Salah satu situs warisan dunia di Arab Saudi (sumber gambar: laman pariwisata Arab)

Cek 5 Situs Warisan Dunia di Arab Saudi Untuk Wisata Religi

09 March 2024   |   13:32 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Wisata religi menjadi salah satu segmen unik yang banyak diminati saat merayakan momen liburan, terutama pada momen-momen tertentu. Pasalnya, selain untuk melepas penat, wisata religi juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang berbagai kepercayaan di dunia. 

Bagi umat muslim, berkunjung ke Makkah dan Madinah, Arab Saudi tentu menjadi salah satu pilihan utama. Sebab, selain melakukan umrah, mereka juga bisa berkeliling ke Negeri Padang Pasir itu untuk melihat tradisi dan kearifan masyarakat lokal setempat.

Otoritas pariwisata Saudi mencatat, pada 2023, mereka telah menerima lebih dari 100 juta kunjungan wisatawan. Jumlah tersebut meningkat sebesar 156 persen dibandingkan 2019, ketika program Visit Saudi 2030 dicetuskan, khususnya untuk mendulang potensi ekonomi lewat wisata. 

Baca juga: 7 Wisata Religi di Aceh Ini Cocok untuk Dijadikan Destinasi Libur Lebaran

Kendati umrah masih menjadi pendorong utama bagi wisatawan, tapi sektor pariwisata rekreasi juga meningkat. Sebab, masyarakat Indonesia saat ini juga dapat mengajukan permohonan visa untuk umroh, liburan, transit, atau visa on arrival saat transit di negara tersebut.

Lantas, destinasi tujuan apa saja yang menjadi unggulan di Arab Saudi? Dihimpun dari sumber resmi, berikut daftar lima Situs Warisan Dunia UNESCO yang bisa didatangi saat berkunjung ke sana:


1. Uruq Bani Ma'arid

 

ahahah

Salah satu situs warisan dunia di Arab Saudi (sumber gambar: laman pariwisata Arab)
 

Uruq Bani Ma'arid merupakan cagar alam yang terletak di sepanjang tepi barat Ar-Rub al-Khali, atau sabana kosong di Arab Saudi. Gurun pasir seluas 12.000 hektare ini memiliki pandangan unik dengan beragam satwa liar seperti unta, rubah fennec, kucing pasir, hingga hyrax bebatuan yang dikenal sebagai hewan pengerat.

Menurut Arab News, kawasan ini juga menjadi habitat alami bagi kelangsungan hidup lebih dari 120 spesies flora dan fauna. Diresmikan pada September 2023 sebagai salah satu kawasan lindung di dunia, Uruq Bani Ma'arid sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bagi kalian yang menyukai kegiatan alam liar.


2. Hima Cultural Area 

Hima Cultural Area merupakan daerah pegunungan gersang di barat daya Arab Saudi. Kawasan ini dulunya merupakan salah satu rute karavan kuno semenanjung Arab yang memiliki peninggalan artefak-artefak kuno berukir di atas batu yang menggambarkan kebudayaan Arab di masa lampau.

Menurut UNESCO, kawasan ini juga kaya akan sumber daya arkeologi yang belum digali dalam bentuk piramida, pemakaman, sumur tua berusia ribuan tahun. Lokasi ini secara umum berada di jalur karavan gurun kuno dengan Bi'r Hima, sebuah sumur berusia 3000 tahun yang masih menghasilkan air.


3. Oasis Al-Ahsa

 

Salah satu situs warisan dunia di Arab Saudi (sumber gambar: laman pariwisata Arab)

Salah satu situs warisan dunia di Arab Saudi (sumber gambar: laman pariwisata Arab)

Berbanding terbalik dari destinasi sebelumnya yang didominasi padang gersang, Oasis Al-Ahsa merupakan kawasan dengan lanskap yang hijau. Kawasan ini terletak di Riyadh dan Dhaman yang dulunya merupakan rute  jalur perdagangan kuno para kabilah Arab.

Keunikan dari kawasan ini adalah menghadirkan pangkalan militer serta Istana Ibrahim yang berusia lebih dari 500 tahun. Tempat ini biasanya dikunjungi traveler lokal dan internasional yang ingin melihat danaunya yang jernih. Selain itu, Oasis Al-Ahsa juga dikenal sebagai sentra penghasil kurma terbaik di Arab.


4. Rock Art in the Ha'il Region

Merupakan lukisan purba yang menampilkan  bentuk-bentuk hewan enedni di Arab Saudi. Ya, lokasi ini merupakan salah satu jejak perjalanan nenek moyang bangsa Arab dalam berbagai bentuk petroglif dan prasasti yang tampak di atas bebatuan cadas.

Lukisan purba di Provinsi Ha'il adalah situs keempat di Arab Saudi yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Pada 2025, kawasan ini ditetapkan sebagai salah satu dari 24 situs baru yang terdaftar sebagai situs warisan dunia dengan keeksotisan tempatnya.


5. Hegra Archaeological Site

 

Salah satu situs warisan dunia di Arab Saudi (sumber gambar: laman pariwisata Arab)

Salah satu situs warisan dunia di Arab Saudi (sumber gambar: laman pariwisata Arab)

Situs Arkeologi Hegra adalah properti Warisan Dunia pertama yang dicatatkan di Arab Saudi. Kawasan konservasi ini merupakan salah situs terbesar dari peradaban Nabatean di selatan Petra, Yordania. Situs ini juga masih menampilkan bangunan fasad kuno yang dibuat pada abad ke-1 SM dengan bentuk yang khas. 

Baca juga: 7 Masjid yang Jadi Destinasi Wisata Religi Favorit di Indonesia

UNESCO menulis, situs ini juga masih menampilkan sekitar 50 prasasti dari periode pra-Nabataean dan beberapa gambar gua.Tak hanya itu, kawasan ini juga terdapat ratusan makam monumental, yang 94 di antaranya dihias dengan estetika seperti bangunan kuno.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tip Touch Up & Menentukan Undertone Buat Makeup, Cobain Yuk Genhype

BERIKUTNYA

4 Resep Sayur dan Sup yang Praktis Untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: