Tepung terigu merupakan salah satu bahan membuat kue kering (Sumber gambar: pexel/ Markus Spiske)

Cara Menyangrai Tepung Terigu Agar Kue Kering Renyah & Tahan Lama

24 March 2024   |   16:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu kegiatan yang kerap menjadi kebiasaan pada Ramadan adalah membuat kue lebaran, seperti nastar, kastengel, kue salju, dan sebagainya. Salah satu bahan yang kerap ada dalam pembuatannya adalah tepung terigu. Agar kue dapat renyah dan tahan lama, kalian dapat menyangrainya.

Tepung terigu adalah salah satu bahan makanan yang terbuat dari gandum. Bahan makanan ini memiliki karakteristik seperti  berwarna putih, dalam bentuk bubuk, dan memiliki tekstur yang sangat halus.

Bahan makanan yang satu ini juga mengandung berbagai macam gizi, yakni karbohidrat, protein, lemak, dan energi. Pada saat ini, banyak orang memanfaatkan tepung terigu untuk membuat berbagai macam makanan. Salah satu di antaranya adalah kue kering lebaran.

Baca juga: 3 Kreasi Menu dari Edamame & Tepung Sagu, Yuk Coba Resepnya untuk Sajian Buka Puasa!

Dengan tepung terigu dan bahan dasar lainnya, Genhype bisa membuat banyak kue kering seperti nastar, kastengel, kue salju, dan sebagainya. Sebelum mengolah tepung terigu bersama dengan bahan lainnya untuk menjadi kue atau makanan, Genhype perlu menyangrainya terlebih dahulu.

Langkah kalian menyangrai tepung terigu sebelum diolah dengan bahan lainnya dapat membuat kue menjadi renyah dan tahan lama lantaran kelembapan tepung akan berkurang ketika disangrai. Selain itu, kadar air dalam tepung juga dapat berkurang saat kalian menyangrainya sehingga tidak mudah menggumpal ketika diolah.

Cara menyangrai tepung bukan sesuatu yang sulit dan juga tidak memakan waktu. Jadi, tidak ada salahnya jika Genhype melakukannya terlebih dahulu sebelum berkreasi membuat kue kering yang nikmat.

Pertama–tama, kalian perlu menyiapkan wajan yang kering untuk menyangrai tepung terigu yang akan digunakan membuat kue kering. Kemudian, tepung yang akan disangrai dan juga pandan jika Genhype ingin memberikan aroma tanaman itu saat kue kering matang.

Setelah itu, Genhype dapat meletakkan wajan kering di atas kompor dan masukkan tepungnya. Kalian dapat menyalakan api dan pastikan tidak terlalu besar. Genhype bisa menggunakan api kecil atau sedang agar kualitasnya tidak rusak. Namun, kelembapan tepung dapat tetap berkurang.

Langkah selanjutnya adalah Genhype perlu mengaduknya secara perlahan sampai rata agar tepung terigu kering dan kelembapannya berkurang. Biasanya, Genhype membutuhkan waktu sekitar 5 menit atau sampai warnanya sedikit mengalami perubahan menjadi kecokelatan.

Selain menggunakan wajan kering, kalian juga bisa menyangrai tepung terigu menggunakan oven atau microwace. Saat kalian memilih menggunakan oven, kalian perlu menyiapkan loyang yang kerap digunakan untuk memanggang kue.

Setelah itu, Genhype dapat menaburkan tepung yang ingin disangrai di atas loyang tersebut. Lalu, atur oven dengan suhu rendah, yakni sekitar 150 derajat celsius. Kalian juga jangan lupa untuk mengaduknya beberapa kali sampai warnya berubah menjadi kecokelatan.

Sementara itu, penggunaan microwave untuk menyangrai tepung terigu pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan penggunaan oven. Kalian dapat mengatur alat tersebut ke mode melumerkan. Kemudian, Genhype dapat memasukkan tepung dengan menggunakan wadah yang aman, dan tunggu sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Baca juga: 9 Cara Menyimpan Kue Kering Agar Tidak Melempem

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Hypereport: Deretan Film Lokal Pemenang Skenario Asli Terbaik Piala Citra

BERIKUTNYA

5 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: