Hutan Alas Veenuz Trawas (Sumber gambar: Instagram.com/alasveenuztrawas)

Menikmati Wanawisata Sejuk di Hutan Alas Veenuz Trawas

20 March 2024   |   11:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Daya pikat Jawa Timur sebagai destinasi wisata memang tiada duanya. Bagian paling Timur dari Pulau Jawa ini memiliki banyak wanawisata yang memanfaatkan bentangan alam berlatar belakang sawah, air terjun, dan gunung-gunung yang indah.

Salah satu bagian dari wilayah Jawa Timur, Kabupaten Mojokerto pun kian populer sebagai tempat wisata. Wilayah berjulukan Kota Onde-Onde ini menyimpan banyak destinasi wisata alam dan wisata buatan yang ciamik.
 
Salah satunya  wisata yang terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto yakni Hutan Alas Veenuz Trawas. Dengan luas wilayah mencapai 29,4 km dan ketinggian rata-rata 700 meter di atas permukaan laut, wilayah ini banyak dimanfaatkan pelaku usaha sebagai destinasi kemah (camp ground) yang masih asri. 

Baca juga: 5 Desa Wisata di Bandung Cocok Buat Healing, Ada Alamendah dan Sugihmukti
 
Dikelilingi pepohonan pinus yang menjulang, nuansa sejuk dan menenangkan begitu terasa saat mengunjungi hutan dengan luas 10 hektare ini. Wisata yang menyediakan area camp, piknik, dan cottage ini langsung menghadap bentangan bukit-bukit indah yang memperlihatkan Mojokerto dari atas ketinggian.

Sepanjang berkeliling Hutan Alas Veenuz Trawas, pengunjung akan melihat puluhan tenda penuh warna berjajar di balik pohon-pohon yang menyebar di area camp ground seluas 5 hektare. Uniknya, jalan-jalan setapak di kawasan ini pun disulap penuh estetika, menarik sebagai spot berfoto yang instagramable.

Meskipun wisata ini berkonsep camping, orang tua juga bisa mengajak anak-anak bermain di wahana playground yang mengasyikkan. Fasilitas outbond juga siap mengajak para pengunjung menyusuri area ketinggian dengan jalur trekking yang memacu adrenalin.
 

Hutan Alas Veenuz Trawas (Sumber gambar: Instagram @alasveenuztrawas)

Hutan Alas Veenuz Trawas (Sumber gambar: Instagram @alasveenuztrawas)

Wisata berlatar belakang keindahan Gunung Welirang ini menjadi destinasi pilihan bagi keluarga dan rekan untuk menghabiskan waktu bersama di camping ground. Tak perlu khawatir, wisata ini menyediakan penyewaan camping lengkap dengan peralatannya seperti tenda, matras, hingga peralatan masak dengan harga terjangkau.
 
Bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda dari camping sederhana, pengunjung bisa menjajal private camp dan cottage dengan konsep glamping. Nuansa camping yang lebih privat dan mewah ini menyediakan fasilitas lengkap dalam bentuk bundling seperti tenda berukuran medium dan large, peralatan masak, sleeping bag, hingga meja dan kursi.
 
Untuk masuk ke Hutan Alas Veenuz Trawas ini, pengunjung hanya perlu merogoh uang Rp10.000 sebagai tiket masuk dan Rp20.000 untuk tiket camping. Sementara penyewaan camping dibanderol mulai harga Rp10.000 saja.

Destinasi ini hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat Kabupaten Trawas. Apabila pengunjung datang dari Kota Mojokerto, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara dengan jarak tempuh sekitar 33 km menuju hutan ini. Ikuti rute sepanjang Jalan Gempol-Mojokerto menuju Jalan Mojosari, lalu terus di Jalan Raya Trawas-Mojosari untuk sampai di Hutan Alas Veenuz Trawas.
 
Baca juga: 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Lintas Jalur Mudik Selatan Jawa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

2 Juta WNI Rutin Berobat ke Negara Tetangga, Indonesia Belum Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

BERIKUTNYA

Aktor Donny Kesuma Meninggal Dunia, Ucapan Doa Mengalir di Instagram

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: