Christie Hartono dalam Program GagaskreasiTalkshow di Wisma Bisnis Indonesia pada Rabu (20/3/2024) (Sumber gambar: Arief Hermawan P/Hypeabis.id)

Cerita Christie Hartono Mengubah Kisah Pribadi Jadi Lagu yang Memikat Hati

21 March 2024   |   10:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Industri musik Indonesia terus berderap diwarnai musisi pendatang baru dan konsistensi para pemusik lama. Maraknya perpaduan karya lintas genre sukses memberi warna di belantika musik Indonesia. Berbekal ciri khas masing-masing, para musisi Indonesia mampu memanjakan para penikmat lokal hingga merambah ke mancanegara.

Tiap musisi pun tentu memiliki caranya sendiri untuk menopang eksistensinya dalam bermusik. Christie Hartono misalnya, penyanyi kelahiran 1 Maret 1997 yang terlanjur kepincut dengan dunia musik sejak masih cilik.

Penembang yang dikenal dengan single perdananya bertajuk "Seribu Kali Cinta" ini memang baru menekuni karier bermusiknya dengan penuh sejak 2021. Namun jauh sebelum itu, eksistensi Christie sudah banyak terlihat melalui rangkaian lagu-lagu cover. 

Baca juga: Penemuan Diri Jason Ranti yang Baru dalam Single Hari-Hari Musik

Dalam kunjungannya ke program GagaskreasiTalkshow di Wisma Bisnis Indonesia pada Rabu (20/3/2024), Christie menyebut kesukaannya dalam melakukan cover lagu bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, menyanyikan karya orang merupakan sebuah tantangan.

Khususnya bagi Christie yang memiliki suara yang cukup tebal dengan tone yang rendah. Karena itulah, Christie cukup jarang membawakan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh perempuan. Dia senang membuat cover lagu dari penyanyi laki-laki, utamanya Noah yang merupakan band kesukaannya. Ariel juga jadi salah satu panutannya dalam dunia musik Indonesia.

Namun, alih-alih menganggapnya sebagai hambatan, dia melihatnya sebagai sebuah tantangan. Dengan suaranya yang berat, Christie yang senang terlibat dalam proyek-proyeknya sendiri mencoba melebarkan sayap untuk membuat single-single baru berdasarkan pengalamannya sendiri.

Bagi Christie, pengalaman menjadi kuncinya eksis di industri musik saat ini. “Aku suka menulis lagu dari pengalaman pribadiku sendiri. Bahkan aku cenderung kurang feel menyanyikan lagu yang bukan dari pengalaman aku,” katanya. 

Menyoal lirik, dalam dua lagu terakhirnya, "Love Me Backdan "Love Again" sengaja dibuat Christie berkaca pada pengalamannya sendiri. Menariknya, Christie membuat konsep sambungan antara kedua lagunya itu. "Love Me Back", single yang rilis pada 2023 membawa genre ballad dengan lirik bercerita tentang ekspektasi yang tak bertemu realita di dunia percintaan.

Setahun setelahnya, single berjudul "Love Again" dirilis Christie dengan nuansa penuh kebahagiaan berkonsep ‘me and my girls’. Dengan konsep ini, dia ingin merepresentasikan untuk beranjak dari hubungan yang dianggap tidak ‘worth it’ , tanpa kejelasan dan membuang-buang waktu.

Soal kiblat musik, Chrisie lebih condong ke arah musik-musik R&B soul dengan sentuhan pop. Timbre suara seperti Mariah Carey dan Kehlani disukainya karena membawa tone yang tebal dan berat, serta dapat disesuaikan dengan karakternya.
 

Christie Hartono dalam Program GagaskreasiTalkshow di Wisma Bisnis Indonesia pada Rabu (20/3/2024) (Sumber gambar: Arief Hermawan P/Hypeabis.id)

Christie Hartono dalam Program GagaskreasiTalkshow di Wisma Bisnis Indonesia pada Rabu (20/3/2024) (Sumber gambar: Arief Hermawan P/Hypeabis.id)

Gandeng Rayi Putra, Belanegara Abe, Kaleb J

Lagu yang baru dirilis Christie pada Jumat (1/3/2024) berjudul "Love Again" rupanya menggandeng 3 musisi ternama Tanah Air. Mereka adalah Rayi Putra (RAN), Belanegara Abe, dan Kaleb J. Baginya, proses rekaman single bersama ketiga musisi itu terbilang menyenangkan.

Mulanya, Christie berangkat sebagai penggemar RAN dan berkesempatan berbincang langsung dengan Rayi RAN. “Aku ketemu RAN di salah satu konser mereka, kemudian kita diskusi untuk workshop sama kak Rayi dan kebetulan dia undang Kaleb J juga,” ujarnya.

Dalam proses menemukan melodi dan lirik untuk lagu "Love Again", Abe terlibat sebagai sosok yang memproduseri musiknya. “Menurutku lagunya juga catchy. Prosesnya cukup lama karena ada beberapa kali workshop dan kesibukan. Tapi recording-nya lebih cepat dibanding single aku sebelumnya, karena lagu ini memang terasa happy banget,” katanya.

Baca juga: Putri Ariani Rilis Single Teruskan Langkah Baikmu, Terinspirasi dari Ayat Al-Qur'an

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kunjungan Perawatan Gigi Menurun selama Bulan Puasa, Ini Sebabnya

BERIKUTNYA

Menengok Proses Pembuatan Tailor & Suits dengan Teknik Vanishing Dart

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: