Seseorang berpose di depan air terjun Tumpak Sewu di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojoyo. (Sumber gambar Hypeabis.id/Hendy Wicaksono)

Rekomendasi Wisata Air Terjun Favorit di Indonesia, Ada Madakaripura dan Situmurun

24 February 2024   |   18:47 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Potensi alam Indonesia memang nggak ada habisnya untuk dieksplorasi. Salah satu yang menjadi favorit adalah wisata air terjun yang dapat ditemui di sejumlah daerah. Destinasi wisata satu ini bahkan bisa menjadi pilihan bagi yang ingin bermain air sambil menikmati keindahan alam.

Selain segar, destinasi wisata air terjun juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan perjalanan yang menantang. Kendati begitu, perjalanan tersebut tentunya akan terbayar dengan keindahan arus air, hijaunya alam, hingga tebing-tebing curam saat menikmati hari libur.

Baca juga: Rekomendasi 5 Wisata Populer di Danau Toba, Ada Bukit Holbung & Air Terjun Situmurun

Bahkan, tidak jarang anak sungai dari air terjun tersebut juga menawarkan wisata susur sungai yang memacu adrenalin. Tak ayal, objek wisata yang satu ini menjadi salah satu primadona yang terus ramai dikunjungi pelancong dari berbagai daerah.

Dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata air terjun favorit di Indonesia  yang bisa menjadi tujuan destinasi bagi Genhype  yang sudah penat dengan rutinitas pekerjaan. Simak ulasannya:


1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

 
 

Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun Madakaripura bisa menjadi salah satu tujuan untuk berwisata air. Memiliki ketinggian sekitar 200 meter, air terjun ini juga menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia dengan arus airnya yang jernih.

Laiknya wisata luar ruangan, untuk menikmati air terjun ini Genhype juga harus melewati tantangan jalan yang cukup terjal dan licin. Namun, tantangan tersebut akan terbayar dengan lunas saat menikmati keindahan jeram, hijaunya tumbuh-tumbuhan dan empat air terjun lain yang tak kalah menawan. 


2. Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Selain menyuguhkan keindahan pantai yang eksotis, pulau dewata juga menyimpan destinasi wisata alam lain yang tak kalah menawan. Salah satunya adalah air terjun Kanto Lampo yang terletak di Gianyar, Bali dengan pesonanya yang khas dan berundak-undak dan menakjubkan.

Keunikan lain dari Kanto Lampo adalah dikelilingi dengan pohon-pohon yang tumbuh asri di sekitar sungai sehingga sangat asri dan menawan. Tak hanya itu, wisata ini juga dianggap tempat suci oleh masyarakat setempat sehingga kerap dijadikan sebagai tempat prosesi keagamaan dan adat.


3. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

 
 

Rekomendasi selanjutnya adalah air terjun Sipiso-piso yang terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumut. Dengan ketinggian sekitar 120 meter, destinasi ini juga menawarkan keindahan yang tiada duanya meski jalan menuju lokasi juga cukup curam dan terjal.

Dalam sejarahnya, air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah di Plato Karo yang mengalir melalui sebuah goa di sisi kawah Danau Toba. Namun, umumnya masyarakat melihat keindahan air terjun ini dari kejauhan, salah satunya karena derasnya air yang mengalir, termasuk dari kawasan Danau Toba.


4. Air Terjun Tumpak Sewu, Jawa Timur

Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu tujuan destinasi masyarakat Jawa Timur. Selain menyajikan keindahan destinasi alam yang menawan, air terjun ini juga populer disebut sebagai air terjun Niagara versi Indonesia. 

Salah satu alasan disebut demikian karena tipe air terjun ini mengalir melebar seperti tirai yang melingkar laiknya Niagara. Selain keindahan jeram air, di tempat ini Genhype juga akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau yang segar serta suasana yang nyaman dengan suara gemericik air.


5. Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

 
 

Melompat ke Pulau Sunda kecil, terdapat juga salah satu air terjun yang patut dikunjungi dan tak kalah eksotis, yakni Air Terjun Benang Kelambu, di Nusa Tenggara Barat. Berasal dari alur kawasan hutan kaki Gunung Rinjani di tempat ini kalian juga bisa melihat air terjunnya yang mirip untaian benang kelambu yang khas.

Namun, untuk menuju lokasi utama, kalian harus melewati kawasan hutan yang sebagian besar dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan oleh warga setempat. Sehingga, sebelum mencapai tujuan, kalian sudah mendapat bonus bentangan alam dan perkebunan di Kaki Gunung Rinjani yang tiada duanya.
 

6. Air Terjun, Situmurun, Sumatera Utara

Wilayah Sumatera Utara selain memiliki destinasi danau nyatanya juga dikelilingi dengan banyak air terjun. Salah satunya adalah air terjun situmurun yang aliran airnya menuju langsung ke kawasan Danau Toba yang terbentuk dari letusan gunung api purba pada ribuan tahun silam.

Ya, sisi lain dari Danau Toba adalah dikelilingi puluhan air terjun yang patut dikunjungi saat melancong ke daerah ini. Bahkan, Sumatera Utara juga memiliki julukan 'Negeri Sejuta Air Terjun', dengan air terjunnya yang khas seperti Situmurun, Sigura-gura, Efrata, Janji, Naisogop, dan sebagainya. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadi Sajian Khas Saat Cap Go Meh, Intip Asal-usul Sejarah Lontong Cap Go Meh 

BERIKUTNYA

Panggung & Red Carpet Oscar Siap Dibangun, Sejumlah Jalan di Hollywood Ditutup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: