Nasida Ria X JKT48 dalam acara Google (Sumber gambar Google Indonesia)

Google Kampanyekan Ramadan Kita Bareng JKT 48 & Nasida Ria

16 March 2024   |   06:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Google kembali meluncurkan kolaborasi unik antara JKT48 dan Nasida Ria untuk menyambut bulan suci Ramadan yang kini sudah memasuki pekan pertama pada pertengahan Maret 2024. Menyatukan dua ikon musik lintas generasi, Google mencoba memberikan nuansa baru lewat musik yang dinyanyikan oleh JKT 48 dan Nasida Ria.

Selain, membawa keceriaan di kalangan masyarakat, kolaborasi itu dilakukan untuk menciptakan musik baru yang unik di tengah momen Ramadan. "Ada banyak cara untuk kita menjalankan bulan suci, tapi siapapun komunitasnya, apapun minatnya, penting untuk kita terus menjadi diri sejati dan bersatu dalam keberagaman, terutama pada bulan suci ini," papar Manajer Komunikasi Google Indonesia  Feliciana Wienathan pada wartawan, Jumat (15/3/2024).
 


Adapun, dalam unggahan video yang viral di media sosial, terdapat 10 anggota JKT 48 dan 10 anggota Nasida Ria yang menyanyikan lagu 'Ini Ramadan Kita' dengan gaya yang unik. Yaitu, JKT 48 dengan genre ala Jejepangan dan Nasida Ria dengan musik dangdut kasidahnya yang khas. 

Baca juga: Shani JKT48 Bakal Gelar Konser Kelulusan Last Voyage 27 April 2024

Kendati menampilkan musik yang berbeda genre, tapi uniknya perpaduan musik itu menciptakan nuansa baru yang hangat di telinga pendengar. Tak hanya itu, ada banyak momen-momen jenaka dari berbagai lead dan nada-nada yang dimainkan dalam video berdurasi sekitar 2 menit 30 detik itu.

"Kami senang dan juga bangga. Apalagi ini pertama kalinya JKT48 kolaborasi bareng Google untuk bulan Ramadan. Bahkan waktu dikasih tahu bakal kolaborasi bersama Nasida Ria, rasanya juga kaget," kata Shani, salah satu personel JKT48.

Sementara itu, salah satu personel Nasida Ria, Afuwah, mengaku senang dapat berkolaborasi dengan JKT 48 yang menjadi wakil dari generasi muda di Tanah Air. Tak hanya itu, dia pun merasa sangat senang karena musik yang mereka mainkan masih bisa diterima oleh anak-anak muda Indonesia.

Untuk mendukung kegiatan Ramadan, tahun ini perusahaan teknologi asal AS itu kembali hadir dengan berbagai inovasi. Salah satunya adalah dengan menghadirkan berbagai resep hidangan untuk berbuka dengan dapat mencarinya di mesin pencari. Kemudian ada juga teknologi Google Lens yang bisa digunakan untuk mencari jenis makanan tertentu.

Tak hanya itu, untuk kenyamanan  mudik, Google Maps juga menghadirkan kembali berbagi informasi terkini sepanjang jalur mudik yang dilewati pemudik. Seperti informasi relevan mengenai masjid, tempat istirahat, SPBU, toilet, dan rest area yang dapat dijadikan sebagai lokasi istirahat selama perjalanan pulang kampung.

Ada pula Qibla Finder, aplikasi web yang menggunakan augmented reality  yang dapat menunjukkan arah kiblat di mana pun Anda berada. Google mengklaim mereka telah mengaktifkan penggunaan offline dan pintasan untuk menambahkan Pencari Kiblat ke layar beranda Android, sehingga seseorang dapat menemukan lokasi Mekah saat mereka sedang bepergian.

JKT48 merupakan sebuah grup idola asal Indonesia dan grup saudari AKB48 yang pertama di luar Jepang. Mengadopsi konsep AKB48, idol you can meet, grup ini mengadakan pertunjukan rutin di Teater JKT48 yang terletak di Lantai 4 fX Sudirman, Jakarta Pusat, DKI Jakarta dan saat ini memiliki basis penggemar yang kuat. 

Baca juga: Keren! Grup Qasidah Nasida Ria Tampil di Acara Documenta Fifteen Jerman

Sementara itu, Nasida Ria merupakan grup qasidah yang dibentuk pada 1975 oleh HM Zain, seorang pemuka agama Islam di Semarang.  Nama Nasida Ria dipilih dengan harapan grup qasidah itu bisa berdakwah dengan penuh kegembiraan. Kata ‘nasida’ sendiri berarti nyanyian, sementara ‘ria’ dapat diartikan sebagai kegembiraan. 
.
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sonic the Hedgehog 3 Selesai Digarap, Yuk intip Bocoran Ceritanya!

BERIKUTNYA

Baca di Tebet Bawa Konsep Perpustakaan yang Homey & Unik, Kutu Buku Wajib Mampir!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: