Ilustrasi kota LEGO (Sumber: unsplash.com/@lh1me)

5 Set Mainan LEGO Langka yang Paling Diburu Kolektor

23 March 2024   |   09:42 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebagai salah satu perusahaan pembuat mainan legendaris yang eksis selama lebih dari 75 tahun, LEGO telah menciptakan beberapa set mainan unik. Dari replika kota metropolitan hingga dunia fantasi yang ajaib, setiap mainan Lego membawa pengalaman bermain yang tak terlupakan bagi anak-anak dan bahkan orang dewasa.

Menurut Brickset, situs diluncurkan pada 1997 oleh sekelompok penggemar LEGO untuk melacak banyaknya set promosi saat itu, terdapat sekitar 20622 set LEGO yang ada di basis data mereka. Tentunya angka yang sangat besar ini akan terus bertambah, karena LEGO adalah perusahaan yang terus berinovasi.

Baca juga: 5 Set Lego Terbesar di Dunia, Eiffel Tower sampai World Map

Dengan ribuan koleksi set LEGO, tentunya ada rilisan yang memiliki nilai tersendiri, menaikkan harga secara signifikan terkadang hingga puluhan juta. Mulai dari set yang dengan bentuk yang unik sampai memiliki signifikansi sejarah, berikut adalah 5 set mainan LEGO langka yang kerap diburu kolektor!
 

1. Antonio's Pizza-Rama (2012)

Ingin mencoba pizza dari kartun Teenage Mutant Ninja Turtles? LEGO Antonio's Pizza-Rama adalah salah satu set LEGO terlangka, meski hanya memiliki 50 bagian. Set ini memang sengaja diciptakan untuk menjadi bagian dari promosi Teenage Mutant Ninja Turtles  saat menghadiri acara New York Comic Con pada 2012. Pengunjung yang masih memegang set ini sangat lah beruntung, karena pada saat itu dibagikan secara gratis, dan tidak dijual di toko manapun. 

Set LEGO ini memiliki bentuk unik layaknya sepotong pizza dengan pepperoni khas toko pizza favorit para kura-kura ninja, dikemas dalam kotak pizza. Meski terlihat simpel, Antonio's Pizza-Rama dianggap sebagai salah satu set LEGO paling langka yang pernah diproduksi, dengan perkiraan nilai berkisar antara Rp63.4 Juta untuk kondisi terbuka, dan Rp126.8 Juta untuk yang masih disegel dalam kemasan. 


2. Airport Shuttle Monorail (1990)

 

Airport Shuttle Monorail. (Sumber foto: BrickSet)

Airport Shuttle Monorail. (Sumber foto: BrickSet)

LEGO memang sempat mengeluarkan beberapa set Monorail, tapi banyak pembeli yang mengeluh karena tidak suka warna monoton. Dirilis pada 1990,  LEGO Airport Shuttle Monorail adalah satu-satunya set monorail dengan warna yang mencolok, menampilkan skema warna dominan merah dan kuning. 

Ukuran set ini sangat lebar, terdiri atas 2 gerbong kereta monorel yang dapat digerakan dengan sebuah motor, stasiun, menara kendali, serta beberapa minifigure. Salah satu fitur yang membuat set ini spesial, adalah  relnya terbuat dari bagian berwarna biru transparan, menciptakan ilusi bahwa monorail sedang melayang di atas rel.

Sistem jalur monorel set ini sengaja dirancang untuk bersifat modular, terdiri dari beberapa bagian yang dapat dihubungkan menjadi satu sehingga memungkinkan pemiliknya untuk menciptakan jalur yang lebih panjang dengan menambahkan bagian rel yang terjual  secara terpisah.

Namun Karena LEGO mengubah pabrikannya pada saat itu, baik set maupun relnya yang dijual secara terpisah, mengalami kenaikan harga yang signifikan karena mengalami pemberhentian produksi. Jika Genhype berminat untuk membeli set tersebut dalam kondisi seperti baru, akan dikenakan harga mencapai Rp52,1 juta.


3. Death Star II (2005)


Death Star II (2005). (Sumber foto: LEGO)

Death Star II (2005). (Sumber foto: LEGO)

Salah satu set yang diincar penggemar berat LEGO dan Star Wars, Set LEGO Death Star II adalah set LEGO Star Wars yang dirilis pada 2005.  Berbeda dengan Death Star pertama, set ini kurang diminati, sehingga produksinya terpaksa harus dihentikan pada 2007.

Terdiri dari 3.449 bagian, set ini secara akurat menggambarkan kondiai Death Star yang hancur sebagian layaknya di film Star Wars: Return of the Jedi. Namun karena akurasinya, perakitan set ini sedikit rumit untuk beberapa pembelinya.

Meskipun demikian, nilai dari set ini terus bertambah seiring waktu, dengan salah satu unit tersegel pabrik dibanderol dengan harga Rp80 Juta oleh para kolektor.


4. Ole Kirk’s House (2009)

 

Ole Kirk’s House (2009). (Sumber foto: LEGO)

Ole Kirk’s House (2009). (Sumber foto: LEGO)

Didesain berdasarkan rumah Ole Kirk Christiansen, pendiri LEGO Group, serta dirancang dan ditandatangani oleh desainer ternama Steen Sig Andersen, set ini memiliki banyak faktor yang membuatnya sangat langka dan mahal.

Pertama, set ini hanya diperuntukan untuk 32 peserta LEGO Inside Tour 2009, program yang memberikan pengunjung akses eksklusif kedalam pabrik dan seluruh operasional LEGO Group. Kemasan set ini menampilkan foto asli Ole Kirk di bengkelnya saat mengembangkan perusahaannya. 

Di dunia nyata rumah ini sangat penting untuk sejarah perusahaan mainan ini, menjadi toko dan kantor pertamanya. Tak hanya itu, rumah merah ini sempat beberapa kali mengalami kebakaran, sehingga mendiang Ole harus memindahkan operasional perusahaannya  di lokasi baru. Karena signifikansi sejarah serta jumlah produksi yang sangat terbatas, set ini sekarang dijual oleh para kolektor dengan harga sebesar Rp142,2 Juta. 


5. Piper Airplane (2012)

Sama seperti set sebelumnya, LEGO Piper Airplane adalah set ekslusif untuk 53 peserta  yang hadir dalam program LEGO Inside Tour, kali ini pada 2012. Desain set ini didasarkan pada pesawat pertama yang diakuisisi LEGO Group pada 1962, untuk memperluas penjualan ke pasar internasional.

Kelangkaan set ini dan tingginya permintaan dari para kolektor telah berkontribusi pada peningkatan nilai yang signifikan dari waktu ke waktu, dengan unit dengan kondisi terbaik dijual dengan harga sebesar Rp153,3 Juta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Penyanyi Agseisa Memaknai Frasa Kembali Lewat Single Harus Pulang

BERIKUTNYA

Waspadai Sarkoma, Kanker Langka yang Sulit Terdeteksi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: