Ilustrasi google (sumber gambar : unsplash)

10 Tools Gratis Bantu Pengguna Pahami Google Search

06 April 2023   |   21:57 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu setuju jika google telah menjadi situs yang paling sering digunakan untuk mencari berbagai informasi apapun. Nah, agar domain situs kita bisa hadir di halaman Google Search ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Hal ini akan memudahkan publik untuk mendapatkan informasi terbaru dan terakurat secara efektif dan efisien dari website terpercaya. Berikut situs penting yang bisa digunakan untuk organisasi, perusahan atau bisnis penerbitan Anda seperti dikutip dari keterangan pers google yang diterima Hypeabis.id, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Optimalkan Fitur Google Lens Yuk
 

• Pahami bagaimana Google Search bekerja

Misi Google adalah memastikan pengguna menemukan informasi yang paling bermanfaat dan relevan di Search secara mudah. Pahami secara lebih lanjut bagaimana cara kerja Google Search di g.co/howsearchworks.
 

• Google Search Console

Search Console adalah alat yang dapat digunakan untuk mengelola keberadaan pencarian organik. Tools ini memberi tahu berapa banyak klik, kemunculan, dan peringkat sebuah website di Google Search. Search Console juga menginformasikan kueri teratas atau populer yang membawa pengguna mengunjungi situs website. Pemilik domain situs dapat memeriksa bagaimana Googlebot mengoptimalkan kinerja hingga mendapatkan peringatan untuk masalah keamanan. Pelajari lebih lanjut tentang alat ini di g.co/SearchConsole.
 

• Google Search Central

Google juga memiliki Google Search Central yang bisa diakses melalui g.co/searchcentral untuk membantu pengguna melihat konten dan sumber yang tepat. Selain konten yang bersifat tulisan, kita pastinya sering menambahkan gambar, video, atau file pdf. untuk penunjang visual dan informasi sebuah artikel. Google memiliki pedoman tentang cara menggunakan data terstruktur untuk membantu memahami video maupun gambar seperti jenis format yang dapat digunakan. 
 

• Komunitas Bantuan

Jika memiliki pertanyaan tentang pencarian, pengguna dapat mengunjungi Komunitas Bantuan Pusat Google Search di g.co/searchcentral/help-id. Pertanyaan akan dijawab oleh pakar di komunitas dan jika tidak dapat dijawab, Google juga akan melihat masalahnya. 
 

• Di balik layar Google Search

Search Off the Record podcast yang dapat didengarkan melalui goo.gle/sotr006 menghadirkan informasi latar belakang tentang pengambilan keputusan di balik peluncuran, prioritas fitur di Search Console, dan proyek yang sedang dikerjakan oleh tim Google Search. Jangan sampai tertinggal berbagai pembahasan menarik yang bisa membuat ada lebih memahami Google Search.
 

• Search Console training

Dalam seri video tentang Search Console di goo.gle/sct, Daniel Waisberg, Search Advocate at Google, membantu Anda untuk mengoptimalkan tampilan penelusuran di Google dan meningkatkan lalu lintas organik ke website menggunakan Google Search Console yang dipersembahkan oleh Google Search Central.
 

• Google Trends

Terdapat miliaran kueri setiap hari masuk di Google dan 15 persen dari kueri tersebut adalah baru. Artinya, ada banyak sekali pertanyaan yang sangat baru, yang mungkin belum ada jawaban kuat ditemukan untuk hal tersebut. Oleh karena itu, Google menyediakan Google Trends yang bisa diakses di trends.google.com untuk membantu pengguna menelusuri kueri yang paling populer atau sedang tren. 
 

• Praktik terbaik untuk konten video dan gambar

Pengguna bisa mempelajari praktik terbaik video di g.co/searchcentral/video dan praktik terbaik gambar di g.co/searchcentral/image agar muncul di hasil penelusuran Google. 
 

• Pastikan halaman Anda sesuai dengan Rich Results

Jika memiliki format baru untuk website, pengguna dapat menggunakan Rich Results Test Tool untuk memeriksa validitasnya. Jika ada kesalahan, alat ini akan memberi detail informasi untuk memudahkan tim IT merevisinya.
 

• Pahami bagaimana struktur data bekerja

Pelajari dan implementasikan data terstruktur yang tersedia di galeri Google Search secara lebih lanjut goo.gle/searchgallery.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Moms, Pertimbangkan Hal Ini Saat Mencari Sekolah Untuk Anak Usia Dini

BERIKUTNYA

Jaga Asupan Nutrisi Saat Puasa, Yuk Buat Kreasi Menu dengan Oatmeal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: