WhatsApp blokir screenshot foto profil (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

WhatsApp Blokir Tangkapan Layar Foto Profil, Ini Alasannya

14 March 2024   |   20:06 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Whatsapp membuat pengguna aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut tidak dapat menangkap layar atau screenshot foto profil pengguna lainnya. Langkah ini merupakan kebijakan baru perusahaan guna meningkatkan privasi pengguna.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Hypeabis.id, aplikasi Whatsapp akan menampilkan pop up notifikasi yang berbunyi tidak dapat mengambil screenshot halaman ini ketika hendak mengambil tangkapan layar foto profil pengguna lainnya.

Sebelum mencoba untuk melakukan tangkapan layar foto profil akun pengguna Whatsapp lain, aplikasi ini tidak memberikan peringatan apa-apa tentang larangan melakukan screenshot foto profil.

Baca Juga: WhatsApp Gratis Tapi Tetap Untung? Ternyata Begini Siasat Bisnis Mark Zuckerberg

Peringatan itu baru akan muncul ketika pengguna melakukan screenshot. Pop up notifikasi yang tampil di layar juga berada di bawah foto profil dalam kondisi terlihat penuh. Dengan begitu, pengguna Whatsapp lainnya dapat tetap melihat foto profil orang lain.

Meskipun begitu, tangkapan layar terhadap foto profil dapat tetap dilakukan oleh pengguna Whatsapp dari layar profil mini ketika mengklik foto profil pengguna lain sampai menampilkan pop up.

Dikutip dari androidpolice, langkah perusahaan meluncurkan pemblokiran tangkapan layar untuk foto profil di Whatsapp diperkirakan dalam rangka meningkatkan privasi pengguna aplikasi berbagai pesan tersebut.

Perusahaan menerapkan kebijakan tersebut secara default lantaran belum ada pilihan untuk menonaktifkannya. Laman itu menuliskan pemblokiran tangkapan layar foto profil merupakan kebijakan yang akan disambut baik lantaran banyak penipu di Whatsapp.

Tidak hanya itu, pemblokiran ini juga akan menguntungkan sebagian besar pengguna di platform lantaran diaktifkan oleh perusahaan secara default. Pemblokiran screenshot foto profil juga membuat perusahaan memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi berbagi pesan lainnya, seperti Signal.

Untuk diketahui, berdasarkan laman Whatsapp, perusahaan secara default menerapkan pengaturan privasi yang memungkinkan setiap akun dapat melihat foto profil, laporan dibaca, dan saat seseorang online.

“Kontak Anda melihat pembaruan status, profil, dan kapan terakhir Anda terlihat; setiap pengguna dapat menambahkan Anda ke grup; dan Siapa saja dapat memanggil Anda dan telepon akan berdering,” demikian tertulis.

Meskipun begitu, pemilik akun dapat melakukan pengaturan guna mengendalikan siapa yang dapat melihat informasi tersebut. Seseorang dapat mengatur waktu terakhir dilihat dan online, foto profil, info, atau status.

Saat individu menerapkan pengaturan untuk semua orang, maka semua pengguna dapat melihat foto profil, info, atau status. Sementara pengaturan kontak saya membuat hanya kontak dari buku alamat yang dapat melihat informasi terakhir dilihat dan online, foto profil, info, atau status.

Adapun, pilihan Kontak Saya, Kecuali akan membuat akun yang dikecualikan tidak dapat melihat informasi terakhir dilihat dan online, foto profil, info, atau status. Pilihan Tidak ada membuat tidak ada seorang pun yang dapat melihat informasi terakhir dilihat dan online, foto profil, info, atau status.

Baca Juga: Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 2024: IOS 12 dan Android 5.0

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

5 Kiat Mempersiapkan Rambut Sebelum Bleaching

BERIKUTNYA

Daftar Libur Nasional & Cuti Bersama Lebaran 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: