Buku komik The Hellbound (kiri) dan serial Hellbound (kanan). (Dok. Munhakdongne & Netflix Korea)

Komik Orisinal Hellbound akan Dijual di 11 Negara

25 November 2021   |   10:40 WIB

Tidak hanya menjadi salah satu serial terpopuler pada November, kini serial Hellbound mencetak kesuksesan baru dengan versi komik orisinalnya yang berjudul Hell akan segera dijual di 11 negara di Korea Selatan. Beberapa di antaranya berada di kawasan Asia, Amerika, dan Eropa.

Berdasarkan laporan Sports Chosun dan KBS World, Rabu (24/11), hak cipta versi komik orisinal berjudul sama dengan serial Hellbound, yang juga menjadi komik referensi dari serial tersebut, telah dijual ke 11 negara di antaranya Amerika Serikat, Jepang, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Hungaria, Taiwan, Thailand, Brazil, dan Rusia.

Saat ini, baru dua penerbit yang telah mendapatkan hak cipta dalam penjualan komik di luar Korea Selatan, yaitu Futabasha untuk penjualan versi terjemahan Jepang. Penerbit Futabasha dikenal sebagai salah satu penerbit asal Jepang yang berlokasi di Shinjuku, Tokyo, dan telah menerbitkan sejumlah komik seperti Crayon Shin-chan dan Old Boy.

Sementara itu, Dark Horse Comics akan memegang pembuatan dan penjualan komik versi terjemahan bahasa Inggris dengan spektrum penjualan di negara-negara yang berbicara bahasa Inggris. Perusahaan asal Amerika Serikat ini dikenal karena pernah memegang lisensi penerbitan komik seperti Alien dan Star Wars.

Sebagai konteks tambahan, laporan mengenai kemunculan versi terjemahan bahasa Inggris dari Hellbound telah resmi beredar pada April 2021. The Hollywood Reporter melaporkan bahwa terjemahan komik webtoon-nya sendiri akan hadir setelah komik volume pertamanya, The Hellbound, telah rilis secara publik.

Munhakdongne, penerbit resmi komik Hellbound di Korea Selatan mengumumkan, ketertarikan atas komik ini di pasar global telah terjadi sejak awal bahkan sebelum serial komik Hellbound tamat. Dengan persaingan ketat dalam penjualan di luar Korea Selatan, pihaknya menyebutkan ada biaya besar yang dikeluarkan untuk membeli hak cipta untuk penjualan tersebut.

Ini diperkuat dengan pernyataan sutradara Bong Joon-ho yang mengatakan bahwa novel grafis Hellbound memiliki tingkat intensitas detail gambar yang baik dan penggambaran karakter yang terasa nyata melalui kecemasan dan ketakutannya.

"Gaya menggambar Choi Gyu-seok yang tajam dan telaten sesuai dengan penggambaran fisik, ekspresi, dan kerutan dari masyarakat Korea modern. Ini mencapai tingkat jenius di mana kita bisa merasakan ketakutan dan kecemasan para karakter. Dunia ketakutan yang luar biasa yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata seperti 'jebakan Tuhan' atau omong kosong besar," jelasnya dalam laporan The Hollywood Reporter.

Diadaptasi dari komik webtoon, Hellbound merupakan serial orisinal garapan penulis naskah dan sutradara Yeon Sang-ho yang. Komik ini bercerita tentang teror sosok entitas raksasa yang menghajar dan melenyapkan manusia dengan cara dibakar hidup-hidup hingga tersisa abu dan tulang.

Bersamaan dengan teror ini, muncul kelompok religius bernama The New Truth yang diduga terkait dengan adanya fenomena aneh tersebut, sehingga sejumlah orang memilih untuk mulai menginvestigasi keterlibatannya dengan kelompok misterius tersebut.

Hingga hari ini, Kamis (25/11), Hellbound masih menempati urutan pertama jika melihat pantauan firma analitik streaming Flix Patrol.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Berbagi Lirik Lagu Favorit dari Spotify? Intip Caranya Yuk!

BERIKUTNYA

Titimangsa Foundation & Bakti Budaya Djarum Foundation Gelar Pementasan Menunggu di Banda Naira

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: