Ilustrasi layanan streaming musik. (Sumber gambar: Sanket Mishra/Pexels)

Cek Perbandingan Biaya Langganan Platform Streaming Musik, Terbaru Ada TikTok Music

13 September 2023   |   17:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Musik adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Untuk mendengarkan musik, publik kini mengaksesnya secara digital melalui platform streaming musik. Di Indonesia, ada sejumlah platform musik yang populer digunakan seperti Spotify, Joox, Langit Musik, Apple Music, dan YouTube Music.

Tiap platform streaming tentu memiliki biaya langganan bulanan yang berbeda-beda. Hal itu bergantung dari fitur yang ditawarkan oleh masing-masing platform.

Terbaru, muncul satu layanan streaming musik anyar yakni TikTok Music yang diluncurkan oleh TikTok. Selain mengakses lagu, TikTok Music juga menawarkan sejumlah fitur seperti Share dan Comment, yang membuat pengguna bisa berbagi lagu dan daftar putar (playlist) dengan teman, memberikan komentar mereka tentang suatu lagu, serta terhubung dengan komunitas musik dengan selera yang sama.

Baca juga: TikTok Music Resmi Dirilis di Indonesia, Cek Fitur-fiturnya

Untuk menikmati layanan tersebut, TikTok Music menawarkan tiga paket yakni Paket Individu, Paket Pelajar, dan Paket Keluarga. Dengan ketiga paket tersebut, pengguna sudah bisa mendengarkan musik bebas iklan, memutar lagu dalam urutan apa pun, serta mengunduh lagu tanpa batasan.

Adapun, Paket Pelajar hanya berlaku untuk Mahasiswa, sementara pada Paket Keluarga, pengguna bisa mendaftar hingga 6 akun TikTok Music dan memblokir konten-konten yang eksplisit. Harga langganan dari seluruh paket terbagi menjadi dua versi yakni Android dan iOS.

Langganan bulanan bagi pengguna Android dibanderol seharga Rp44.900 untuk Paket Individu, Rp24.500 Paket Pelajar, dan Rp59.000 Paket Keluarga. Sementara untuk harga langganan bulanan bagi pengguna iOS, dibanderol seharga Rp49.000 untuk Paket Individu, Rp29.000 Paket Pelajar, dan Rp79.000 Paket Keluarga.
 

Ilustrasi layanan streaming musik. (Sumber gambar: John Tekeredis/Pexels)

Ilustrasi layanan streaming musik. (Sumber gambar: John Tekeredis/Pexels)

Lantas, bagaimana dengan harga langganan bulanan dari sejumlah platform streaming musik populer yang lain?

Berdasarkan data yang dihimpun oleh DataIndonesia.id, Langit Musik menjadi platform musik di Indonesia dengan paket langganan termurah. Biaya untuk mendengarkan musik secara premium melalui platform milik Telkom tersebut dibanderol seharga Rp6.600 untuk 7 hari dan Rp22.000 untuk 30 hari atau sebulan. Dengan layanan tersebut, pengguna bisa mendengarkan lagu tanpa batas juga tanpa iklan.

Posisinya diikuti oleh Spotify dengan rentang harga langganan mulai dari Rp2.500 hingga Rp86.900. Untuk mengakses Spotify Premium, ada empat paket yang ditawarkan yakni Mini, Individual, Duo, dan Family.

Paket Mini dibanderol seharga Rp2.500 per hari untuk satu ponsel, paket Individual dipatok dengan harga Rp54.990 per bulan untuk 1 akun, dan paket Duo yang dibanderol seharga Rp71.490 per bulan untuk 2 akun. Sementara itu, paket Family dipatok dengan harga Rp86.900 per bulan yang bisa digunakan sampai 6 akun.

Selanjutnya, ada YouTube Music yang memiliki harga langganan sebesar Rp24.990 sampai Rp75.000 per bulan. Kemudian, Apple Music menawarkan paket langganan sebesar Rp35.000 hingga Rp85.000 per bulan.

Ada juga Joox yang mematok biaya langganan mulai dari Rp29.000 hingga Rp399.000. Ada empat paket yang ditawarkan oleh Joox VIP yakni paket 3 bulan berlangganan Rp29.000 untuk setiap bulannya, satu kali bayar mulai dari Rp49.000 untuk satu bulan, paket Family Plan seharga Rp59.000 per bulan untuk 3 orang, serta paket 1 tahun berlangganan seharga Rp399.000.

Adapun, Deezer memiliki biaya berlangganan paling mahal. Nilai langganan streaming musik melalui platform tersebut dipatok sekitar Rp219.000 sampai 319.00 per bulan. 

Baca juga: Pemerintah Janji Segera Tangani Tata Kelola Musik & Lagu di Dalam Negeri

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Idola K-pop Borong Penghargaan di MTV Video Music Awards 2023, Siapa Saja?

BERIKUTNYA

Yuk Berkenalan dengan Pusat Inovasi 5G yang Dibangun Ericsson di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: