Gunung Puntang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Rekomendasi 5 Tempat Ngabuburit dengan Nuansa Alam di Bandung

17 March 2024   |   17:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ngabuburit atau aktivitas menunggu buka pada sore hari galib dilakukan umat muslim sembari menunggu momen berbuka puasa. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mencari takjil, berkumpul bersama orang-orang terdekat, atau sekadar leyeh-leyeh menikmati sore hari di beranda rumah.

Namun, kegiatan ngabuburit nyatanya juga bisa dilakukan sambil menikmati suasana alam loh Genhype. Sebab, istilah yang berasal dari kata ngalantung ngadagoan burit, alisa bersantai di sore hari ini juga lazim dilakukan sambil menikmati berbagai kegiatan di luar ruangan.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Jabodetabek yang Cocok Untuk Ngabuburit

Nah, bagi yang akhir pekan ini bingung mau ngabuburit ke mana, berikut Hypeabis.id rangkumkan rekomendasi lima tempat ngabuburit bernuansa alam di Bandung yang cocok dinikmati sembari menunggu momen berbuka.


1. Hutan Kota Babakan Siliwangi


Dikenal sebagai salah satu kota yang asri, Bandung juga memiliki beberapa taman dan hutan kota yang layak dikunjungi untuk ngabuburit. Salah satunya adalah Hutan Kota Babakan Siliwangi. Tempat ini bisa menjadi tujuan alternatif saat kalian melabang di Bumi Prahyangan dan bingung menghabiskan sore hari ke mana.

Taman Kota Babakan Siliwangi  terletak di jantung kota Bandung, dan dekat dengan destinasi lain seperti Mal Cihampelas Walk, Kebun Binatang Bandung, dan Punclut. Keunikan dari destinasi ini adalah adanya forest walk sepanjang 2 kilometer yang membuat kita serasa berada di dalam hutan.

Mengutip laman kota Bandung, forest walk terdiri atas jalur khusus pejalan kaki yang terbuat dari kayu. Track untuk berjalan kaki ini dibuat mengelilingi Taman Babakan Siliwangi. Wahana ini memang dibuat dengan konsep outdoor, yang diklaim sebagai salah satu forest walk yang terpanjang di ASEAN.


2. Batu Kuda Manglayang

Rekomendasi tempat menghabiskan sore hari selanjutnya di Bandung adalah wisata Batu Kuda di kaki Gunung Manglayang, yang bisa jadi pilihan asyik untuk ngabuburit. Terletak di Bandung Timur, di kawasan ini kalian bisa menikmati keindahan alam di tengah pepohonan pinus sembari menikmati suasana sore hari.

Bagi yang ingin berolahraga sambil ngabuburit, tempat ini cocok dikunjungi. Pasalnya, kalian juga bisa melakukan berbagai kegiatan luar ruangan seperti hiking, piknik, hammocking, hingga hunting foto di destinasi wisata untuk melihat city view kota Bandung dari atas ketinggian.

Mengutip laman resminya, destinasi wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk Rp10.000 saat weekday dan Rp12.000 pada weekend serta hari libur. Sementara itu, bagi yang membawa kendaraan pribadi, terdapat tarif parkir kendaraan Rp2.000 buat motor dan Rp5.000 untuk mobil.


3. Situ Patenggang


Wisata Alam Situ Patenggang, juga bisa menjadi alternatif untuk ngabuburit di Bandung. Sebab, danau alami yang terletak di Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Bandung itu juga menawarkan suasana unik saat sore hari. Misalnya, lewat hamparan kebun teh yang membentang mengelilingi danau dan menjadi teman saat ngabuburit.

Bagi yang ingin mengeksplorasi Situ Patenggang lebih jauh, di tempat ini kalian juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi melihat danau berlatar gunung secara lebih dekat, atau melihat secara lebih dekat gundukan batu kecil di sisi danau yang dinamai Batu Cinta. 

Kawasan wisata alam Situ Patenggang buka setiap hari mulai 08.00-20.00 WIB. Pengunjung domestik cukup menyediakan uang Rp18.000 untuk weekdays dan Rp20.000 untuk weekend. Adapun, bagi yang ingin menikmati suasana danau, tiket naik perahu keliling danau dibanderol Rp20.000 per orang.


4. Gunung Puntang

Menjadi salah satu destinasi populer di Bandung, Gunung Puntang juga sayang dilewatkan saat kalian melabang ke Paris van Java. Sebab, selain karena kopinya yang terkenal, tempat ini juga memiliki banyak bangunan bersejarah peninggalan Belanda, salah satunya stasiun radio Malabar.

Tak hanya itu, di kawasan ini kalian juga bisa melakukan kegiatan ngabuburit seperti susur sungai, mountain bike, berfoto, hingga hiking ke Puncak Mega yang merupakan puncak tertinggi dari Gunung Puntang. Selain mendapat pengalaman seru menikmati petualangan alam, kalian juga bisa mendapat pelajaran penting mengenai sejarah bangsa.

Buat kalian yang ingin menikmati Gunung Puntang, kawasan ini terletak di Kampung Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Adapun, tiket masuk untuk wisatawan lokal dibanderol Rp25.000, sedangkan untuk turis asing atau wisatawan mancanegara Rp55.000. 


5. Desa Wisata Panundaan


Desa Wisata Panundaan juga bisa menjadi tujuan ngabuburit saat momen Ramadan tiba. Sebab, kawasan ini memiliki segudang objek wisata alam, edukasi pertanian, kesenian dan budaya yang sangat edukatif. Bahkan ada pula wisata offroad, wisata religi dan wisata event tahunan baik festival atau kegiatan adat.

Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dan paling banyak dikunjungi di Desa Panundaan adalah Taman Kelinci. Wisata edukasi ini sesuai namanya akan mengajak pengunjung untuk berinteraksi dengan Oryctolagus cuniculus yang sudah didomestikasi oleh warga sekitar. Selain itu ada juga  ada binatang lain seperti domba, kuda, burung, dan sapi.

Baca juga: Ide Ngabuburit Seru Untuk Bulan Puasa, Dijamin Tak Membosankan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Warna-warni Koleksi Pendatang Baru Paris Fashion Week 2024, CFCL & Zomer Curi Perhatian

BERIKUTNYA

Sinopsis Godzilla x Kong: The New Empire, Tayang 29 Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: