Rambut kusut (Sumber Foto: Freepik)

Cara Merawat Rambut Kusut dan Rontok, Kuncinya di Sampo dan Sisir

09 March 2024   |   12:52 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hampir setiap wanita mengeluhkan masalah rambut kusut dan rontok. Rambut kusut akan menggumpal dan terasa sakit saat tersangkut di sisir. Apabila kamu menyisirnya dengan paksa, rambut langsung rontok, lebih parahnya lagi bisa berpotensi mengalami kebotakan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengenali apa itu rambut kusut. Mengutip dari Allthingshair, pada dasarnya sehelai rambut yang terlihat secara kasat mata adalah dua helai rambut yang membentuk simpul. Jalinan dua rambut tersebut menyerupai pilinan tambang yang saling membelit satu sama lain.

Baca juga: 7 Gaya Rambut Taylor Swift, Inspirasi Buat Nonton The Eras Tour

Rambut kusut bisa terbentuk ketika lapisan terluar rambut atau kutikula terbuka dan rusak sehingga saling menghalangi satu sama lain. Pada kondisi yang lebih parah, kutikula akan membentuk simpul dengan beberapa helaian rambut lainnya sehingga membuat rambut kusut.

Nah Genhype, supaya tidak semakin parah, yuk atasi masalah rambut kusut dan rontok. Dengan begitu rambut akan terlihat sehat dan mudah ditata.
 

1. Keramas dengan Sampo yang Tepat

Pilihlah produk perawatan rambut, seperti sampo yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambutmu. Selanjutnya ikuti langkah-langkah keramas yang benar. Hindari menumpuk rambut seperti gumpalan besar di kepala, sebab hal ini dapat membuat rambut menjadi kusut setelah dibilas.

Sebaiknya biarkan rambut tergerai lalu tuangkan sampo secukupnya ke telapak tangan dan usapkan dari akar hingga ke ujung rambut sambil memberikan pijatan ringan. Tujuannya untuk mendistribusikan sampo dan nutrisinya secara merata ke kulit kepala dan rambut.
 

2. Aplikasikan Kondisioner Setelah Keramas

Sampo saja tidak cukup untuk merawat rambut. Gunakanlah kondisioner untuk menutrisi setiap helai rambut, sekaligus mengembalikan kelembapan yang hilang akibat penggunaan sampo. Dengan begitu, rambut jadi lebih halus, lembut, dan mudah diatur.
 

3. Membilas dan Menyisir Rambut dengan Benar

Setelah keramas dan mengaplikasikan kondisioner jangan lupa membilas rambut dengan air dingin. Peras sisa air dengan lembut dan tepuk-tepuk rambut menggunakan handuk lembut. Setelahnya sisir menggunakan jari tangan dengan hati-hati.
 

4. Gunakan Sisir Khusus Rambut Rontok

Masalah rambut kusut bisa diminimalisir dengan menggunakan jenis sisir yang tepat. Beberapa jenis sisir yang direkomendasikan, misalnya sisir bergigi lebar (wide tooth comb), paddle brush, atau detangler brush bergigi lembut.

Ikuti cara menyisir yang benar, pertama bagilah rambut menjadi tiga bagian. Jangan sisir mulai dari akar rambut sampai ujung. Sisirlah dari atas sampai tengah, lalu dilanjutkan sampai bawah. Apabila kusut jangan dipaksa untuk disisir karena bisa menyebabkan rontok.
 

5. Merawat Rambut dengan Masker

Pastikan kamu rutin mengaplikasikan produk prawatan rambut atau haircare seperti masker. Pilih masker yang berbahan dasar alpukat, minyak kelapa, atau lidah buaya untuk melembapkan rambut. Aplikasikan setidaknya dua kali seminggu supaya rambut tetap lembap sehingga tidak kusut saat disisir.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News) 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Dua Dekade Harmoni: Kisah Perjalanan Endah N Rhesa dalam Jagat Musik Indonesia

BERIKUTNYA

Koleksi Busana Hari Raya di Indonesia Fashion Aesthetics 2024, dari Si.Se.Sa sampai Buttonscarves

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: