Ilustrasi kuliner khas Indonesia. (Sumber gambar : Freepik/Timolina)

7 Kuliner Legendaris Jalur Pantura, Cocok Jadi Tempat Singgah saat Mudik

17 April 2023   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Momen pulang ke kampung halaman alias mudik sudah berlangsung sejak akhir pekan lalu. Tidak sedikit pemudik yang menempuh jalur darat untuk menghemat ongkos dan merasakan sensasi pulang ke kampung yang sesungguhnya walau harus bermacet ria. 

Buat yang pulang kampung ke wilayah Jawa-Bali, saat ini mereka dimudahkan dengan adanya tol Trans Jawa. Jarak tempuh menuju kampung tercinta terbilang lebih singkat. Namun demikian, Jalur Pantai Utara (Pantura) tetap menjadi primadona bagi mereka yang ingin bernostalgia. 

Jalan Nasional Rute 1 tersebut menghubungkan Jakarta, Cilegon, Semarang, Surabaya, hingga Banyuwangi. Wilayah pesisir ini menjadi menarik karena menawarkan pemandangan yang indah walaupun jarak tempuhnya yang panjang. 

Buat kamu yang ingin mudik menggunakan Jalur Pantura, tidak perlu khawatir lapar. Saat ini sudah banyak rumah makan yang menarik untuk kamu kunjungi. Dengan demikian, mudik pun terasa seperti berlibur bukan? Berikut daftar kuliner maupun rumah makan yang patut dicoba ketika kamu melintas di Jalur Pantura. 

Baca juga: Rekomendasi Ide & Resep 5 Kuliner Khas Ramadan, Cocok untuk Berbuka Puasa 
 

1. Empal Gentong Cirebon

Kuliner pertama yang patut dicoba ketika melintasi Jalur Pantura adalah empal gentong. Mengutip Wonderful Indonesia, ada banyak restoran di daerah Cirebon yang menawarkan masakan empal gentong dengan cita rasa yang menarik. 

Terbuat dari kuah santan yang gurih dipadu dengan pilihan potongan daging sapi, kerbau, atau daging dicampur jeroan ini sangat lezat. Rasa rempahnya kuat dan begitu segar, begitu pula aromanya yang khas dengan irisan kucai. 

Empal gentong merupakan ikon dari kota yang juga dijuluki sebagai Kota Udang ini. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp25.000 hingga Rp35.000. 
 

2. Sate Blengong Brebes

Seperti namanya, kuliner ini berasal dari Kota Brebes. Mengutip Traveloka, hidangan satu ini terbuat dari daging bebek yang dikawin silang dengan mentok atau entok. Dagingnya punya tekstur yang begitu lunak dan lembut, tetapi memiliki serat seperti daging bebek.

Sate blengong sangat nikmat disantap dengan siraman bumbu kacang yang rasanya sangat gurih. Salah satu tempat yang menawarkan menu sate blengong paling populer di kawasan Brebes adalah Pondok Kupat Sate Blengong Pak Kasturi Rajak. Tempat ini menjadi legenda sekaligus pelopor hidangan sate blengong di wilayah Brebes. 
 

3. Kupat Glabed Tegal

Kali ini ada kupat glabed Tegal yang patut kamu coba ketika melintas di Jalur Pantura. Hidangan ini terdiri dari potongan ketupat yang dicampur dengan kuah kuning 'glabed'.

Nama hidangan gurih ini sendiri didapat dari tekstur kental kuahnya. Kuah mirip opor tapi lebih kental ini karena adanya tambahan tepung maizena dalam pembuatan kuahnya. Ciri khas lain dari kupat glabed yakni suwiran daging ayam juga taburan kerupuk kuningnya yang memberikan sensasi renyah. 

Baca juga: Resep Opor Ayam Kuah Putih, Sajian Sedap Khas Lebaran
1
2


SEBELUMNYA

4 Tip Outfit Lebaran yang Nyaman dan Stylish dari Zaskia Sungkar

BERIKUTNYA

4 Drama Korea Terbaru Untuk Menemani Libur Lebaran, Ada Duty After School

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: