Es kelapa menjadi salah satu minuman yang kerap menjadi pilihan untuk berbuka puasa (Sumber gambar: pexels/Thunyarat Klaiklang)

Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Jabodetabek yang Cocok Untuk Ngabuburit

13 March 2024   |   18:38 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu kegiatan yang identik selama bulan Ramadan adalah berburu takjil atau kulineran untuk sajian berbuka puasa. Aneka kudapan dan minuman yang menggoda selera tersedia di banyak tempat, termasuk di kawasan Jabodetabek yang mayoritas merupakan sebagai tempat kulineran warga urban.

Takjil atau sajian ringan untuk berbuka puasa menjadi menu yang selalu tersedia di atas meja makan selama bulan puasa. Biasanya, menu takjil ini berupa kolak, gorengan, kue basah, dan sebagainya.

Sementara minuman itu bisa es buah, teh manis dingin atau hangat, jus, es kelapa, es campur, sop buah, dan minuman lainnya yang menyegarkan dan dapat mengatasi dahaga setelah menahan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Baca juga: Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang & Terpendek, Ada yang Hampir 18 Jam!

Untuk menikmati takjil, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membelinya di pusat jajanan, yang banyak tersedia di hampir setiap kota. Selain mudah, berburu takjil juga biasanya dilakukan sambil ngabuburit atau menghabiskan waktu sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Untuk berburu takjil, kalian bisa mengunjungi sejumlah pusat jajanan yang tersedia di hampir setiap pusat keraamaian di wilayah terdekat. Meski demikian, bagi kalian yang tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dapat berburu takjil di beberapa pasar takjil yang memiliki aneka sajian yang beragam.

Di tempat tersebut, berbagai macam jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa melimpah, sehingga kalian bisa dengan mudah memilihnya sesuai dengan selera dan keinginan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah tempat berburu takjil di Jabodetabek yang seru untuk dikunjungi sambil ngabuburit.


1. Pasar Takjil Benhil, Jakarta

Di Jakarta, ada banyak pasar takjil yang tersedia dan dapat menjadi tujuan berburu makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah pasar takjil Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat. Pasar takjil Benhil menjadi salah satu primadona bagi setiap warga Ibu Kota untuk berburu penganan dan minuman yang menggugah selera.

Sajian yang tersedia di pasar takjil Benhil, Jakarta ini juga sangat beragam, mulai dari aneka gorengan seperti tahu isi dan bakwan, sajian manis seperti kolak, cendol, kue basah dan roti, hingga sajian makanan berat dan beragam minuman es adalah sedikit contoh kuliner buka puasa yang tersedia di kawasan pasar dan kaki lima tersebut.

Selain beragam, harga yang ditawarkan penjaja sajian takjil di kawasan pasar Benhil ini juga termasuk ramah di kantong, mulai dari harga Rp3.000-Rp30.000, aneka sajian yang menggugah selera siap dinikmati untuk berbuka puasa.


2. Masjid Sunda Kelapa, Jakarta

Tempat lainnya di Jakarta yang dapat menjadi tujuan berburu takjil untuk berbuka puasa adalah Masjid Sunda Kelapa. Tempat ini juga menjadi salah satu primadona masyarakat Ibu Kota.

Genhype dapat menemukan berbagai macam jajanan dari para penjual takjil di tempat ini, dengan jenis sajian yang tak kalah menarik. Secara umum, jenis kuliner yang dijajakan memang hampir serupa seperti aneka gorengan dan kue, sajian manis dan minuman dingin, hingga beragam makanan utama. Salah satu kuliner khas Betawi yang wajib dicoba tentunya sajian Kerak Telor yang gurih.

Namun Masjid Sunda Kelapa yang ikonik dan bernilai sejarah membuat area ini menjadi tujuan yang pas untuk menikmati waktu sore hari sambil ngabuburit dan berburu takjil untuk berbuka puasa.


3. Pasar Takjil Bangbarung, Bogor

Tidak jauh berbeda dengan Jakarta, Bogor, Jawa Barat juga memiliki banyak tempat jajanan takjil yang menarik dan selalu menjadi tujuan warga lokal untuk berburu penganan dan minuman berbuka puasa. Salah satu di antaranya adalah pasar takjil Bangbarung, Bogor.

Tempat yang menjadi langganan masyarakat untuk mencari takjil saat Ramadan ini menyediakan berbagai makanan dan minuman yang pas untuk dinikmati saat buka puasa. Ada banyak pilihan sajian yang dapat dibeli. Tapi salah satu sajian  yang unik adalah mi glosor dan soto Bogor yang menjadi ciri khas kuliner di kota hujan.


4. Pasar Lama, Kota Tangerang

Pasar Lama, Kota Tangerang merupakan salah satu pusat kuliner yang dikenal banyak orang, khususnya warga lokal. Pada Ramadan, tempat ini juga menjadi pusat kuliner takjil yang selalu dipadati warga untuk berburu sajian buka puasa.

Pedagang kaki lima akan menjajakan berbagai macam takjil yang bisa menjai pilihan untuk . Selain memiliki harga yang relatif terjangkau, takjil di tempat ini juga beragam sehingga Genhype memiliki banyak pilihan, seperti es teh, kolak, gorengan, dan berbagai kue basah. 


5. Perumnas 1, Bekasi

Di Bekasi, Jawa Barat, salah satu tempat berburu takjil warga yang cukup dikenal adalah kawasan Perumnas 1. Di tempat ini, Genhype akan menemukan berbagai macam pedagang menjajakan penganan dan minuman untuk berbuka puasa.

Tidak hanya itu, kuliner yang dijajakan di tempat ini juga begitu bervariasi. Kolak, bubur sumsum, aneka gorengan seperti tahu, bakwan, dan sebagainya tersaji di atas meja dagangan para penjaja yang berderet di pinggir jalan. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau, yakni sekitar Rp2.000 untuk gorengan per satuan. 


6. Sawangan, Depok

Sama dengan banyak daerah di Jabotabek, Depok juga memiliki banyak spot yang dapat dikunjungi oleh Genhype untuk berburu penganan dan minuman berbuka puasa. Salah satu tempat yang kerap menjadi pilihan masyarakat untuk mencari takjil adalah di kawasan Jalan Raya Sawangan. 

Baca juga: 5 Ide Menu Buka Puasa Aneka Es yang Segar & Mudah Dibuat

Di tempat itu, Genhype dapat menemukan berbagai macam jajanan takjil yang dapat menggugah selera. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cerita Verdi Solaiman Garap Film Ronggeng Kematian, Angkat Novel Horor ke Layar Lebar

BERIKUTNYA

7 Drama Korea dan Variety Show Menarik di VIU Maret 2024, Ada Pyramid Game

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: