Ilustrasi Ngabuburit di Bulan Puasa (Sumber foto: Pexels/friendly)

Ide Ngabuburit Seru Untuk Bulan Puasa, Dijamin Tak Membosankan

29 February 2024   |   20:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Genhype merasa enggak sih kalau tahun lalu itu berlalu dengan sangat cepat? Buktinya tinggal menunggu beberapa hari lagi kita semua akan bertemu dengan bulan ramadhan. Rasanya baru kemarin kita melaksanakan puasa, sekarang akan melaksanakan puasa lagi. 

Menjelang bulan puasa, pasti tak sedikit diantara kalian yang sudah sibuk mencari baju lebaran, ada juga yang sedang huru-hara booking tiket mudik pulang kampung atau bahkan rencana buat bisnis kuliner untuk bulan puasa nanti. 

Baca juga: Jelang Bulan Ramadan, Ikuti Saran untuk Penderita Penyakit Degeneratif Agar Tetap Fit

Selama bulan puasa, banyak hal-hal yang sering kita lakukan setiap harinya. Misalnya saja sahur setiap jam 3 pagi, melakukan tarawih saat malam hari, ada juga tradisi buka bersama (bukber) bareng teman atau keluarga dan ada satu kegiatan yang pastinya enggak bisa dipisahkan sama bulan puasa, yaitu ngabuburit. 

Kalau berbicara soal puasa, pasti ngabuburit menjadi juaranya.Ngabuburit biasanya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan sendiri atau bersama ketika menunggu waktu berbuka puasa. Ngabuburit juga menjadi kegiatan yang paling dinanti-nanti karena sekalian melepas penat.

Apalagi kalau ngabuburitnya dengan keluarga atau teman, jadi makin semangat. Nah, berikut ada beberapa ide yang bisa Genhype lakukan saat ngabuburit nanti di bulan puasa.
 

1. Berburu takjil

Walaupun ngabuburit bisa dilakukan dengan banyak aktivitias, tetapi tak bisa dipungkiri jika berburu takjil memang sudah sangat melekat dan menjadi tradisi di bulan puasa. Benar, kan? Biasanya makanan yang paling sering diincar banyak orang saat berburu takjil adalah gorengan, seperti tahu isi, tempe goreng, atau pisang goreng.

Kalau yang suka yang manis, bisanya yang paling sering dibeli adalah kolak atau bubur ketan hitam. Lalu, untuk minumnya sudah pasti es buah yang paling segar. Tempat untuk berburu makanannya juga beragam, ada yang mencari di pasar, tempat kuliner, sampai di pinggir jalan. 
 

2. Maraton film atau series

Bagi Genhype yang masuk kegolongan kaum rebahan, marathon film adalah kegiatan yang cocok untuk dilakukan ketika ngabuburit. Apalagi kalau sudah ada list film yang lagi hits atau lagi ditunggu-tunggu. Kalau suka film action kalian bisa marathon film superhero atau film aksi. Kalau kalian lebih suka yang ringan dan lucu, bisa coba film komedi atau animasi yang membuat kita ketawa. 
 

3. Membuat menu buka puasa

Ide ngabuburit yang satu ini bisa kalian lakukan dirumah bersama keluarga. Cocok banget untuk Genhype yang hobi masak dan suka mencoba menu baru. Jadi, bisa ngabuburit bersama keluarga sambil menikmati hasil masakan sendiri.

Ada banyak ide menu yang bisa Genhype coba dirumah. Misalnya, bikin menu makanan tradisional seperti kolak pisang atau pastel. Kalau Genhype mau coba membuat menu buka puasa yang lebih modern lagi juga bisa, seperti es krim goreng atau martabak manis.
 

4. Olahraga

Meskipun lagi puasa, tapi olahraga tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, buat Genhype yang suka berolahraga, ngabuburit sambil olahraga bisa menjadi pilihan yang pas. Olahraganya juga yang ringan saja, seperti jalan santai, jogging, atau yoga. Jadi, sambil menunggu waktu buka puasa, tubuh tetap bisa aktif dan sehat.
 

5. Mancing

Mancing juga bisa menjadi kegiatan yang seru buat ngabuburit.  Sambil menunggu waktu buka puasa, bisa menikmati suasana tenang di pinggir sungai atau danau dan menunggu dengan sabar sampai ikan menggigit umpan. Lalu ketika berhasil menangkap, ikannya bisa untuk menu buka puasa deh. Gimana, seru, kan?

Baca juga: Langkah Sederhana Mengatur Keuangan Jelang Ramadan Agar Tidak Boncos

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

3 Tren Kecantikan Musim Semi dan Panas, Glow Getter sampai Skinimalism

BERIKUTNYA

Kegiatan Seru di Irresistible Bazaar Selain Berburu Tas Preloved Branded

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: