Ilustrasi ponsel pintar atau smartphone foldable (Sumber gambar: Unsplash/Amanz)

5 Ponsel Lipat Paling Laris di Dunia, Ada Galaxy Z Flip5 & Oppo Find N3 Flip 

23 March 2024   |   07:35 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perangkat ponsel pintar lipat (smartphone foldable) makin jadi tren dan digandrungi masyarakat. Hal ini terlihat dari jumlah pengirimannya yang naik cukup signifikan pada periode kuartal akhir tahun lalu, didorong oleh para produsen seperti Samsung, Huawei, Honor, dan Oppo yang getol menghadirkan model ponsel tersebut. 

Laporan Foldable/Rollable Display Shipment and Technology Report dari DSCC mencatatkan jumlah pengiriman ponsel lipat naik 33 persen pada kuartal keempat 2023 (Q4/2023) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angkanya mencapai 4,2 juta unit, yang jadi capaian tertinggi sepanjang perilisan model smartphone foldable

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Murah 2024, Cocok Buat Kaum Mendang Mending

DSCC mencatat ada 23 model ponsel lipat yang hadir pada periode tersebut dari seluruh produsen smartphone di dunia. Mereka adalah Google, Oppo, Xiaomi, Honor, Royole, ZTE, Huawei, Samsung, White Box, Motorola, Tecno, OnePlus, dan Vivo. 

Dari 10 jajaran teratas model smartphone foldable/rollable terlaris, empat di antaranya datang dari raksasa Korea Selatan Samsung, dua model dari Oppo, dua dari Honor, serta masing-masing satu dari Huawei dan Xiaomi. Adapun, lima ponsel lipat paling laris di dunia adalah sebagai berikut. 
 

1. Samsung Galaxy Z Flip5 

Galaxy Z Flip5 (Sumber gambar: Samsung)

Galaxy Z Flip5 (Sumber gambar: Samsung)

Samsung pertama kali mengumumkan Galaxy Z Flip5 pada Juli 2023 dan mulai tersedia di pasar global pada Agustus tahun yang sama. Ponsel lipat ini hadir dengan cover screen yang lebih besar, dinamai Flex Window dengan ukuran 3,4 inci yang jadi highlight utama dibanding seri sebelumnya. 

Seri anyar itu menekankan pada kemampuan kustomisasi khususnya pada bagian layar cover, fleksibilitas pengambilan gambar dengan kamera swafoto, dan baterai yang lebih tahan lama. Di luar ini, ponsel ini dibekali spesifikasi kelas flagship Samsung seperti layar Dynamic AMOLED 2X sampai cip gahar Snapdragon 8 Gen 2. 
 

2. Huawei Mate X5 

Huawei Mate X5 (Sumber gambar: Huawei)

Huawei Mate X5 (Sumber gambar: Huawei)

Raksasa teknologi asal China, Huawei, jadi salah satu produsen yang rajin mengeluarkan ponsel lipatnya, meski kebanyakan model tersebut hanya rilis di negaranya. Kendati begitu, produk lipat dari Huawei punya peminat yang tinggi di Negeri Tirai Bambu, salah satunya Huawei Mate X5. 

Highlight utamanya ada pada desain elegan yang disebut Universal Star Gate, kemampuan gambar XImage super sensorik, dan teknologi jaringan di bawah naungan Lingxi Communication. Selain itu, perangkat ini dibekali dengan cip dan sistem operasi perusahaan, Kirin 9000S dan HarmonyOS 4.0. 
 

3. Honor Magic Vs2 

Honor Magic Vs2 (Sumber gambar: Honor)

Honor Magic Vs2 (Sumber gambar: Honor)

Oktober 2023, vendor smartphone HONOR juga mengumumkan produk lipat terbarunya yang dinamai HONOR Magic Vs2 di pasar China. Perangkat ini juga disambut baik di negaranya dengan menduduki puncak pasar produk ponsel lipat pada kuartal ketiga tahun lalu, berdasarkan data Counterpoint Research. 

HONOR menawarkan desain sebagai salah satu nilai jualnya. Pasalnya, HONOR Magic Vs2 hanya punya bobot 229 gram, yang ketika itu memecahkan rekor untuk kategori ponsel lipat. Layar perangkat ini berukuran 6,43 inci saat mode lipat dan 7,92 inci saat dibuka dengan panel OLED. 
 

4. Samsung Galaxy Z Fold5 

Galaxy Z Fold5 (Sumber gambar: Samsung)

Galaxy Z Fold5 (Sumber gambar: Samsung)

Dirilis bersamaan dengan Galaxy Z Flip5, ponsel lipat Galaxy Z Fold5 juga jadi salah satu yang paling digemari. Samsung mengeklaim bahwa ponsel lipat paling mahalnya ini punya keandalan setara dengan personal computer (PC), versi mini yang bisa masuk kantong saku. 

Hal itu direalisasikan dengan ukuran layar besar yang mencapai 7,6 inci saat dibuka sehingga dapat dijadikan sebagai konsol game atau alat multitasking dan multi-screen. Ditambah dengan S Pen yang bisa jadi alat untuk berbagai keperluan, tak cuma untuk menulis/mencatat. Samsung juga menggarisbawahi kemampuan kameranya yang meningkat drastis. 
 

5. Oppo Find N3 Flip 

Oppo Find N3 Flip (Sumber gambar: Oppo)

Oppo Find N3 Flip (Sumber gambar: Oppo)

Pertengahan tahun lalu, Oppo mengumumkan ponsel lipat generasi terbarunya yang tak lain adalah Oppo Find N3 Flip. Perangkat ini menjadi perhatian karena desain cover-nya yang lain dari produk-produk serupa. Bagian luar ponsel ini tetap mengusung format kamera dengan desain bulat besar (Cosmos Ring), ditambah layar vertikal di sebelahnya. 

Layar vertikal itu diklaim lebih pas dan intuitif karena mirip dengan pola smartphone pada umumnya. Layar itu juga bisa dikustomisasi sedemikian rupa dari segi tampilan maupun fitur, untuk mengakses hal-hal penting yang jadi prioritas penggunanya. 

Baca juga: Daftar Smartphone Terkencang Rilis Resmi di Indonesia 2023 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sedapnya 5 Olahan Aci ala Kimbab Family, Cocok Buat Takjil

BERIKUTNYA

Penyanyi Agseisa Memaknai Frasa Kembali Lewat Single Harus Pulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: