Charity Streaming Windah Basudara (Sumber gambar: YouTube.com/windahbasudara)

Windah Basudara Sukses Kumpulkan Rp1,3 Miliar Lewat Charity Streaming dalam Waktu 6 Jam

15 May 2023   |   10:39 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
YouTube streamer asal Manado, Windah Basudara lagi-lagi menjadi perbincangan. Namanya sempat terangkat setelah menggalang donasi pendidikan untuk Rahmat, anak berkebutuhan khusus yang sempat putus sekolah karena kekurangan biaya. Donasi itu berhasil meraup Rp338 juta dalam waktu tiga jam saja pada 11 Oktober 2022.

Padahal pada 5 April 2023 lalu, kreator bernama asli Brando Franco Windah ini memang sempat mengumumkan kabar rehat dari industri kreator setelah menyentuh 10 juta subscriber di YouTube. Kabar itu mengundang rasa sedih dari para penggemar dan penonton setia kanal  YouTube Windah Basudara.

Namun tiba-tiba, pria asal Manado ini memberitahukan akan segera kembali melakukan streaming untuk program penggalangan dana atau charity.

Baca juga: Kembali Live, Windah Basudara Bikin Acara Charity Rp1 Miliar

Pengumuman soal charity streaming itu disampaikan langsung oleh Windah Basudara lewat akun Instagram dan kanal YouTube keduanya, Brando Chill & Games. “Gua dan anak-anak Jaya Esports akan mengadakan charity streaming lagi, tapi kali ini kami menargetkan Rp1 Miliar,” kata Windah. Galang dana ini dilakukan Windah untuk bisa memanfaatkan massa yang sudah diraihnya dalam melakukan tindakan kebaikan bersama.

Charity streaming itu dimulai Kemarin (14/5/2023) di tengah siang. Windah berencana melakukan streaming tanpa putus hingga target Rp1 Miliar itu tercapai. Tak sendiri, kali ini Windah ditemani oleh teman-teman kreatornya yang tergabung dalam Jaya Esports, di antaranya Prince Fandi, Cookie Red, Mic Marcel, Crispy Cendy, Rio Djaja, dan Sesilia Agnes. Mereka bergantian memainkan ragam game hingga mencapai target donasi tersebut.

Tidak hanya bermain game, charity streaming Windah kali ini menghadirkan bintang tamu dari grup idola JKT48. Setidaknya ada tiga anggota aktif dari JKT48 yang datang yaitu Kathrina JKT48, Jesslyn JKT48, dan Gita JKT48. Ketiganya sempat membuka penampilan dengan menyanyikan hits JKT48 berjudul Fortune Cookie. Kedatangan grup yang aktif sejak 2011 itu berlanjut dengan acara bincang santai tentang aktivitas harian para idol tersebut.

Stream berjalan dengan baik hingga Rp1 Miliar berhasil dikukuhkan dalam waktu 4 jam 40 menit. Namun Windah tak langsung menyudahi charity stream itu. Adapun streaming terus berjalan hingga tepat pada waktu 6 jam setelah penayangan perdana. Dengan lebih waktu dua jam, mereka masih terus meraup donasi tambahan diluar target mencapai Rp300 juta.

Hingga akhirnya total penggalangan dana yang terkumpul untuk charity ini bulat menjadi Rp1,3 miliar. Adapun hasil donasi sudah dijanjikan Windah untuk dibagikan kepada 20 lembaga dengan berbagai bidang, di antaranya korban bencana alam, pembangunan masjid dan gereja, hingga anak dengan riwayat penyakit dan gizi buruk di seluruh Indonesia.

Dengan penambahan Rp300 juta dari target awal, Windah mengumumkan akan menambah jumlah 6 lembaga lagi untuk diberikan donasi. Windah juga telah mengunggah beberapa daftar donasi senilai Rp50 juta untuk 13 lembaga, sementara sisanya akan disusul hari ini mengingat keterbatasan limit transfer dalam satu waktu.
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pemindahan Koleksi Jadi Perhatian Untuk Kebutuhan Museum dan Galeri di IKN Baru

BERIKUTNYA

Waspada Hamil di Atas Usia 35 Tahun, Deretan Risiko Ini Mengintai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: