Karakter Lucifer (Sumber: dc.com/characters/lucifer)

3 Rekomendasi Komik Dark Fantasy Penuh Misteri

14 March 2024   |   15:57 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Komik sering dikaitkan dengan cerita superhero, umumnya bercerita tentang pertarungan epik dan penceritaan yang lebih ringan. Namun sebenarnya komik sebagai bentuk media, dapat membawa elemen dan genre lain, salah satunya adalah dark fantasy. Genre ini penuh dengan konsep-konsep misterius dan supranatural yang unik.

Menurut David Reed, seorang penulis fiksi ilmiah dan fantasi dari Texas yang telah memenangkan berbagai penghargaan, genre dark fantasy ditandai dengan aspek horor yang gelap, kasar, dan menciptakan dunia yang suram dan estetis. Namun berbeda dengan horor pada umumnya, menakut-nakuti pembaca bukan  tujuan utama penulisan genre fiksi ini. 

Baca juga:  3 Komik Hiperrealis Karya Alex Ross yang Meredefinisi Superhero

Saat membaca komik dengan genre ini, elemen dan adegan mengerikan akan menjadi hal yang biasa, karena akan terjalin dengan baik ke dalam plot dan pengembangan para karakter yang  terkadang relatable kepada pembacanya.

Selain itu, komik dark fantasy kerap memiliki fokus pada kondisi dan perjuangan para karakternya untuk  bahagia dan menjalani kehidupan yang memuaskan di dunia yang gelap. Penulis genre ini tidak takut mengangkat isu-isu kenyataan pahit & menyedihkan yang terkadang hadir di dunia nyata, sebagai komentar sosial.

Untuk mengetahui penulisan dark fantasy yang unik, berikut 3 Rekomendasi Komik Dark Fantasy Penuh Misteri.

1. The Unwritten

Dirilis oleh Vertigo Comics bagian dari DC, The Unwritten mengikuti cerita Tom Taylor, anak seorang penulis ternama Wilson Taylor yang terkenal dengan serial novel fantasinya  bertajuk “Tommy Taylor”. Serial buku ini terinspirasi oleh anaknya Tom, dan menjadi  novel fantasi anak-anak yang sangat sukses.  Namun pada puncak karirnya, Wilson tiba-tiba menghilang tanpa jejak, dan hal tersebut sangat menghantui Tom. 

Tom kerap bepergian untuk hadir di konvensi “Tomcon”, dimana para penggemar novel Tommy Taylor berkumpul dan terpesona seberapa mirip Tom dengan karakter yang didasarkan olehnya. Tentunya ini sedikit mengganggu harga dirinya, namun ia tetap terpaksa harus datang demi mendapatkan uang.

Namun para penggemar novel tersebut  menemukan ternyata catatan kehidupan Tom tidak lengkap, dan  berspekulasi bahwa dia diadopsi, atau dia sebenarnya penipu yang ingin mencuri uang dari mereka.

Informasi ini memicu amarah publik, namun menjadi lebih aneh lagi ketika beberapa penggemar yang lebih obsesif mulai percaya bahwa Tom sebenarnya adalah  Tommy Taylor yang menjadi nyata. 

Tom yang sedang kebingungan atas semua hal ini, tiba-tiba diserang oleh Count Ambrosio, karakter vampir jahat  dari novel Tommy Taylor yang tiba-tiba muncul ke dunia nyata. Untungnya dia diselamatkan oleh seorang wanita bernama Lizzie Hexam, yang mengklaim dirinya memiliki koneksi misterius dengan ayahnya. Dengan garis antara realita dan fiksi yang semakin kabur, Tom harus mencari tahu kebenaran jati dirinya serta keberadaan ayahnya.

2. Sandman

Dalam komik karya Neil Gaiman in,i terdapat sebuah keluarga bernama Endless, dan terdiri dari makhluk kosmik yang perwujudan fisik dari konsep-konsep manusiawi seperti kematian, mimpi, takdir, kematian, kehancuran, keinginan, putus asa, dan igauan.

Asal usul dan sifat sebenarnya dari setiap anggota keluarga ini memang tidak diketahui, namun banyak kejadian di cerita ini yang menjelaskan secara tersirat bahwa mereka sebenarnya menjalankan proses-proses alami. Sebagai contoh Death yang merepresentasikan kematian, membawa jiwa orang mati menjauh dari dunia orang hidup.

Sandman mengikuti kisah Dream alias Morpheus, yang merepresentasikan dan mengawasi alam mimpi dan imajinasi yang disebut "The Dreaming", serta bertugas mengatur semua mimpi dan inspirasi.

Seorang okultis yang ingin memiliki kehidupan abadi, mencoba  untuk menangkap Death, kakak perempuan Dream. Namun malah dirinya yang tertangkap, dan  setelah 70 tahun dipenjara  akhirnya  berhasil melarikan diri. 

Sayangnya semua senjata yang memberikan kekuatan dirinya hilang, sehingga ia harus berpetualang untuk kembali memperolehnya kembali. Selama perjalanannya, Dream bertemu berbagai karakter, termasuk Lucifer sang malaikat jatuh, dan John Constantine sang penyihir gila.

Dalam cerita komik ini, Dream akan melewati banyak tantangan,  dan perkembangan diri sendiri, dan membuatnya lebih paham terhadap perannya sebagai anggota Endless.

3. Lucifer 

Komik spin off dari Sandman dan dikarang oleh Neil Gaiman, Lucifer mengisahkan kisah malaikat yang jatuh dari surga. Lucifer Morningstar, yang awalnya bertugas mengelola neraka, merasa bosan dan ingin terbebaskan dengan tanggung jawabnya dan memilih untuk pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Disitu ia mendirikan bar piano dengan nama Lux sebagai rumah barunya, serta berusaha untuk berdamai dengan mantan pasangannya Mazikeen. Meskipun sudah di bumi, Lucifer tetap bertemu dengan setan dan malaikat lain, yang sama-sama tidak menyukai dirinya. Dia harus mencoba mengendalikan dunia ini dari ancaman dengan kemampuan khususnya sebagai setengah malaikat dan iblis. 

Seiring berjalanya cerita Lucifer mulai mengetahui  sifat-sifat buruk yang ia miliki, dan mulai mempelajari pentingnya empati dan pengertian dari manusia-manusia yang ia temui. Komik ini membuktikan bahwa semua orang bisa berubah, bahkan malaikat yang menjadi iblis bisa menjadi baik kembali jika bertemu dengan orang-orang baik. 

Baca juga: Genap Berusia 95 Tahun, Begini Kisah Awal Proses Penciptaan Komik Tintin yang Legendaris

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Parfum dengan SPL Nuklir, Wajib Dicoba

BERIKUTNYA

Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa Tayang Terbatas di Bioskop 16 Maret 2024, Cek Sinopsisnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: