Faza Meonk, Mice Misrad, dan Kang Maman Suherman dalam konferensi pers peluncuran buku Proposal dari Rakyat di M Bloc Space, Sabtu (23/3/2024). (Sumber gambar: Himawan L Nugraha)

Penuh Humor dan Sentilan Sosial, Faza Meonk & Mice Misrad Luncurkan Komik Proposal dari Rakyat

23 March 2024   |   20:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Elemen kritik sosial dan sentilan politik masih terus dieksplorasi oleh Faza Meonk (kreator Si Juki) dalam buku terbarunya berjudul Proposal dari Rakyat. Namun, alih-alih mempertontonkannya secara gamblang, kali ini Faza meramunya dalam sebuah siasat yang unik.

Faza mengemasnya dari sudut pandang orang dalam, pihak yang seolah akan masuk ke dalam lingkar kekuasaan dengan memberikan proposal dari rakyat kepada si penguasa. Dalam menggarap komik anyarnya ini, dirinya juga menggandeng Mice Misrad (kreator Mice Cartoon).

Proposal dari Rakyat pun menjelma jadi sebuah bacaan yang asyik berkat gabungan dua komikus yang sama-sama nyablak dan jenaka. Si Juki dan Bang Mice akan menjadi dua aktor utama untuk menghidupkan berbagai fragmen cerita di dalamnya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Komik Dark Fantasy Penuh Misteri

 
Buku Proposal dari Rakyat (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)
Faza Meonk mengatakan Proposal dari Rakyat adalah sebuah komik yang ingin bercerita tentang dinamika kehidupan dan kritik-kritik sosial yang muncul saat presiden baru terpilih. Sebab, fenomena ini dipandang menjadi sebuah sorotan yang berbeda oleh Si Juki dan Bang Mice.

Sesaat setelah mendengar presiden baru terpilih, dua karakter tersebut punya ide untuk ikut memberikan sumbangsih. Mereka ingin memberikan solusi untuk kehidupan rakyat yang lebih baik dengan membuat proposal kepada presiden tersebut.

Lewat proposal itulah, Faza Meonk dan Mice Misrad bermain-main dengan karakter dan diksi-diksi menarik. Dua karakter ini tidak hanya dikreasikan oleh dua kreator berbeda, tetapi juga dari generasi yang berbeda yang membuat percakapan keduanya makin menarik.

Si Juki yang lebih membahas dinamika generasi muda, sedangkan Bang Mice justru punya cara berbeda dalam menghadapi situasinya. Kolaborasi sekaligus polemik akan jadi gairah yang unik sepanjang komik ini dibaca nantinya.

“Harapannya semoga buku ini bisa menghibur. Bagaimana pun kan kami ini komikus komedi. Kalau kemudian ini dibaca sebagai ada isinya, ya Alhamdulillah. Harapannya, yang baca juga enggak kita-kita doang, tetapi bisa sampai ke pejabat-pejabat atau yang di atas ikut membaca,” kata Faza Meonk dalam konferensi pers peluncuran buku Proposal dari Rakyat di M Bloc Space, Sabtu (23/3/2024).

Sementara itu, pegiat literasi Kang Maman Suherman mengatakan kartun atau komik punya lima fungsi. Seni gambar tidak bergerak ini adalah media hiburan, bercerita serta berekspresi, pendidikan, dan propaganda.

Biasanya sebuah bacaan hanya mampu menerapkan 4 fungsi. Namun, kali ini Kang Maman menganggap komik Proposal dari Rakyat tidak hanya memiliki empat fungsi, tetapi lima sekaligus yakni propaganda. Isi di dalamnya akan mempropaganda cara berpikir anak-anak zaman sekarang.
 

a

Faza Meonk, Mice Misrad, dan Kang Maman Suherman dalam konferensi pers peluncuran buku Proposal dari Rakyat di M Bloc Space, Sabtu (23/3/2024) (Sumber gambar: Himawan L Nugraha).


Sentilan 5 Tahunan Ala Faza Meonk

Faza menyebut tema-tema sentilan kritik sosial dan politik barang kali telah jadi agenda rutin keseniannya setiap lima tahun sekali. Pada 2014, dirinya mengemas karakter Si Juki dalam judul Berani Beda.

Ceritanya soal Si Juki yang ingin menjadi capres. Faza lalu memperpanjang kisah tersebut pada 2016 dengan menerbitkan buku Si Juki Berani Gagal. Pada 2019, dirinya menerbitkan kompilasi komik berjudul Saya Tidak Memilih, yang bercerita tentang bagaimana cara memilih pemimpin.

Pada 2024 ini, dirinya pun kembali menerbitkan buku yang berkaitan dengan sentilan politik. Namun, ketika menggarap edisi kali ini, ada sebuah kebosanan yang dirasa oleh Faza. Dia merasa Si Juki sebagai sebuah karakter sudah terlalu sering mengkritik.

Ide liarnya pun muncul. Alih-alih kembali tampil untuk mengkritik, kali ini Si Juki mencoba untuk masuk ke dalam gelanggang kekuasaan. Faza membayangkan kalau Si Juki ini ingin memberikan sebuah proposal demi kemajuan bangsa kepada presiden terpilih.

“Daripada kita di luar mulu, sekarang Si Juki mau ke dalem nih sekarang. Siapa tahu kecipratan,” terang Faza sembari tertawa.
 

Buku Proposal dari Rakyat (Sumber gambar: Himawan L Nugraha)

Buku Proposal dari Rakyat (Sumber gambar: Himawan L Nugraha)


Eksplorasinya kembali berlanjut. Dalam sebuah acara pop culture, Faza bertemu dengan Mice  Misrad. Begitu menceritakan idenya, Mice Misrad langsung tertarik. Akhirnya keduanya berkolaborasi untuk membuat buku ini.

Faza mengaku gembira akhirnya bisa menjalankan kolaborasi pertamanya dengan Mice. Sebab, diakui olehnya, Mice Misrad adalah salah satu idolanya dalam dunia komikus. Dia bahkan menyebut hidung dari Si Juki terinspirasi dari karakter Bang Mice.

Sementara itu, Mice Misrad mengatakan kalau proses kreatif bersama Faza berjalan mulus. Pembuatan buku ini bahkan kurang dari enam bulan. Kalau dihitung waktu efektif, bahkan hanya sekitar tiga bulan saja sampai akhirnya jadi.

Pada mulanya, buku ini akan diterbitkan sebelum Pemilu 2024. Namun, karena ada hal teknis yang di luar kendali, akhirnya buku ini baru terbit saat ini. Kendati demikian, ini tak akan mengurangi esensi cerita karena isinya ialah perihal proposal kepada presiden terpilih.

Komik ini akan tersebar di toko buku seluruh Indonesia pada April 2024. Diterbitkan oleh Bukune, Proposal dari Rakyat dibanderol dengan harga Rp88.000.

Baca Juga: 3 Komik Hiperrealis Karya Alex Ross yang Meredefinisi Superhero

Editor: M. Taufikul Basari
 

SEBELUMNYA

Cara Mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Saldo di Bawah Rp10 juta

BERIKUTNYA

5 Makanan Ini Kaya Magnesium yang Bermanfaat untuk Tubuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: