalur lainnya. Mulai dari biaya tol lebih hemat, pemandangan yang indah dengan sebagian besar berupa lanskap pantai, dan waktu tempuh bisa lebih efisien karena arus lalu lintas yang tidak terlalu padat dibandingkan dengan Pantura. Potensi kepadatan biasanya akan terjadi di beberapa titik, mulai dari Cileunyi, kawasan Nagrek Garut, dan kawasan Gentong Tasik.

SelaIn dari itu, tentu saja nilai utama dari jalur mudik Selatan Jawa adalah pilihan berbagai destinasi wisata yang tersedia selama perjalanan melalui rute ini, yang tentunya dapat melawan jenuh dan rasa bosan yang tercipta dari perjalanan mudik yang jauh. 

Mulai dari pantai, bangunan bersejarah, sampai taman nasional, berikut adalah  5 rekomendasi destinasi wisata yang tersedia di jalur mudik Selatan Jawa.
 

1. Benteng Van Der Wijck

Terletak di Gombong, sekitar 19 km dari pusat Kota Kebumen, Jawa Tengah, Benteng Van Der Wijck adalah salah satu bangunan peninggalan legendaris di Indonesia. Benteng ini dibangun pada masa perang Pangeran Diponegoro (1825-1830), dinamakan dari Gubernur-Jenderal Hindia Belanda, Jonkheer Carel Herman Aart van der Wijck. 

Benteng ini memiliki keunikan dari segi arsitekturnya, berbentuk segi delapan atau heksagonal dan terbentuk dari batu bata. Dulu digunakan sebagai lokasi pelatihan PETA, benteng ini disulap menjadi destinasi wisata bersejarah. Di sini Genhype dapat berfoto, mempelajari sejarah dan menikmati berbagai wahana yang ditawarkan dekat benteng ini. 

Untuk memasuki benteng ini, Genhype perlu membeli tiket seharga Rp25.000 dan buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.
 

2. Pantai Menganti Kebumen

Masih dekat dengan Gombong, Pantai Menganti di Kebumen menawarkan panorama seperti di negara-negara Eropa, karena dikelilingi oleh tebing-tebing masif. Destinasi ini cocok untuk Genhype yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah.

Selain bersantai, pengunjung juga dapat mengabadikan foto, dan berenang atau bermain pasir. Secara keseluruhan, Pantai Menganti Kebumen sangat cocok untuk dikunjungi keluarga.
 

3. Taman Nasional Alas Purwo

Destinasi ini akan cocok untuk Genhype yang suka berpetualang di alam. Taman Nasional Alas Purwo, berlokasi di Banyuwangi, Indonesia, adalah destinasi menawan yang terkenal dengan pantai-pantai indah, serta situs keagamaan seperti Candi Purwo dan Gua Istana. 

Taman Nasional ini menawarkan pengalaman unik, dengan suasana hutan hujan lebat dan kesempatan untuk mengamati satwa liar endemik seperti burung Murai Jawa dan Elang. Selain itu, pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti  berselancar di Pantai Plengkung, dan menjelajahi gua serta Candi Purwo. 
 

4. Candi Prambanan

Identik sebagai salah satu destinasi wajib dikunjungi di Jawa Tengah, Candi Prambanan, adalah situs Warisan Dunia UNESCO yang berlokasi di antara Klaten Jawa Tengah dan Sleman Yogyakarta, Indonesia. Destinasi ini adalah kompleks candi Hindu yang terdiri dari 240 candi yang dibangun pada abad ke-8. 

Selain mengeksplorasi dan mempelajari sejarah dari kompleks candi, Genhype juga dapat menyaksikan pertunjukan budaya, menghadiri pertunjukan tari tradisional, berbelanja, serta menikmati indahnya lingkungan sekitar. 
 

5. Pantai Tanjung Papuma

Terkenal dengan pemandangan menakjubkan dan suasananya yang tenteram, Tanjung Papuma, yang terletak di Jember, Jawa Timur, merupakan kawasan pesisir indah yang harus dikunjungi selain Pantai Menganti. 

Baca juga: Rekomendasi Wisata Air Terjun Favorit di Indonesia, Ada Madakaripura dan Situmurun

Di pantai ini Genhype dapat menikmati aktivitas yang beragam mulai dari berkemah, memancing, dan menjelajahi pantai yang indah. Untuk menjelajahi pantai ini, akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp15.000 per orang. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tengok Kondisi 3 Sirkuit Legendaris Balapan F1 yang Tak Lagi Jadi Tuan Rumah

BERIKUTNYA

Promotor Musik Ungkap Cara Negosiasi Artis dan Endus Pasar Menguntungkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: