Penyanyi Agseisa Galuh Putri berpose sebelum mengikuti GagaskreasiTalkshow di Jakarta, Jumat (22/3/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Penyanyi Agseisa Memaknai Frasa Kembali Lewat Single Harus Pulang

22 March 2024   |   23:01 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pengalaman setiap orang dalam menemukan dan memaknai jalan pulang selalu berbeda satu sama lain. Frasa pulang juga terus dieksplorasi oleh penyair, penulis, hingga musisi untuk menyampaikan apa yang mereka alami dalam bentuk karya, yang bisa dinikmati dan diapresiasi publik. 

Terbaru, frasa tersebut juga diungkai oleh penyanyi Agseisa lewat single terbarunya "Harus Pulang". Bagi Agseisa pulang tidak hanya menggambarkan kembali ke rumah atau orang orang tersayang, tetapi juga sosok orang ternyaman yang selalu membuat rindu dan ingin kembali.

Secara umum, lagu ini memang menceritakan tentang perjalanan seseorang dalam menuju pulang. Khususnya menuju tempat ternyaman di mana seseorang dapat diterima dengan kekurangan dan kelebihan mereka. Dengan kata lain, sang penyanyi juga memaknai pulang sebagai siklus yang terus berulang. 

Baca juga: Jebolan Indonesian Idol Anggis Devaki Rilis Single Baru Kisah Tanpa Dirimu

Ya, penyanyi berusia 28 tahun yang dikenal melalui ajang pencarian bakat Indonesian Idol season 10 itu memang diakui berkat kelebihannya dalam membuat lirik yang penuh taksa. Sehingga apa pun yang ingin disampaikan, selalu memberi ambiguitas tapi penuh makna yang mendalam.

Menurut Agseisa, lagu tersebut bercerita tentang perjalanan seseorang yang selama ini selalu sibuk mengejar urusan duniawi. Hingga akhirnya orang itu sadar bahwa dia harus pulang ke suatu tempat yang nyaman, entah itu rumah atau orang tersayang, terutama dalam menyikapi momen Ramadan yang identik dengan mudik. 

Peluncuran single terbarunya menjelang Ramadan dilakukan karena dianggap menjadi momen yang tepat. Sebab, saat menyambut Hari Raya Idulfitri, biasanya masyarakat akan berbondong-bondong menemui keluarganya dan berkumpul lagi setelah sekian lama. Oleh sebab itu, single "Harus Pulang" dinilai pas menjadi lagu tema pada bulan suci ini.

"Tema besar dari single ini tentang pulang. Ihwal dari pembuatan single ini memang untuk mendorong para penikmat laguku untuk sejenak menengok kembali akar yang selama ini membesarkan mereka," kata Agseisa saat ditemui di sela-sela acara program GagaskreasiTalkshow di Wisma Bisnis Indonesia pada Jumat (22/3/2024).
 

Penyanyi Agseisa Galuh Putri berpose sebelum mengikuti GagaskreasiTalkshow di Jakarta, Jumat (22/3/2024). (sumber gambar Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Penyanyi Agseisa Galuh Putri berpose sebelum mengikuti GagaskreasiTalkshow di Jakarta, Jumat (22/3/2024). (sumber gambar Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Laiknya lagu bergenre pop, "Harus Pulang" juga diaransemen dalam tempo slow-paced dan usik yang ringan. Pembuatan video klip dari lagu ini direkam sang penyanyi di Surabaya, dengan mengambil kisah pertemuan seorang dewasa dengan anak kecil di sebuah trotoar jalan. 

Agseisa menjelaskan, karya berdurasi tiga setengah menit ini merupakan hasil kolaborasi antara dirinya dan produser musik Aldi Fachrobby. Mereka sebelumnya juga banyak berdiskusi tentang pemilihan diksi dan penulisan lirik yang akhirnya menelurkan single terbarunya.

"Aku tuh sebenarnya bukan tipikal anak yang bisa jauh dengan orang tua. Namun, di sekitarku banyak orang yang berjuang untuk merantau. Jadi inspirasi lagu ini mengambil dari cerita teman-teman juga, terutama mereka yang telah menikah yang akhirnya memisahkan diri dengan orang tua," kata perempuan yang kerap disapa Age ini.

Adapun, single "Harus Pulang" saat ini sudah mulai mengudara di berbagai platform musik sejak 8 Maret 2024. Selain itu, video klip dari single ini pun telah diunggah dan bisa dinikmati oleh para penggemar di kanal YouTube Hits Records.

Sebagai tambahan informasi, Agseisa Galuh Putri adalah seorang penyanyi dan penyiar radio Indonesia. Dia merupakan finalis The Voice Indonesia (musim pertama) di Tim Sherina yang menduduki peringkat keempat. Sejauh ini, penyanyi yang kerap mengulik lagu pop dan R&B itu telah mengeluarkan 10 single dan satu album kompilasi bertajuk Journey of Love (2022). 

Baca juga: Cerita Christie Hartono Mengubah Kisah Pribadi Jadi Lagu yang Memikat Hati
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Ponsel Lipat Paling Laris di Dunia, Ada Galaxy Z Flip5 & Oppo Find N3 Flip 

BERIKUTNYA

5 Set Mainan LEGO Langka yang Paling Diburu Kolektor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: