Kreator konten merupakan salah satu pekerjaan yang banyak muncul belakangan (Sumber gambar: Unsplash/Aqviews)

Tip Jadi Kreator Konten Banyak Penggemar Ala Jerome Polin

30 March 2022   |   20:37 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pernah mendengar istilah ekonomi kreator (creator economy)? Istilah ini populer dalam beberapa waktu terakhir, di tengah merebaknya para konten kreator di berbagai platform sosial media hingga layanan video siaran langsung. 

Singkatnya, ekonomi kreator adalah ekonomi yang difasilitasi perangkat lunak, yang memungkinkan para pembuat konten atau kreator memperoleh pendapatan dari kreasi yang mereka rilis. Ini adalah bisnis raksasa yang dibangun oleh lebih dari 50 juta pembuat konten di berbagai platform di seluruh dunia. 

Laporan bertajuk Creator Earnings - Benchmark Report 2021 dari Neoreach dan Influencer Marketing Hub, mencatat pasar ekonomi kreator global tahun lalu mencapai angka US$104,2 miliar, dan terus meningkat setiap harinya. 

Ada banyak sumber pendapatan para pembuat konten, termasuk kesepakatan dengan brand, mengembangkan bisnis sendiri, hingga dukungan dari para penggemarnya. Metode terakhir belakangan banyak diterapkan di berbagai platform. 

Fakta menariknya, laporan yang sama menyatakan bahwa 63 persen pengguna telah memberi tip kepada pembuat konten setidaknya sekali. Selain itu, 58 persen bersedia membayar biaya langganan bulanan untuk mengakses konten eksklusif dari kreator. 

Ya, creator economy saat ini tidak terbatas hanya dari kerja sama dengan perusahaan, tapi juga para penggemar mereka. Oleh sebab itu, penting untuk mendekatkan diri dan membangun komunitas bersama dengan mereka. 
 

1. Komunikasi dua arah

Kreator konten Jerome Polin memberikan beberapa tips untuk para kreator bisa meningkatkan hubungan baik dengan para penggemar. Pertama, hal yang paling penting menurutnya adalah komunikasi aktif dan dua arah. 

Jerome menyatakan untuk membangun hubungan, kunci utamanya adalah komunikasi. Bukan hanya satu arah, tapi dua arah antara si pembuat konten dengan si penikmat konten. “Caranya bisa dengan sederhana, sapa mereka, tanyain kabarnya, cerita juga. Jadi komunikasi yang dibangun engga cuma satu arah,” katanya. 
 

2. Berinteraksi

Manfaatkan fitur yang tersedia di platform untuk berinteraksi. Saat ini, ada banyak platform untuk para kreator konten berkarya misalnya TikTok, Instagram, YouTube, atau platform dalam negeri seperti GoPlay. 

Menggunakan fitur yang dimiliki tiap platform, seperti real time chat, quiz, trivia, polling, dan lain sebagainya akan lebih memeriahkan konten. Selain itu, upaya ini juga membuat para penggemar merasa lebih terlibat dengan para kreatornya. 
 

3. Konten yang krusial

Chief Strategic Officer GoPlay Martinus Faisal menambahkan tips dan insight membangun keterlibatan kreator dan penggemar. Yaitu, konten yang krusial. Maksudnya, kreator juga perlu memiliki materi konten yang memang diminati oleh penggemar. 

Hal ini bisa materi apa saja, tapi menurutnya, menjadi diri sendiri adalah cara terbaik menghadirkan konten yang orisinal. Jadi ketahui lah apa yang menjadi kekuatan diri sendiri, dan buat konten berdasarkan hal tersebut. 
 

4. Konsisten pada kualitas

Konsistensi ini adalah salah satu perihal penting untuk menciptakan komunitas dengan para fans. Pasalnya, apabila kreator memang memiliki konten yang sangat berkualitas tapi tidak konsisten, tetap akan sulit membentuk ikatan yang kuat. 
 

5. Frekuensi teratur

Frekuensi ini berkaitan dengan poin sebelumnya, di mana konsistensi dan frekuensi membuat kreasi juga perlu diperhatikan. Tip praktisnya, coba buat konten dengan frekuensi yang tetap, misal seminggu sekali hari Sabtu pukul 20:00. 

Dengan demikian, para penggemar akan memiliki ‘jadwal bersama kreator’ yang dinantikan. “Untuk mengarah kesana itu memang butuh proses. Yang terpenting, kita sebagai kreator itu bisa menjalin hubungan dengan penonton,” katanya. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Langkah Penting Agar Lebih Siap Berpuasa Ramadan

BERIKUTNYA

Ini Pekerjaan Rumah Industri Film Indonesia Menurut Produser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: