Reality Club (Sumber gambar: Instagram/realityclub)

Dukung Palestina, Reality Club Batal Tampil di Ajang SXSW 2024

16 March 2024   |   16:01 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Reality Club menarik diri dari daftar line up festival musik South by Southwest Music Festival (SXSW) 2024 yang digelar di Austin, Amerika Serikat. Grup musik yang digawangi oleh Fathia Izzati itu memutuskan batal tampil untuk menunjukkan keberpihakannya pada Palestina.

Pengumuman ini disampaikan Reality Club dalam akun Instagram terverifikasinya. Dengan demikian, pelantun lagu “Anything You Want” tersebut sekali lagi gagal tampil pada festival musik bergengsi yang digelar dua hari, pada 15-16 Maret 2024 tersebut.

Baca juga: Reality Club Gandeng Lutesha & Kristo Immanuel Rilis Video Klip Single Am I Bothering You?

Reality Club menjelaskan mundurnya grup ini dari daftar penampil di SXSW karena pihaknya telah mendapat informasi terkait sponsor festival tersebut, yang diduga memasok senjata untuk agresi Israel ke Palestina.

"Sehubungan dengan informasi baru bagi kami mengenai Angkatan Darat AS yang menjadi sponsor utama SXSW dan partisipasi kontraktor pertahanan yang memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina, kami telah memutuskan untuk menarik diri dari SXSW," demikian pengumuman resmi dari Reality Club, dikutip Hypeabis.id (16/3/2024).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Reality Club (@realityclub)


Band yang beranggotakan Fathia Izzati, Faiz, Nugi, dan Era Patigo itu menyebut keputusan ini tak diambil dengan mudah. Mereka mengatakan telah melakukan diskusi panjang dengan stakeholder terkait, termasuk pihak penyelenggara.

Namun, setelah melihat berbagai pertimbangan yang ada, keputusan yang diambil Reality Club adalah menarik diri dari festival tersebut. Langkah itu ditempuh karena band itu menolak dikaitkan dengan dukungan politik tertentu jika tetap manggung di SXSW.

"Dengan mengikuti hati nurani, kami tak bisa bermain dalam pertunjukan SXSW kami di Austin pada 14 dan 15 Maret 2024. Kami menolak untuk dikaitkan dengan organisasi yang terlibat dalam genosida di Palestina," imbuhnya.

Kendati demikian, Reality Club tak menampik bahwa festival SXSW adalah salah satu panggung musik impian mereka. Oleh karena itu, bisa tampil di sana sebenarnya adalah sebuah kesempatan yang besar.

Reality Club sedianya telah diundang oleh festival tersebut pada SXSW 2020. Namun, ajang tersebut, sebagaimanya festival musik lain, dibatalkan karena tiba-tiba pandemi Covid-19 merebak. Kini, ketika Reality Club diundang kembali, pihaknya tetap batal tampil dengan alasan berbeda.

Padahal, Reality Club tadinya menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di festival South by Southwest Music Festival atau SXSW 2024 yang digelar di Austin, Texas, pada 8-16 Maret 2024. Mereka dijadwalkan tampil di acara bertajuk FRIENDS:FOREVER yang merupakan acara Asia terbesar sepanjang sejarah SXSW. Namun, hal tersebut urung terjadi, setidaknya untuk tahun ini.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Reality Club (@realityclub)


Reality Club meminta penggemarnya untuk memahami keputusan yang telah diambil grupnya. Sebagai gantinya, pelantun lagu "Is It The Answer?" tersebut tetap akan melanjutkan tur Amerika yang awalnya dirancang untuk memperkenalkan diri sebelum tampil di panggung SXSW.

“Untuk tur Amerika Utara kami, masih ada 3 kota tersisa. Kami akan memberikan yang terbaik seperti biasanya. Terima kasih atas dukungan dan pengertian kalian semua mengenai masalah ini,” tulis Reality Club menutup pengumumannya.

Baca juga: Reality Club Siap Tur Konser di Amerika Utara pada Maret 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Begini Kata Pengamat Soal Ancaman Blokir OTA Asing

BERIKUTNYA

Joko Anwar Siapkan 2 Naskah Skenario Berbeda di Film Siksa Kubur, Ini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: