CEO Everywhere.id Edy Sulistyo memberikan paparan saat berkunjung ke kantor redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Kenalan dengan Play Everywhere, Panggung Live Music Virtual Bagi Musisi Lokal

21 March 2024   |   19:34 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tren menonton konten siaran langsung atau live streaming telah membuka peluang baru bagi kreator konten, terutama musisi indie untuk mendapatkan revenue dan memonetisasi pertunjukannya. Fitur ini juga membuat mereka bisa menjangkau penggemar secara lebih luas tanpa terhalang jarak lagi.

Salah satu platform yang cukup populer untuk memonetisasi konten musik adalah Everywhere.id dalam Play Everywhere. Di platform ini, kreator konten bisa menyuguhkan pertunjukan musiknya secara virtual, tetapi tetap mempertahankan aspek interaksi yang menarik layaknya panggung offline.

CEO Everywhere.id Edy Sulistyo mengatakan Play Everywhere adalah solusi baru untuk menghadirkan live music secara virtual dengan fitur live streaming, sebuah jembatan untuk mengakomodasi kebutuhan antara konten kreator dengan industri hospitality.

Baca juga: Menengok Peran Platform Teknologi dalam Akselerasi Transformasi Pendidikan di Indonesia

Dengan demikian, keinginan kreator untuk mendapatkan akses ke panggung hiburan bisa terpenuhi. Di sisi lain, kebutuhan industri hospitality, seperti restoran, kafe atau hotel, untuk mendapatkan hiburan musik yang interaktif bisa lebih mudah terpenuhi.
 

Konsep hiburan ini cukup sederhana. Restoran, hotel, atau kafe umumnya ingin suasana tempatnya menjadi lebih hidup dengan adanya live music. Namun, tidak lagu secara fisik, kini lewat Play Everywhere, hiburan live music tersebut disajikan secara virtual.

Nantinya, para kreator konten atau musisi daerah yang telah terdaftar di Play Everywhere bisa mengisi acara tersebut. mereka pun bisa dengan mudah mengakses panggung tanpa perlu khawatir soal jarak.

Saat ini, Play Everywhere sudah ada di 8 kota besar di Indonesia dengan lebih dari 40 playstars yang tersebar dari berbagai genre musik. Total ada 93.360 menit live stream, 11.278 lagu yang di-request, dan 778 live sessions yang menyemarakkan konten siaran langsung di Play Everywhere sepanjang 2023. "Angka ini diharapkan akan terus bertambah," ujarnya.

Menurutnya, tidak sedikit para kreator konten yang meraih pendapatan puluhan hingga ratusan juta per bulannya. Sebab, konten kreator di Indonesia itu dinilainya sangat berbakat, tetapi mesti mendapatkan platform yang tepat. Dengan demikian, mereka tidak harus melakukan hal aneh-aneh untuk berkreasi.

“Kami ingin mengangkat musisi-musisi dan para kreator konten yang di daerah untuk bisa tampil dan menemukan panggungnya. Sebab, mereka itu berbakat-bakat banget. Mereka bisa nyanyi dari tempatnya masing-masing, tetapi tetap mendapat kesempatan untuk manggung di kafe dan kota-kota lain secara virtual dan interaktif,” ungkap Edy saat berkunjung ke Bisnis Indonesia, Kamis (21/3/2024).

Sama seperti musisi yang tampil secara langsung, para kreator konten juga akan mendapat revenue dari dua hal. Pertama, dari bayaran pertunjukan yang mereka tampilkan yang diakomodasi oleh platform. Kedua, dari tip para penonton daring di kafe-kafe dan restoran.

Saat ini, permintaan kreator konten musik dan musisi lokal untuk bergabung ke layanannya terus bertambah. Namun, mengingat ini adalah live streaming berbayar, yakni penonton maupun klien mesti mendapatkan hiburan yang maksimal, pihaknya pun akan melakukan seleksi terlebih dahulu untuk para kreator konten.


Proses Menjadi Playstars

Edy mengatakan playstars atau musisi yang saat ini tergabung berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka rata-rata adalah musisi independen yang menginginkan job tambahan, dengan menampilkan pertunjukan secara live streaming.

Khusus untuk playstars, pihaknya mengaku tak pernah merasa kesulitan mencari talenta berbakat. Baginya, Indonesia adalah gudang bakat yang semestinya bisa lebih diakomodasi sehingga keahlian mereka bisa membantu menyejahterakan kehidupan finansial mereka.

Seiring dengan rencana penambahan kota-kota baru layanan Play Everywhere, pihaknya pun akan senantiasa menambah playstars baru. Namun, karena ini adalah live streaming berbayar, yang disediakan untuk industri hiburan, tentu semuanya harus digarap dengan optimal.
 

CEO Everywhere.id Edy Sulistyo memberikan paparan saat berkunjung ke kantor redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

CEO Everywhere.id Edy Sulistyo memberikan paparan saat berkunjung ke kantor redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)


Sebelum menjadi playstars, pihaknya akan melakukan beberapa seleksi. Hal ini terkait dengan presentasi musik seperti apa yang akan dikerjakan. Hal ini juga termasuk hal teknis, seperti kamera, suara, visual sehingga pertunjukan virtualnya bisa lebih menarik.

Nantinya, para playstars juga tidak akan langsung untuk bisa menerima job live streaming. Mereka akan terlebih dahulu mendapatkan pelatihan di Everywhere Academy selama beberapa sesi. Pelatihan ini mencakup kecakapan mereka untuk tidak hanya bermain musik secara bagus, tetapi juga bisa menjadi talent yang menghibur.

Baca juga: Cek Perbandingan Biaya Langganan Platform Streaming Musik, Terbaru Ada TikTok Music

Sebab, nantinya para playstars ini tidak hanya menyanyi. Sesekali mereka juga bisa melakukan interaksi dengan para penontonnya. Penonton pun bisa berinteraksi dengan playstars, termasuk dengan request lagu dan melakukan tipping

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Fakta Unik Wae Rebo Flores yang Masuk Daftar Desa Terindah di Dunia

BERIKUTNYA

Anime Frieren: Beyond Journey EndsAkhiri Musim Pertama dengan Pameran Eksklusif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: