Kreator konten menjadi salah satu pekerjaan yang banyak muncul pada era digital (Sumber gambar: Pexels//Ivan Samkov)

Kreator Konten Ingin Dapat Tambahan Penghasilan? Cek Dulu Inisiatif Ini 

31 March 2022   |   13:25 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Youtuber, Tiktoker, Instagrammer, dan masih banyak sebutan lainnya saat ini lebih beken dikenal sebagai pembuat/kreator konten (content creator). Digitalisasi yang kian masif dan munculnya ragam platform, mendorong maraknya orang yang menjalani pekerjaan tersebut. 

Salah satu platform dalam negeri yang mengakomodir para pembuat konten adalah GoPlay. Menarik bahwa awalnya, layanan Gojek itu merupakan platform over the top video on demand, tetapi mengubah fokus ke arah platform live streaming interactive

CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan sejak 2021 lalu, layanannya mulai fokus sebagai platform siaran langsung interaktif dan platform penyampaian konten. Tujuannya adalah untuk mewadahi para kreator dalam negeri untuk bisa saling terhubung dengan para penggemar. 

“Kami selalu punya mimpi untuk jadi rumah para kreator konten Indonesia, untuk mereka bisa eksis berkreasi dan bisa mendapatkan pendapatan berkelanjutan,” katanya. 

Untuk mengupayakan hal tersebut, GoPlay menghadirkan inisiatif atau program bertajuk GoPlay Creator Fund. Edy berharap ini nantinya bisa mendorong tumbuh kembangnya kreator konten berkualitas dan original. 

Head of Content Creator GoPlay, Sandy Colondam, menjelaskan program Creator Fund perusahaan akan menyediakan dana hingga Rp15 miliar untuk para pembuat karya. Ini semacam bonus yang akan diberikan berdasarkan sejumlah kriteria. 

Tiap kreator nantinya akan mendapatkan ‘gaji bulanan’ berbeda-beda berdasarkan True Fans yang dimiliki. True Fans sendiri merupakan sebutan bagi para penggemar riil dari pembuat konten, mereka adalah orang yang terus kembali menyaksikan konten dan mendukung kreatornya. 

“Harapannya program ini bisa memberikan semangat bagi para kreator untuk mengumpulkan True Fans dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di GoPlay,” katanya. 

Chief of Strategic Officer GoPlay, Martinus Faisal, menambahkan program ini dihadirkan dengan tujuan membantu kreator membentuk komunitas. Ada beberapa hal penting yang akan dilihat untuk menentukan besaran bonus bulanan yang didapatkan. 

Pertama, frekuensi karena ini terkait dengan bagaimana kreator menyiapkan waktu dan tenaga untuk para penonton. Kedua, konsistensi untuk memperkuat ikatan. Ketiga, kuantitas dari konten yang dibuat dan penonton. 

Dia juga menyatakan bahwa selain benefit finansial, program ini juga menawarkan berbagai manfaat. Ini termasuk pelatihan untuk menjadi kreator yang lebih baik hingga pemanfaatan studio GoPlay untuk membuat konten. 

“Yang paling penting juga bahwa program Creator Fund ini terbuka untuk seluruh konten kreator, baik yang sudah lama ataupun yang baru punya kesempatan untuk memanfaatkannya,” katanya. 



Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Mau Jadi Kreator Konten? Ada Dana Lebih dari Rp15 Miliar Nih dari Gojek

BERIKUTNYA

Ibu Hamil & Menyusui Tetap Bisa Berpuasa, Ini Anjuran Dokter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: