Bleaching rambut (Sumber foto: freepik)

5 Kiat Mempersiapkan Rambut Sebelum Bleaching

15 March 2024   |   10:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Tren rambut selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun, dengan variasi gaya dan warna yang berbeda pada waktu tertentu. Salah satu contoh tren rambut yang sempat viral adalah gaya "peek-a-boo" yang pernah dilakukan dan dipopulerkan oleh Jennie BLACKPINK.  

Tren mengecat rambut semakin meningkat karena banyaknya variasi warna yang ada. Tidak hanya satu warna, rambut bisa dibuat lebih bervariasi dengan mencampur atau ombre guna menghasilkan warna-warna yang baru. Namun, untuk mencapai warna yang menyala dan mencolok, kalian harus melakukan proses bleaching terlebih dahulu. 

Baca juga: Cara Merawat Rambut Kusut dan Rontok, Kuncinya di Sampo dan Sisir
 

Bleaching (Sumber gambar: Freepik)

Bleaching (Sumber gambar: Freepik)

Bleaching berguna untuk membuat warna cat rambut semakin terang dan menyala, sehingga warna cat rambut yang diinginkan dapat terpancar dengan maksimal. Akan tetapi, bleaching rambut bukanlah hal yang mudah dilakukan. Pasalnya, tak sedikit yang mengalami kerusakan rambut setelah bleaching.

Nah, bagi Genhype yang tertarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan bleaching rambut. Berikut penjelasannya. 


1. Hindari keramas

Jika Genhype memiliki jadwal bleaching dalam waktu dekat, hindari keramas dalam satu hingga dua hari sebelum bleaching. Hal ini dilakukan agar tidak menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Sebab, saat keramas, sampo yang dipakai dapat menghilangkan minyak alami tersebut.

Selain itu, ditakutkan juga saat keramas, kalian tidak sengaja menggaruk kulit kepala sehingga menyebabkan iritasi selama proses bleaching. Padahal minyak alami di kepala berguna sebagai penghalang antara kulit kepala dengan bleaching. Genhype juga tidak perlu khawatir karena minyak alami tidak akan memengaruhi hasil bleaching atau pewarna rambut. 


2. Oleskan minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa ke rambut sebelum bleaching akan menambah lapisan perlindungan. Pasalnya, rambut terbuat dari keratin sehingga minyak kelapa dapat membantu memperkuat rambut. Selain itu, minyak kelapa juga membuat rambut menjadi lebih lembut dan tetap halus. 

Untuk mengoleskannya, Genhype hanya perlu pijat rambut dengan minyak kelapa setidaknya seminggu sebelum bleaching. Disarankan juga untuk mengoleskannya tepat sebelum bleaching untuk menghindari kerusakan rambut. 


3. Hindari alat penata rambut 

Jika Genhype akan melakukan bleaching, jangan gunakan alat penata rambut yang menghasilkan panas seperti hair dryer atau catokan. Alasannya adalah agar minyak alami pada kulit kepala tetap terjaga.

Ketika kalian menggunakan alat penata rambut yang panas, hal itu dapat menyebabkan hilangnya minyak alami dan kelembapan dari rambut, sedangkan rambut harus tetap lembab ketika akan di-bleaching


4. Pakai pelembap rambut

Pakailah pelembab rambut setidaknya selama seminggu sebelum proses bleaching dimulai. Kalian juga bisa menambahkan minyak alami untuk memberikan perlindungan tambahan pada rambut. 


5. Gunakan masker rambut

Mempersiapkan kesehatan rambut sebelum proses bleaching adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Menggunakan masker rambut merupakan cara terbaik untuk mengkondisikan rambut yang kering. Genhype bisa gunakan masker rambut dua kali dalam seminggu untuk mencegah batang rambut yang rusak. 

Baca juga: 3 Cara Merawat Kulit Kepala dan Rambut Bebas Ketombe saat Musim Hujan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Badarawuhi Di Desa Penari Akan Tayang di Amerika Serikat & Negara Lainnya

BERIKUTNYA

WhatsApp Blokir Tangkapan Layar Foto Profil, Ini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: